Aneh! Tubuh Membengkak Seperti Balon Akibat Dekompresi Saat Menyelam

Penyakit Dekompresi (Decompression Sickness) masih menjadi momok mengerikan bagi para penyelam (scuba diver). Seperti yang dialami oleh nelayan asal Peru bernama Alejandro Ramos Martinez, tubuhnya membengkak seperti balon akibat mengalami Dekompresi saat menyelam. Saat itu Alejandro sedang mengumpulkan hasil tangkapannya dari dasar laut.

Dari bagian dada, punggung hingga lengan bisep Alejandro menjadi bengkak 4 kali lipat dari ukuran normalnya. Miguel Alarcon, Dokter di Rumah Sakit San Juan de Dios Peru mengatakan kalau Ramos pasiennya terlalu cepat naik saat menyelam hingga menyebabkan nitrogen dalam darahnya terjebak, membentuk gelembung-gelembung balon besar berisi cairan yang mengerikan.

tubuh membengkak dekompresi

Dokter sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mengeluarkan semua udara di dalam tubuh nelayan malang itu dan sejauh ini hanya berhasil menguras 30 persen nitrogen di tubuh Alejandro. Tampaknya sisa-sisa bengkak tubuh balonnya itu harus ia tanggung seumur hidup, dan untuk melakukan operasi bedah lagi sangat mustahil karena bisa membahayakan nyawanya.

Gambar Tubuh Alejandro Ramos Martinez yang Membengkak Seperti Gelembung Balon Akibat Dekompresi saat Menyelam di Dasar Laut

Alejandro Ramos Martinez

Selain cacat permanen Alejandro pun juga mengalami komplikasi penyakit lainnya. Dia menderita hipertensi serius dan kini harus belajar berjalan karna kakinya mengalami kelumpuhan. Dekompresi saat menyelam memang berakibat fatal dan mengerikan. Gelembung udara yang terperangkap di tubuh ini bisa menyumbat aliran darah dan sistem saraf tubuh kita.

Tubuh Membengkak Seperti Balon Akibat Dekompresi

Tanda-tanda paling ringan tubuh mengalami ruam kulit, bengkak, nyeri sendi, mati rasa dan yang paling fatal menyebabkan kelumpuhan otak, disfungsi sumsum tulang belakang,  paru-paru dan kematian mendadak, ungkap Dokter Miguel Alarcon.