kejadiananeh.com

Mary River Turtle, Kura-kura berambut punk Bernapas lewat pantat yang aneh tapi nyata

Banyak hewan asli dari Australia yang berpenampilan aneh dan nyeleneh, salah satunya Mary River Turtle, kura-kura berambut Punk yang bernapas lewat bokong alias pantat ini.

Berhabitat di Sungai Mary, Queensland Australia. Queensland sejak dulu memang dikenal sebagai surganya satwa-satwa Asli Australia dari Platypus sampai Kanguru. Ditempat ini juga para wisatawan dibolehkan untuk memeluk langsung si hewan menggemaskan Koala.

Penampakan  Mary River Turtle, Kura-kura Berambut Punk (Image by CNN & Supplied)

kura-kura berambut punk

Kembali ke cerita Mary River Turtle kura-kura rambut Mohawk alias Punk yang aneh tapi nyata di Australia. Memiliki nama latin Elusor Macrurus, ada organ tubuh yang aneh pada kura-kura ini. Ya ia tak bernapas seperti jenis kura-kura lain yang menggunakan paru-paru dibawah tempurungnya.

Kemampuan ajaib Mary River Turtle bernapas melalui kelenjar khusus yang disebut sebagai Kloaka yaitu anatomi tubuh yang dekat sekali letaknya dengan anus dan saluran reproduksi.

Rambut Punk berwarna Hijau di Kepalanya Berasal dari Alga

Mary River Turtle

9 Hewan yang Bisa Bertahan Hidup dari Radiasi Nuklir Berbahaya

Karna bernapas lewat pantat inilah kura-kura berambut aneh bisa berada di kedalaman air selama tiga hari penuh tanpa perlu repot-repot berenang ke permukaan untuk mengambil napas. Lalu apa yang membuatnya bisa memiliki rambut Mohawk? Rambut Mohawk itu disebabkan oleh alga yang tumbuh di kepala mereka, sebab ia banyak menghabiskan waktu ketika sedang menyelam dan berada di dasar air.

Keren banget ya cuy, pasti ada yang ingin memeliharanya di rumah. Sayangnya Mary River Turtle termasuk salah satu hewan amfibi yang dilindungi dan dilarang keras untuk dipelihara. Sebab spesiesnya sudah langka dan terancam punah.

Mary River Turtle, Kura-kura berambut punk Bernapas lewat pantat

Menikmati Pagpag Makanan Sisa Sampah Restoran yang Legal di Filipina

Untuk diketahui, perkembangbiakan kura-kura sangat lama tidak seperti hewan lainnya. Untuk mencapai kematangan seksual mereka harus berusia 25 hingga 30 tahun. Selama masa remaja hingga dewasa itupun mereka rentan dibunuh oleh hewan predator lainnya termasuk diburu oleh manusia. Belum lagi nanti setelah berhasil bertelur, dari sekian puluhan telur hanya seperempatnya yang mampu bertahan hidup.