13 Produk Ciptaan NASA yang biasa kita pakai sehari-hari, bahkan benda yang melekat ditubuh saat ini

Tak dipungkiri penemuan-penemuan NASA tak hanya bergelut tentang program antariksa saja, tapi juga barang yang biasa kita pakai sehari-hari. Mungkin sampai detik ini kamu tak menyangka dan baru mengetahuinya, ok biar gak kelamaan langsung saja kita garuk cuy, 13 produk ciptaan NASA yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, bahkan benda yang melekat ditubuhmu saat ini.

Peringatan Kerass!! Artikel ini bisa bikin panas kuping kaum bumi datar a.k.a penganut anti pendaratan manusia di bulan.

1.Penemuan Teknologi Canggih Kamera Ponsel

kamera ponsel nasa

Mengutip dari Kaskuser Lintasburung, Salah satu hal yang paling berguna dalam Era Informasi adalah kemampuan kita untuk mengambil dan membagikan gambar dari kamera kecil yang bisa dibawa kemana saja. Dan tahukah kamu kalau penemuan ini juga salah satu kontribusi dari NASA.

Jadi konsep kamera digital pertama kali dikembangkan di Jet Propulsion Laboratory (JPL) pada sekitar tahun 1960-an ketika insinyur Eugene Lally menyarankan menggunakan grid sensor cahaya yang terorganisir untuk mengambil gambar diam.

Produk Ciptaan NASA

Kemudian pada 1990-an, tim JPL lain mengembangkan teknologi yang membuat kamera pesawat luar angkasa secara signifikan lebih kecil. Inovasi terbaru ini juga meningkatkan kualitas gambar dari kamera, serta kecepatan dan daya tahan baterai jauh lebih awet.

Pada titik ini, sudah jelas bahwa teknologi ini dapat digunakan lebih dari sekadar teleskop. Kamera-kamera mungil ini dengan cepat masuk ke dalam segala hal, mulai dari webcam, smartphone, hingga peralatan medis.

2.Sol Sepatu

Ternyata, satu langkah kecil bagi manusia bisa menjadi satu lompatan besar untuk peradaban umat manusia. Teknologi yang digunakan NASA untuk membuat pakaian ruang angkasa untuk astronot Apollo merevolusi cara sepatu kets dibuat, yakni ditambahkan sol pada bagian dalam sepatu.

10 Penemuan Planet Aneh dan Misterius di luar angkasa

Teknik cetakan karet NASA mempermudah perusahaan sepatu untuk menyesuaikan bantalan ke dalam sepatu mereka, sedangkan insulasi cahaya yang digunakan untuk melindungi astronot terbukti berguna dalam melindungi kaki. Insinyur NASA Frank Rudy mengikuti penemuan ini dan mengimplementasikannya dalam industri sepatu, akhirnya ia mengusulkan desain penyerap goncangan yang digunakan dalam sepatu kets Nike Air.

Berkat penemuan ini, sekarang manusia bisa menggunakan sepatu dengan lebih nyaman, coba kamu tengok kebawah, nyaman kan sepatu yang kamu pakai sekarang.

3.Susu Bayi

Memberi makan bayi memang gampang-gampang susah apalagi jika mereka rewel, tapi tahukah kamu kalau makan di ruang angkasa itu jauh lebih susah. Itu sebabnya NASA mempekerjakan Martek Biosciences Corporation untuk membuat suplemen nutrisi untuk astronot mereka.

Dalam penelitian penggunaan alga, para peneliti menemukan bakteri yang menghasilkan dua asam lemak juga ditemukan dalam ASI manusia. Meskipun senyawa ini dibuat secara alami di dalam tubuh kita, para peneliti menyadari bahwa suplemen ini selain cocok untuk kebutuhan astronot juga ternyata dapat dijadikan nutrisi tambahan bagi bayi agar tumbuh kuat.

