Ikan Tanpa Wajah Faceless Fish yang Aneh dan Langka

Sempat dianggap punah dan menghilang selama lebih dari 150 tahun ikan tanpa wajah (Faceless Fish) yang aneh dan langka akhirnya kembali ditemukan oleh para ilmuwan biologi laut di Pantai timur Australia pada kedalaman dasar laut 4 ribu meter, ini menjadi penemuan kedua sejak penemuannya yang terakhir kali pada tahun 1873 silam di sebuah lokasi lepas pantai Papua New Guinea.

Berhabitat asli di bawah permukaan laut ribuan meter, para peneliti dari Victoria and the Australian government’s Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO) juga menemukan keberadaan ikan aneh bertubuh lembek coffinfish, Belut Gulper (Eurypharynx pelecanoides), kepiting batu berduri panjang dengan warna merah cerah dan masih banyak hewan dalam laut lainnya.

Gambar Ikan Tanpa Wajah (Faceless Fish)

ikan tanpa wajah

Mengutip dari National Geographic, Meski dijuluki sebagai ikan tanpa wajah, namun bukan berarti ikan Faceless Fish ini sama sekali tidak memiliki bagian wajah. Sama seperti spesies ikan pada umumnya, hanya letaknya saja yang berbeda. Masih memiliki mulut dan hidung dengan kedua lubangnya yang berwarna merah jambu, sekilas kita melihatnya tampak menyerupai sepasang mata.

Dan kita benar-benar bisa menyangkanya tidak memiliki wajah, begitupun dengan insang, hidung maupun mulut sama sekali tidak terlihat jika kita melihatnya dari arah samping. Sedangkan bentuk simetris kepalanya sangat sulit dikenali antara bagian depan dengan belakangnya.

Video Ikan Tanpa Wajah yang Ditemukan di Pantai Australia

Sampai kini kami masih terus melakukan ekspedisi pencarian pada ikan-ikan aneh dan langka yang tinggal di kedalaman laut belum terjamah manusia seperti halnya Faceless Fish, ikan tanpa wajah di Australia. Dengan menggunakan teknologi sonar serta kamera laut kami bahkan banyak menemukan spesies hewan laut baru disamping ribuan spesimen yang sudah berhasil kami temukan, ungkap O’Hara Kepala Ilmuwan dan Pemimpin Tim Ekspedisi dari CSIRO.