Kontroversi Putri Presiden Aliya Shagieva Menyusui Bayi

Beginilah kelakuan manusia-manusia kekurangan nutrisi otak. Aliya Shagieva anak presiden di Kyrgyzstan menuai kritik tajam setelah foto-foto dirinya sedang menyusui bayi pertamanya itu mendadak viral di Media Sosial. Aliya dianggap sengaja memamerkan aurat tubuhnya dan bisa memancing kejahatan seksual, kemarahan publik serta perbuatan tidak bermoral.

Kontroversi putri presiden Aliya Shagieva menyusui bayi itu bermula saat mengupload foto dia dan bayinya di akun instagramnya. Dibawah foto itu Aliya menuliskan caption, ’Saya akan memberinya makan, kapanpun dan di manapun dia butuh makan.’

Putri Presiden Aliya Shagieva

Tapi apa yang terjadi selanjutnya membuat Aliya Shock Berat!! Netizen ramai-ramai menghujat dirinya kalau foto-foto menyusui bayi itu dianggap tidak pantas, menjijikkan dan perbuatan tidak bermoral.

Namun perempuan cantik 20 tahun itu pun membela diri, Tubuh yang saya tampilkan tidaklah vulgar, itu fungsional, ‘Tujuannya hanya untuk memenuhi kebutuhan fisiologis bayi saya, bukan untuk seksualitas. Saya hanya seorang Ibu yang ingin menyusui anak saya kapan saja, memberikan yang terbaik apapun yang bisa saya berikan, ungkap Putri Presiden itu.

Foto Putri Presiden Aliya Shagieva Sedang Menyusui Bayi yang Menuai Kontroversi (sudah dihapus di Instagramnya)

Aliya Shagieva

Awalnya Aliya masih mempertahankan prinsip yang dia anggap benar itu meski netizen terus menyerangnya. Namun setelah sang ayah Presiden Almazbek Atambayev Sharshenovich dan istrinya Raisa Atambayeva ikut mengkritik perbuatan ia menyusui bayinya tersebut. Aliya pun akhirnya ‘mengalah’ dan menghapus unggahan fotonya tersebut.

Sosok Aliya Shagieva memang dikenal rakyat Kyrgyzstan sebagai public figur yang kerap memperjuangkan anak-anak penyandang Downs syndrome dan ia juga pecinta hewan. Aliya Shagieva sangat aktif di media sosial, sering menggunggah karya seni ciptaannya, organisasi sekaligus foto-foto kehidupan sehari-hari bersama suami dan bayi pertama mereka.

Baca juga  Pria Operasi Plastik Wajahnya Jadi Oppa Ganteng Korea, Ibu dan Pacarnya sampai Menangis Terkaing-kaing Melihatnya

Namun untuk satu ini unggahannya menjadi kontroversial sebab Kirgizstan merupakan negara republik bekas Soviet yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Menyusui bayi di negara tersebut tidaklah ilegal tapi para ibu disana ketika sedang memberikan ASI akan selalu menutupinya dengan sehelai kain terutama saat berada di taman dan tempat-tempat umum lainnya. Menjadi perbuatan kurang ajar bahkan dianggap murahan jika ada seorang wanita kedapatan menyusui bayi tanpa berusaha menutupi bagian payudaranya.

kontroversi putri presiden menyusui

Jadi apakah lebih baik membiarkan anak kelaparan ASI dan memperdulikan omongan orang lain? Saya sendiri mendukung Aliya Shagieva dan ibu-ibu diseluruh dunia untuk terus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi mereka meskipun berada di tempat umum (tidak disediakan ruang menyusui). Hanya manusia-manusia berotak kerdil yang mempermasalahkan hal ini.