Cangkok Tangan ke Bagian Kaki (Transplantasi Organ Tubuh yang Ajaib)

Terobosan baru dalam dunia kedokteran, bagaimana cara “menyambung” organ tubuh yang sudah rusak bahkan mustahil untuk disembuhkan kembali. Transplantasi alias cangkok tangan ke bagian kaki, bagi kita mungkin terdengar menyeramkan, tapi jika itu menjadi satu-satunya cara agar bisa menyambung kembali tangan yang sudah terputus kenapa tidak.

Seperti yang dilakukan oleh Tim Dokter di China kepada pasiennya yang bernama  Zhou, pemuda asal Changsa, Provinsi Hunan. Zhou yang bekerja di pabrik tak sengaja teledor dalam menggunakan alat mesin pemotong hingga membuat tangan kirinya terputus. Segera dirinya dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan, dan dokter pun berusaha untuk menyambung kembali pergelangan tangan Zhou lengkap dengan jari-jari tangannya.

Gambar Cangkok Tangan ke Bagian Kaki yang Berhasil Dilakukan Pada Pria China

Cangkok Tangan ke Bagian Kaki

Tapi sayangnya kondisi lengan Zhou sudah teramat parah kondisinya, bagian jaringan daging dan semua urat-urat syaraf sudah rusak dan untuk melakukan operasi bedah mustahil dapat menyembuhkannya.

Namun Dokter pun melakukan prosedur medis yang terbilang ekstrim dan ajaib yakni mencakok tangan pria itu ke bagian tubuh lainnya yakni pada betis kaki. Cara ini dianggap cukup efektif karena tangan yang terputus masih bisa mendapatkan aliran darah agar tetap hidup.

cangkok tangan

Lebih dari sebulan tangan kiri Zhou menumpang hidup di betis kaki kanannya, dan Dokter rutin memeriksa apakah syaraf-syaraf tangan yang rusak sudah sembuh secara alami. Jika iya maka tangan yang terputus ini akan disambungkan kembali ke lengan awalnya. Operasi penyambungan tangan yang ajaib itu pun dilakukan selama lebih 10 jam.

Hasil Rontgen Cangkok Tangan

cangkok-kaki

Untungnya berhasil cuy, Tak sia-sia cangkok tangan ke bagian kaki itu, hari demi hari setelah mendapatkan perawatan ekstra syaraf-syaraf jari tangan sampai pergelangannya itu pulih kembali total dan kini tangan Zhou sudah bisa berfungsi normal untuk dipakai beraktifitas apapun, meski Dokter menyarankan agar tidak melakukan aktifitas berat selama 1 tahun ini, misalkan mengangkat beban yang berat-berat seperti nge Gym.

Baca juga  Hotel Pertama di Luar Angkasa Aurora Station, Tarif Menginap Cuma 131 Miliar Aja

Apa itu Transplantasi Tangan/Pencakokan Tangan?

Transplantasi tangan atau pencakokan tangan bukanlah hoax tapi sudah banyak dilakukan keberhasilannya dalam praktek kedokteran di seluruh dunia.

Memang pencakokan tangan ini merupakan prosedur bedah yang sangat-sangat rumit dan tidak semua Rumah Sakit bisa melakukannya karena selain fasilitas alat yang tidak memadai begitupun dengan kemampuan Dokter Spesialis bedahnya. Biasanya cangkok tangan ini ditujukan bagi pasien yang mengalami amputasi tubuh seperti penderita diabetes dan mendapatkan anatomi tubuh baru dari pasien lainnya yang sudah meninggal dunia.

Foto Xiao Wei yang Juga Melakukan Transplantasi Organ Tubuh Cangkok Tangan di Kaki

Transplantasi Organ Tubuh

Sahabat kejadiananeh.com, kasus yang dialami Zhou bukanlah yang pertama kalinya dunia. Sudah banyak orang yang merasakan keberhasilan dari operasi cangkok tangan ini contohnya anak kecil 8 tahun asal Baltimore Amerika Serikat bernama Zion Harvey ia berhasil memiliki kembali dua tangan yang utuh setelah menjalani transplantasi penyambungan tangan.

Transplantasi Tangan

Kemudian cangkok tangan pada pria 51 tahun asal Inggris bernama Mark Cahill dan terakhir pada Xiao Wei, pria asal Tiongkok yang sama-sama kehilangan tangannya saat bekerja. Dirinya juga menjalani transplantasi organ tubuh seperti Zhou yakni tangannya yang putus dicangkok kebagian kakinya.