4. Filter Air

Air adalah zat yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia (yaiyalah keles). Karena manusia tak dapat hidup tanpa air, kemampuan untuk menyuling air kotor menjadi air bersih adalah pencapaian yang luar biasa dari ilmu pengetahuan.

Para astronot butuh cara untuk mendapatkan air bersih di luar angkasa, karena bakteri dan penyakit dapat menjadi lebih mematikan di angkasa. Teknologi penyaringan air telah dikenal sejak awal 1950an, tetapi NASA ingin mengetahui bagaimana memurnikan air pada situasi yang ekstrim dan menjaga air tetap bersih untuk periode yang lama.

Jika kamu melihat filter air, kamu biasanya dapat menemukan bongkahan-bangkahan kecil arang di dalam filter. Terkadang, ketika kamu pertama kali menggunakan filter air, kamu akan menemukan flek hitam kecil dari bongkahan-bongkahan itu.

Arang ini diaktivkan dan mengandung ion-ion perak yang menetralkan bakteri pathogen dalam air. Bersamaan dengan membunuh bakteri dalam air, filter juga menekan pertumbuhan bakteri. Perusahaan-perusahaan besar telah menerapkan teknologi ini dan telah membawa pada kita sistem penyaringan air. Jutaan orang telang menggunakan filter air di rumah mereka tiap hari.

Baca juga  7 Foto Tragedi Menyedihkan Selain Omran Daqneesh, Bocah Suriah yang Buat Dunia Menangis

5.Anggota Tubuh Buatan

Meskipun konsep anggota tubuh palsu telah ada selama berabad-abad, kita dapat berterima kasih kepada NASA karena membuat anggota tubuh modern yang jauh lebih kuat, lebih murah dan tentunya dengan harga yang rendah kalori.

Pada abad ke-20, kaki palsu dibuat menggunakan plester dan cetakan pati jagung. Proses ini menghasilkan anggota tubuh palsu yang berat dan rapuh, yang membuat mereka tidak praktis bagi banyak orang alias menyulitkan penggunanya.

penemuan nasa

Bukti Terbaru Neil Armstrong Mendarat Di Bulan “Membantah Konspirasi Neil Armstrong Tidak Mendarat di Bulan

Putus asa untuk berinovasi, Pusat Prostetik dan Orthotik Harshberger beralih ke Pusat Penerbangan Antariksa Marshall NASA untuk meminta bantuan. Para tim ilmuwan Harshberger mengamati pembuatan tangki eksternal untuk pesawat ulang-alik ruang angkasa.

Tim NASA menunjukkan isolasi busa mereka pada tim Harshenberger, lapisan ini melindungi tangki dari panas tapi tetap ringan dan tahan lama. Akhirnya, Hershenberger berhasil menciptakan anggota tubuh palsu yang lebih murah dan lebih ringan berkat bahan busa dari NASA.

6. Lapisan Khusus Pada Jalan

Lapisan pada jalan raya ini memungkinkan gaya gesek yang lebih tinggi terhadap ban untuk menekan jumlah kecelakaan akibat tergelincir. Nah lapisan ini pada awalnya digunakan oleh NASA pada lapangan udara tempat pesawat ulak alik mendarat.

Sekarang, banyak jalan-jalan tol di seluruh dunia menggunakannya untuk menambah gaya gesek pada ban sehingga grip lebih kuat. Inti permasalahannya adalah menjadikan pijakan tidak licin meski terdapat air sekalipun pada permukaannya. Contoh, pada kolam renang modern juga terdapat lapisan ini pada tepiannya.

7.Memory Foam

Satu lagi kontribusi produk-produk ciptaan NASA yang sangat berguna dalam kehidupan manusia sehari-hari. Memory Foam adalah sebuah Inovasi yang bertujuan untuk melindungi punggung dan pantat astronot agar tidak mengalami cedera. Teknologi yang simpel ini sebenarnya diciptakan oleh NASA untuk busa kursi pesawat terbang mereka.

