Pagpag Makanan Sisa Sampah Restoran yang “Legal” di Filipina

Mengenal Pagpag, bukan Fap fap ya cuy πŸ˜‚ Pagpag adalah Makanan Sisa Sampah Restoran yang di daur ulang kembali sebagai lauk pauk masyarakat miskin yang tinggal di pinggiran kota Manila, Filipina. Meski terdengar jorok dan menjijikkan bagi kita, tapi faktanya Pagpag menjadi salah satu makanan idola kesayangan, karna masyarakat kelas bawah dibawahnya lagi tak mampu dapat menikmati renyahnya daging sapi, seafood, kambing, ayam dan berbagai macam olahan makanan yang biasa disajikan di restoran-restoran mewah.

Foto Para Pemburu Makanan Sisa Sampah Pagpag di Manila, Filipina

pagpag

Penjualan Makanan sisa sampah Pagpag ini legal dan tidak dilakukan secara diam-diam alias mengelabui dagangan, seperti daging tiren yang disusupi ke daging segar. Proses pembuatan Pagpag dimulai dari Pencarian bahan makanan di tempat-tempat pembuangan sampah yang tak jauh dari lokasi restoran, biasanya para pemburu pagpag akan mencari di sekitar jam 3 subuh sampai jam 5 pagi, ya jam seginilah restoran – restoran biasa membuang makanan tak laku mereka.

Makanan Pagpag Setelah Terkumpul dan DiseleksiΒ 

Pagpag Makanan Sisa Sampah Restoran

Baca juga 6 Makanan Menjijikkan, Jorok Tapi katanya Paling Enak Sedunia

Dengan bayaran yang tak seberapa hanya diupah sebesar 6 dollar seminggu para pencari bahan makanan Pagpag akan menyetorkan hasil buruan sisa makanan kepada pengepul pagpag.

Proses Pemasakan Ulang Pagpag dengan ditambahkan sedikit Bumbu Penyedap Baru

Pagpag Makanan Sisa Sampah Restoran yang "Legal" di Filipina

Cerita selanjutnya tinggal proses memasak daur ulang sisa makanan sampah Pagpag. Pertama proses penseleksian daging, yang sapi khusus sapi, ayam ketemu ayam, begitupun pada daging bebek, kambing, seafood dan lainnya. Namun ada juga rasa pangpang daging campur yang tak perlu diseleksi lagi. Sisa-sisa makanan sampah itu kemudian dimasukkan ke dalam satu wadah penggorengan, dimasak lagi dan ditambahkan sedikit bumbu masak baru seperti daun bawang, garam dan bahan lainnya.

Baca juga  Hoki, Pajangan Bekas Bernilai Miliaran Rupiah

Tonton Sendiri Dah Video Si Fap fap eh Pagpag Cuy, Awass loh jadi gak nafsu makan!!

Taraa kini Pagpag sudah matang dan siap untuk disajikan, tertarik untuk mencicipinya? Kamu cukup membelinya seharga 20 Peso atau sekitar 5294 rupiah per mangkuk besar, sedangkan untuk ukuran mangkuk kecil hanya seharga 10 peso (3000 rupiah) wahh senangnya 😍😘