Kukang Bertubuh Raksasa 2,1 Meter Berhasil Ditemukan ilmuwan

Kukang si hewan pemalu yang sering orang salah kaprah menyamakannya dengan kuskus, padahal kuskus dengan kukang beda loh. Btw tau gak kalau kukang yang kita kenal bertubuh kecil dan imut tak lebih dari 19 sampai 30 cm ini ternyata fisik mereka di jaman kuno sangat besar, bisa mencapai 2,1 meter jauh lebih gede dari ukuran rata-rata manusia purba.

Penemuan Kukang Bertubuh Raksasa ini menjadi hipotesis berharga bagi para ilmuwan. Mereka mendapatkan bukti jika hewan kukang menjadi bahan perburuan manusia purba sekitar 11 ribu tahun lalu. Dalam studi yang dilaporkan Science Advances, bukti yang dimaksud merupakan jejak-jejak kaki di Monumen Pasir Putih New Mexico yang ditemukan pada bulan April 2017.

Penampakan Kukang Bertubuh Raksasa yang Diperkirakan eksis 11 ribu tahun lalu

Kukang Bertubuh Raksasa

Hasil pengamatan mengungkapkan ada dua jejak berbeda yang tertinggal yakni jejak kaki manusia dan jejak kaki kungkang raksasa. Menariknya jejak kaki manusia tidak hanya ditemukan di sekitar kungkang tapi juga di dalam tapak kaki kungkang bertubuh raksasa itu.

Menurut penjelasan Matthew Bennett, selaku pakar geomorfologi dari Bournemouth University Inggris. Jadi Jejak kaki manusia memiliki garis lintasan yang sama dengan kungkang, menunjukkan jika manusia purba berjalan dengan sengaja di jalur kungkang. Langkah-langkah kaki ini mengharuskan seseorang menyesuaikan langkah normalnya untuk mengakomodasi langkah yang lebih besar dari kungkang.

Jejak Kaki Kungkang Raksasa yang Ditemukan diĀ Monumen Pasir Putih New Mexico

Kukang Bertubuh Raksasa 2,1 Meter Berhasil Ditemukan ilmuwan

Ini artinya kemanapun si kungkang raksasa pergi, ada orang purba yang mengikuti mereka. Belum tahu pasti apakah para manusia purba mengintai kungkang raksasa untuk memburu mereka, misalkan diburu bulunya atau dijadikan bahan makanan.

Baca juga  Video Anjing Tunggangi Kuda Poni Bermata Satu

Namun untuk analisis sudah pasti, kalau ukuran kungkang purba tersebut dalam keadaan berdiri mencapai tinggi 2,1 meter. Begitupun dengan penampilan fisiknya yang memiliki cakar tajam berbentuk sabit besar.

Bayangkan betapa menyeramkannya fisik Kungkang di jaman dahulu. Bisa saja mereka bukan menjadi perburuan, tapi hanya sekedar pengejaran atau permainan menantang maut bagi manusia purba. Kukang dengan tubuh raksasa dan memiliki tangan kuat serta cakar tajam seperti Wolverine, tentu sangat mematikan bagi siapa saja hewan atau manusia sekalipun yang berani mendekati mereka.

Beda bener ya cuy dengan ukuran tubuh Kukang jaman sekarang, kecil gitu tingginya cuma 19 sampai 30 cm

kukang

Namun pada analisis jejak kaki selanjutnya juga mengungkapkan hasil lain yaitu adanya perlawanan kungkang ketika bertemu dengan manusia. Ini dapat dilihat pada perubahan arah yang tajam saat Kungkang raksasa mencoba melarikan diri dari perlakukan kekerasan atau bisa jadi dari upaya pembunuhan oleh manusia-manusia purba.

Terlihat pada posisi terakhir, jejaknya melingkar konsisten persis dengan perilaku defensif, di mana kungkang mengangkat kaki belakang mereka, kemudian membiarkan kaki depan untuk pertahanan dari serangan manusia purba.

Kalau Ini Kuskus Cuy, Bedanya dimana? Kuskus punya Ekor dan Merupakan Mamalia BerkantungĀ 

Kukang Bertubuh Raksasa 2,1 Meter Berhasil Ditemukan ilmuwan

Tapi hasil ini masih perlu kita analisis ulang kembali sampai benar-benar clear, sedangkan untuk tinggi tubuh kukang raksasa yang mencapai 2,1 meter dijaman dahulu itu sangat akurat, sepertinya tidak perlu diragukan lagi ungkap Matthew Bennett sambil tersipu malu.