11 Hewan Berumur Paling Pendek di Dunia

Gue sumpehin umur loe pendek! Kira-kira begitulah asal usul 11 hewan berumur paling pendek di dunia ini yang mungkin di jaman nenek moyang mereka banyak di kutuk oleh hewan-hewan lain makanya umur mereka gak ada yang panjang dari yang cuma bertahan hidup selama 2 tahun sampai 1 hari saja šŸ˜€

Hamster

hewan berumur pendek

Hewan berumur pendek pertama adalah Hamster. Ya si gendut pendek mulut mancung yang masih besanan jauh dengan tikus ini rata-rata usia hidup mereka tidak lebih dari 3 tahun untuk jenis Hamster Suriah, 2,5 tahun untuk Hamster China dan 2 tahun untuk Hamster Winter White. Tapi biar umur mereka pendek, sejak usia masih 2 sampai 3 bulan mereka sudah boleh kawin.

Ikan Cere

hewan berumur terpendek

Mosquito Fish nama keren dari Ikan Cere yang biasa jadi bahan mainan anak-anak kecil ketika sedang bergerilya di dalam selokan Got. Umur ikan kere juga tak lama di dunia hanya maksimal 2 tahun saja. Namun sebelum mereka mati, ikan kere bisa menghasilkan keturunan sebanyak 50 sampai 100 ikan muda per musim kawinnya.

Udang Air Asin (Brine shrimp)

Hewan dengan Usia Terpendek

Artemia salina merupakan nama ilmiah untuk brine shrimp (udang air asin) dan masih keluarga besar dengan lobster serta kepiting. HabitatĀ brine shrimp hanya hidup di sekitar wilayah danau garam yang terisolasi dari kedalaman laut. Siklus hidup mereka hanya mampu bertahan sampai 1 tahun saja.

Labordā€™s Chameleon, rata-rata umur 4 sampai 5 bulan

Labordā€™s Chameleon

Chameleon Labord merupakan jenis bunglon langka yang mungkin hanya bisa ditemukan di Pulau Madagaskar saja. Chameleon yang sebenarnya bukan dari keluarga bunglon ini hidupnya sangat singkat tak lebih dari 4 sampai 5 bulan saja.

Baca juga  Anak Anjing Dijadikan Makanan Ular Piton, Pecinta Anjing Mengecam

Usia Kunang-Kunang

Kunang-kunang dimana kamu, aku cari-cari kamu eh kamunya malah boker šŸ˜€Ā Firefly nama asli dari kunang-kunang, serangga yang bisa mengeluarkan cahaya terang dari dalam tubuhnya ini memang sangat langka untuk kita temui, terutama pada masyarakat perkotaan.

kunang kunang

Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia namun umur kunang-kunang dewasa tak lebih dari 2 sampai 3 minggu saja.

Umur Nyamuk

Ini dia geng motor yang sering ganggu kita ketika lagi enak tidur di malam hari. Kalau gak hinggap di jidat, ya mondar mandir di samping telinga kita dengan knalpot bising mereka yang mengganggu.

Meski nyamuk sangat menyebalkan bagi kita tapi pikir-pikir juga kasihan banget hidup mereka yang berumur pendek. Pada capung dewasa betina usia hidup mereka hanya 42 sampai 56 hari. Sedangkan pada capung lanang alias laki-laki umur mereka hanya sampai 10 hari saja.

Lebah Pekerja

Dalam satu koloni lebah, lebah betina dikenal sebagai pekerja yang setiap hari bertugasĀ mengumpulkan serbuk sari dan nektar.

Jika dibandingkan dengan hidup ratu lebah yang bisa berumur 3 sampai 5 tahun. Beda nasib dengan lebah pekerja yang hanya mencapai umur 40 hari saja. Belum lagi jika sungut mereka dipakai untuk menyengat musuh seperti hewan predator maupun manusia. Setelah menyengat mereka akan mati saat itu juga.

Lalat

Sama seperti nyamuk nakal yang gak bisa lihat orang lain bahagia. Lalat yang sering hinggap di makanan ini juga masuk dalam kategori hewan berumur terpendek di dunia. Siklus hidupnya hanya mencapai 28 hari saja.

Drone Ant

Baca juga  Saking Setianya Anjing Ini "Menjaga" Mayat Majikannya Meski Tak Makan Selama 3 Bulan

Drone Ant

Hidup bagai di surga, setiap hari kerjanya hanya mencari makan dan kimpoi tampaknya sangat menyenangkan untuk serangga bernama Drone Ant ini. Tapi jika melihat waktu hidupnya yang sangat singkat hanya 2 minggu, wajar saja jika Drone Ant boleh merasakan kebahagiaan itu.

Gastrotricha

Jika waktu berbulan bahkan berminggu itu hanya dianggap sebentar bagaimana dengan kesempatan hidup yang hanya 3 hari saja? Tentu sangat menyedihkan.

Gastrotricha

Tapi itulah takdir yang harus diterima olehĀ Gastrotricha,Ā mikroskopi yang tinggal di lingkungan air tawar dan air laut. Sepanjang hidup mereka selama 3 hari, mereka hanya mengambang di air, makan, cari jodoh, kimpoi, memiliki banyak keturunan setelah itu matek.

Lalat Capung

Mayfly alias si lalat capung. Dinamakan lalat capung bukan karena ayah dan ibu mereka si lalat dan capung kawin lari, tapi karena bentuk tubuhnya yang unik seperti perpaduan antara lalat dan capung. Siklus kehidupan Lalat caplung sangatlah singkat yakni hanya bertahan hidup tidak lebih dari 24 jam alias satu hari saja.

lalat capung

Dari telur-telur yang menetas setelah 30 menit langsung menjelma menjadi lalat capung dewasa, kimpoi kemudian bertelur dan pensiun dari kehidupan dunia. Sebab itulah Lalat capung memecahkan rekor pertama hewan berumur paling pendek dan singkat masa hidupnya di dunia.