Selokan Jernih Berisi Ikan Koi di Jepang, Keren Pisan Cuy!

Saking jernihnya air selokan di Jepang, mungkin pantas dijuluki sebagai selokan terbersih di dunia. Jika kita berkunjung kesana kita bisa melihat ikan-ikan koi yang hidup tenteram di saluran got alias selokan rumah warga. Dan menjelang sore hari, banyak remaja wanita cantik jepang berkumpul disekitar selokan ini untuk relaksasi merendam kaki mereka di selokan jernih, sekedar mejeng-mejeng tebar pesona biar dapat gebetan baru sampai berenang cuy ūüėÄ

Selokan Jernih Berisi Ikan Koi di Jepang

Asal usul selokan jernih dan bersih yang rata-rata hampir setiap pedesaan di Jepang bisa kita temui sudah ada sejak zaman dulu. Masyarakat Jepang memang dikenal sangat bersih dan membuang sampah sembarangan bukanlah budaya mereka. Mereka senang diajak bergotong royong untuk membersihkan pekarangan, selokan, jalan setapak disekitar tempat tinggal mereka.

Saking Bersihnya Nih Selokan Bisa di Pakai Buat Berenang Juga 

selokan bersih jepang

Dan selokan got inilah mereka manfaatkan untuk berternak ikan-ikan dari ikan mas, gurame, ikan ayam sampai ikan mas koi. Mereka tak khawatir kalau ikan-ikan ini nantinya dicuri orang lain. Padahal kalau ada yang niat jahat, mudah sekali untuk mencuri ikan-ikan ini. Karena tidak ada jaring kawat pengaman sama sekali.

Rahasia Selokan Air di Jepang yang Selalu Jernih dan Bersih Untuk Tempat Hidup Ikan-ikan Koi

Selokan Air di Jepang

Btw sepertinya terdengar mustahil yah menjaga air selokan tetap bersih dan jernih. Karna bagaimanapun saat kita mencuci piring, pakaian, atau saluran ethernit di genteng itu jatuhnya air bukannya tetap berujung di selokan got?

Yups memang benar kalau kita bandingkan dengan saluran got di Indonesia dan mungkin negara-negara lain juga. Selain kebiasaan gotong royong masyarakat Jepang, ada campur tangan saluran pipa terpisah yang menjadi andil terbesar dalam menjaga kebersihan selokan air jernih berisi ikan-ikan koi di jepang.

Baca juga  13 Kisah Kesetiaan Anjing yang Dijamin Bikin Nangis

Jadi setiap selokan dimasing-masing rumah warga terdapat dua pipa saluran air. Pada bagian atas khusus air bersih dan pipa bawahnya untuk limbah dan sisa-sisa kotoran rumah. Jadi kolam ikan di selokan yang sumber airnya berasal dari air bersih sekaligus air hujan tidak akan pernah bercampur dengan air sisa-sisa limbah rumah.

Selokan Jernih Berisi Ikan Mas Koi di Jepang

Tapi tentu saja fasilitas ini tidak gratis karena setiap rumah dikenakan biaya ekstra dari Pemerintah untuk membuang limbah rumah tangganya. Makanya jangan kaget kalau pernah mendengar berita heboh air banjir di Jepang jauh lebih bersih dari air kolam renang. Yups emang benar banget itu!

Apakah selokan air jernih berisi Ikan-ikan Koi ini hanya ada di Jepang saja? Meskipun di negara kita Indonesia belum menerapkan sistem saluran pipa canggih ini, tapi ada warga di Desa Pluneng, Kebonarum-Klaten bernama Joko Sucipto (76 tahun) yang menyulap selokan menjadi rumah ikan Koi, ikan nila, gurame, patin dll.

Tonton Penampakan Selokan Air Rumah Warga di Jepang yang Bikin Lo Pengen Nyebur Got

Dari iseng-iseng memanfaatkan air jernih saluran got depan rumahnya. Kakek Joko Sucipto kemudian mulai memelihara banyak jenis ikan dan kerennya juga mendapatkan untung banyak lebih dari 25 juta hasil dari penjualan ikan-ikan di selokan rumahnya hanya dalam waktu beberapa bulan saja.