Produk Ciptaan NASA yang biasa kita pakai sehari-hari

Setelah penemuan busa ini pada tahun 1969, Charles Yost mengembangkan perusahaan untuk mengomersialkan produknya. Dia terus memperbaiki (dan mendapat keuntungan dari) teknologi memory foam, yang kemudian memory foam digunakan dalam segala hal, mulai dari penggunaan tempat tidur medis hingga pemakaian helm sepeda motor.

8.Joystick

Sebelum digunakan dalam konsole video game, joystick pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut AS untuk mendaratkan pesawat terbang. Masalahnya, saat awal penemuannya, Joystick memiliki ukuran yang sangat besar dan berat sehingga tidak memungkinkan digunakan dalam video game. Namun, joystick akhirnya berhasil diterapkan ke pesawat ruang angkasa, terutama digunakan dalam misi Apollo.

Gambar Appolo Joystick

Sebuah joystick gaming dasar pertama kali muncul pada tahun 1969 dengan dirilisnya Sega’s Missile. Joystick memungkinkan pemain bergerak ke empat arah, dengan tombol tambahan untuk menembakkan missil.

Jadi bagaimana joystick saat ini bisa dilakukan untuk mengendalikan pesawat ke berbagai arah, lebih sensitif, dan banyak digunakan untuk kebutuhan teknologi saat ini?

Tentu saja berkat program pesawat ruang angkasa NASA! Setelah mempelajari pengendali simulasi penerbangan di Johnson Space Center, perusahaan game Thrustmaster, Inc. mengembangkan pengontrol ultrarealistik yang memungkinkan teknologi yang sama untuk digunakan melalui port game standar. Hasilnya adalah sebuah inovasi yang memberikan terobosan baru dalam dunia gaming.

9.Alat bantu pendengaran

Meskipun Adam Kissiah menemukan alat medis yang digunakan oleh puluhan ribu orang tuli dan orang yang mengalami gangguan pendengaran, Kissiah sendiri tidak memiliki latar belakang ahli medis. Sebaliknya, ia menciptakan perangkat ini saat bekerja sebagai insinyur instrumentasi elektronik di NASA, menggunakan pengetahuan tekniknya untuk menghadapi masalah pendengarannya sendiri.

Kissiah memahami keterbatasan alat bantu dengar yang normal, yang hanya meningkatkan volume suara. Sebaliknya, perangkatnya memotong reseptor suara yang salah di telinga untuk mengirim informasi langsung ke otak.

Mekanismenya sederhana, Ia melakukannya dengan menggunakan mikrofon kecil, yang merekam suara dan mengubahnya menjadi pulsa listrik. Berkat penemuannya Kissiah menerima kehormatan Hall of Fame Teknologi Luar Negeri AS pada tahun 2003 lalu.

Baca juga  4 Teori Sains Pencetus Teknologi, Jika Tak Ada Kita Bakal Mati Suntuk Cuy!

10.Lensa Kacamata Anti-Gores

Jika kamu menjatuhkan kacamata ke lantai, lensanya kadang tidak akan pecah. Itu karena pada tahun 1972, badan administrasi pangan memilih pembuatan lensa dengan plastik dari pada dengan kaca.

Plastik lebih murah, lebih baik dalam menyerap radiasi sinar ultraviolet, lebih ringan, dan tidak mudah pecah. Tetapi, plastik juga mempunyai kelemahan. Plastik yang belum diberi lapisan sangat mudah tergores, dan goresan tersebut dapat mengganggu penglihatan.

Karena partikel kotor juga ada di lingkungan luar angkasa, NASA membutuhkan lapisan khusus untuk melindungi peralatannya, seperti visor helm yang dipakai para astronot. Mengambil kesempatan, Foster-Grant sebuah perusahaan manufaktur kacamata membeli hak cipta dari NASA untuk teknologi ini. Lapisan khusus membuat lensa plastik sepuluh kali lebih tahan terhadap goresan dari pada lensa yang tak diberi lapisan.

