Wanita India Mencapai Puncak Everest 2 Kali Dalam Waktu 5 Hari

Anshu Jamsenpa, pendaki wanita asal India ini bukanlah orang yang pertama kali berhasil mencapai puncak gunung Everest seperti Edmund Hillary sang manusia pertama yang sukses mencapai gunung tertinggi di dunia tersebut. Namun prestasi dirinya pasti bikin kamu shock mendengarnya, karena Anshu Jamsenpa berhasil mencatat rekor terbaru menaiki puncak gunung Everest  secara double ascent alias bolak balik 2 kali hanya dalam waktu 5 hari saja.

Yups sebelumnya rekor ini masih dipertahankan oleh Chhurim Sherpa, pendaki gunung asal Nepal yang menempuh cara sama dengan Anshu Jamsenpa, namun dirinya mendaki Everest menghabiskan waktu selama 7 hari pada tahun 2015 lalu.

Foto Anshu Jamsenpa, Pendaki Wanita dari India yang Berhasil Mencapai Mencapai Puncak Gunung Everest 2 Kali Bolak-balik Hanya Dalam Waktu 5 Hari

wanita india mencapai puncak everest

Prestasi luar biasanya tersebut memang membutuhkan perjuangan hebat, karena seperti yang kita tahu sudah ratusan korban jiwa tewas di tengah perjalanan gunung Everest. Banyak resiko berbahaya yang setiap detik mengintai nyawa para pendaki gunung dari resiko hypotermia, serangan badai salju yang datang tiba-tiba sampai edema (kelebihan cairan di paru-paru) akibat suhu dingin ekstrim minus puluhan derajat celcius.

Dan apesnya lagi, jangan pernah berharap di sana ada Tim Sar/petugas yang berjaga-jaga untuk menolong pendaki. Lalu bagaimana dengan mayat para pendaki? Jangan kaget mendengarnya yah, semua mayat akan didiamkan saja udah kaya bangkai ayam, apa sebabnya? karena membutuhkan biaya sangat mahal untuk mengevakuasi mayat-mayat tersebut.

Foto Para Pendaki Gunung Everest yang Tewas di Tengah Perjalanan, Mayatnya dibiarkan begitu saja cuy..Serem euy!!

death zone everest

Oke kembali ke cerita Anshu Jamsenpa, Ini bukanlah percobaan pertama kali yang dilakukan oleh pendaki wanita India tersebut. Sebelumnya ibu dengan 2 orang anak itu sudah mencoba 4 kali namun tetep saja gagal maning.

Pertama di tahun 2011, Anshu menaklukkan Gunung Everest secara double ascent alias dua kali bolak-balik ke puncak Everest, sayangnya waktu perjalanan menghabiskan 10 hari. Kedua pada tahun 2013 namun hanya berhasil 1 kali perjalanan saja. Yang ketiga di tahun 2014, lagi-lagi rencananya tertunda gara-gara Nepal dilanda gempa bumi dahsyat.

Keren ya Cuy Bendera India Nehi-nehi Berkibar di Puncak Everest 😀

Anshu Jamsenpa

Seolah tidak mengenal kata pantang menyerah pada tanggal 16 Mei 2017 kemarin Anshu berhasil mencapai puncak Everest di pagi hari Selasa kemudian langsung turun lagi untuk mempersiapkan pendakian kedua. Berangkat lagi di hari jum’at dan finish pada minggu pagi tepat jam 8.00. Padahal pada waktu bersamaan dilaporkan ada 3 orang pendaki gunung everest yang tewas, 1 orang asal Australia, 1 orang asal Slovakia dan satunya lagi pendaki dari Amerika Serikat.

Ini adalah rekor terbaru yang berhasil di raih oleh Anshu Jamsenpa sekaligus mengalahkan catatan rekor sebelumnya dari Chhurim Sherpa pendaki gunung asal Nepal. Keseluruhan total pendaki wanita asal india itu berhasil mencapai titik tertinggi planet bumi adalah sebanyak 5 kali.

Wanita India Mencapai Puncak Everest 2 Kali

‘Tujuanku memecahkan rekor double ascent di Puncak Gunung Everest ini hanyalah untuk mengibarkan bendera negaraku. Hanya ini yang bisa aku persembahkan untuk negaraku, dan keberhasilanku ini tentu tidak lepas dari restu sang Buddha, karena sebelumnya aku sempat berdoa terlebih dahulu di kuil Nepal, meskipun aku sendiri penganut Hindu dan bukanlah umat Buddha, ungkap Anshu Jamsenpa.