Maneki Neko Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan, Hoki dan Rezeki di Jepang

Keistimewaan Maneki Neko Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan di Jepang. Seperti yang kita sering lihat di toko-toko pasti ada sebuah patung/boneka lucu berwarna keemasan berbentuk seperti kucing dengan tangan yang mengayun. Boneka ini biasanya disimpan di dekat meja kasir. Menurut kepercayaan orang Jepang dan China, boneka ini dapat membawa keberuntungan, hoki dan rezeki deras kepada sang pemiliknya.

Oleh karena itu sering sekali para toko-toko juga menyimpan boneka seperti ini di dekat kasirnya. Selain menjadi sebuah simbol keberuntungan dan rezeki ada juga yang menyimpannya sebagai pajangan karena kelucuannya tanpa tahu bagaimana asal usul dari cerita tersebut. Oleh karena itu mari kita simak beberapa informasi terkait dengan boneka kucing yang disebut dengan “Maneki Neko” tersebut.

Asal Usul Nama Maneki Neko, Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan di Jepang

Maneki Neko

Boneka kucing ini sudah diperkirakan sudah ada ketika abad 17 atau pada zaman Edo tetapi untuk kapan pastinya masih belum ada yang mengetahuinya sampai sekarang. Nama Maneki Neko yang diberikan untuk boneka kucing pembawa keberuntungan ini adalah dari kata bahasa Jepang. Dimana Maneki Neko berarti “Kucing Keberuntungan”.

Hal ini selalu dihubungkan dengan gerakan tangan pada boneka kucing tersebut yang selalu mengayun yang menandakan bahwa kucing tersebut seolah sedang mengundang orang untuk datang. Kemudian bagi pedagang ketika semakin banyak orang yang datang ke tokonya berarti rezeki yang di dapat akan semakin banyak. Oleh karena itulah boneka kucing ini dinamai Maneki Neko.

Legenda Maneki Neko si Kucing Simbol Keberuntungan, Hoki dan Rezeki

Di Jepang ada sebuah legenda yang sudah cukup terkenal yang menceritakan asal usul mengapa boneka kucing ini menjadi sebuah simbol keberuntungan. Salah satunya adalah cerita tentang saudagar kaya yang hidupnya menjadi berubah setelah bertemu seekor kucing di kuil. Suatu hari saudagar kaya tersebut sedang berteduh di bawah pohon dekat kuil karena hujan lebat.

Baca juga  Versi Asli Kartun Disney Ternyata Mengerikan

Kemudian dari kejauhan saudagar kaya tersebut melihat kucing di dalam kuil tersebut sambil mengayunkan tangannya seolah memberi tahu agar saudagar kaya tersebut menghampirinya. Kemudian karena rasa penasaran saudagar tersebut menghampiri kucing tadi yang berada di dalam kuil. Setelah melihat kucing dari dekat maka tidak lama sebuah petir menyambar pohon yang tadi digunakan saudagar kaya untuk berteduh sampai hangus tak tersisa.

Kuil Maneki Neko di Jepang

Hal inilah yang menjadi suatu alasan bahwa jika tidak karena kucing tersebut maka saudagar kaya sudah mati gosong terkena sambaran petir. Dari sinilah dia mulai menyukai kucing dan juga menyumbangkan sebagian hartanya untuk kuil tersebut hingga kuil itu sekarang menjadi megah dan menawan. Setelah saudagar itu meninggal dibuatlah patung kucing di atas bangunan kuil yang dapat mengayunkan tangannya untuk menghormati saudagar kaya tersebut.

Maneki Neko Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan

Versi lain dari legenda kucing keberuntungan Maneki Neko, ada seorang wanita penghibur (Geisha) yang memiliki seekor kucing peliharaan. Ia sangat menyayangi kucing tersebut, namun suatu hari kucingnya bertingkah aneh dia menarik dan mencakar baju kimononya. Sang pemilik rumah bordil yang tak sengaja melihat peristiwa itu menyangka si kucing sedang kerasukan hingga nekat menyerang majikannya sendiri.

Ia pun langsung mencabut pedang kitana tanpa tedeng aling-aling memenggal kucing itu. Anehnya kepala kucing yang sudah putus terpental dan mendarat tepat di atas seekor ular yang akan menggigit betis mulus seorang wanita, gigi dari kepala kucing itu menusuk kepala ular sampai menembus dan ular itu pun mati.

Baca juga  Dongeng Kenapa Panda Berwarna Hitam Putih?

Kucing Keberuntungan Maneki Neko 

Ya wanita itu terselamatkan nyawanya. Namun sang Geisha si pemilik kucing sangat sedih akan kematian kucing kesayangannya ia pun ngambek berhari-hari tak mau makan hingga ada seorang pelanggannya membuatkan patung kucing untuk menghibur kesedihannya.

Arti Warna Kucing Keberuntungan Maneki Neko 

Ternyata boneka ini tidak hanya memiliki satu warna saja, meskipun kebanyakan menggunakan warna emas, ternyata masih banyak warna lain. Beberapa makna dari warna tersebut adalah krem yang dianggap paling hoki dalam membawa sebuah keberuntungan. Warna putih, yang selalu dianggap menjadi sebuah kesucian. Maneki neko berwarna putih ini melambangkan kebahagiaan, kesucian, dan mengundang suatu hal positif.

patung Maneki Neko

Warna emas, warna ini dianggap dapat membawa kekayaan dan kemakmuran. Warna hitam, yang merupakan warna untuk penangkap roh jahat/menangkal aura buruk. Dan yang terakhir adalah warna merah, dimana maneki neko yang berwarna merah melambangkan persahabatan dan cinta sejati.

Arti Aksesoris Maneki Neko

Ternyata tidak hanya warnanya saja yang mempunyai arti, aksesoris yang digunakan oleh boneka kucing keberuntungan ini juga ternyata mempunyai arti tersendiri. Dimana logam oval emas 1 ryo ini melambangkan kekayaan. Saat itu pada zaman Edo 1 ryo merupakan uang yang sangat banyak sehingga diharapkan dapat membawa kekayaan banyak untuk mereka yang menggunakannya. Logam oval 1 ryo ini berada pada dada boneka.

Maneki Neko Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan

Kemudian martil dan uang magis. Tangan boneka yang mampu bergerak ini merupakan sebuah martil yang dapat memanggil uang gaib. Sehingga dengan terus berayun maka dapat memanggil banyak uang tanpa berhenti. Ingin membeli Maneki Neko si kucing keberuntungan, siapa tahu aja kamu gak gampang bokek lagi hahahaha!

Artikel Maneki Neko Boneka Kucing Pembawa Keberuntungan ini Kiriman dari Amel Axena