11.Kawat gigi transparan

Untuk menerbangkan roket ke ruang angkasa, diperlukan bahan yang tepat. Peneliti NASA telah menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan materi yang ringan dan tahan lama, khususnya menyesuaikan karakteristiknya agar bisa berguna dalam segala hal.

Salah satu bahan yang diciptakan NASA ini adalah translucent polycrystalline alumina (TPA), bahan ini dikembangkan oleh perusahaan yang bekerja dengan NASA untuk membantu dengan pelacakan sinyal inframerah. Pada tahun 1986, sebuah perusahaan bernama Unitek bekerja sama dengan NASA untuk memecahkan masalah perawatan ortodontik (gigi).

Unitek sedang mencari bahan yang cukup kuat untuk bertindak seperti kawat gigi tetapi tembus cahaya untuk mengurangi rasa malu karena mengenakan kawat gigi. Sampai saat ini kawat gigi transparan sangat populer digunakan untuk mengatasi masalah pada gigi.

12.Peluncuran TV Satelit

Kaum muda saat ini mungkin tidak pernah tahu perjuangan memutar-mutar hingga memindahkan antena agar bisa mendapatkan sinyal TV yang kuat. Salah satu kontribusi yang paling bermanfaat dari program luar angkasa adalah kemajuan komunikasi nirkabel, terutama untuk penyedia televisi.

Setelah meluncurkan kelompok satelit yang sukses pada 1950-an dan 60-an, NASA membantu membangun satelit komersial pertama untuk perusahaan telekomunikasi AT&T, yang diluncurkan pada tahun 1962. Beberapa tahun kemudian, NASA melakukan penelitian untuk meningkatkan sinyal, gambar, dan rentang hidup satelit.

Peningkatan teknologi yang didanai pemerintah ini akhirnya menjadi produk komersial. Tidak dapat dipungkiri, keberadaan satelit telah memudahkan manusia untuk menghubungi satu sama lain walau terpisahkan jarak yang jauh.

13. Teknologi Pakaian Renang NASA

Setelah Olimpiade 2004, perusahaan produksi baju renang yang cukup terkenal Speedo melakukan kerja sama dengan NASA, mungkin terdengar aneh tapi ada maksud dibalik kerja sama ini tentunya. Salah satu program penelitian dua organisasi ini adalah menciptakan cara untuk mengurangi hambatan aliran air sehingga meningkatkan kecepatan perenang.

Bahkan, Direktorat Misi Riset Aeronautika NASA memfokuskan pekerjaan mereka untuk mengurangi hambatan dan meningkatkan efisiensi untuk pesawat ruang angkasa. Mereka menyumbangkan pengetahuan ini untuk mengembangkan baju renang LZR Racer.

Dengan pengujian hambatan didalam air dan desain yang dilakukan secara matematis, kedua organisasi itu mengembangkan pakaian renang yang mengurangi daya seret 24 persen lebih banyak daripada baju renang sebelumnya.

Bumi Itu Datar dan Bukan Bulat Menurut 6 Tokoh Terkenal Ini

Meskipun mungkin hasilnya belum signifikan meningkatkan kecepatan atlet perenang, namun menjadi lebih cepat dalam beberapa mili detik amatlah penting dalam perlombaan Olimpiade. Buktinya pada tahun 2008 saja, perenang yang memakai LZR Racer berhasil memecahkan 13 rekor dunia. Btw sebenarnya masih banyak lagi ya penemuan-penemuan NASA yang sangat berguna untuk kehidupan kita sehari-hari. Contoh singkat aja seperti peralatan tanpa kabel, Detektor asap, ban mobil anti pecah, Thermometer telinga dll. Ok gitu aja dulu cuy aye kebelet boker soalnya šŸ˜€

Referensi Artikel :

Kaskuser lintasburung – Tak Disangka, Produk-Produk Ini Ternyata Diciptakan Oleh NASA

jaller.wordpress.com – 10 Penemuan NASA Yang Kita Gunakan Sehari-Hari