Unik! Kupu-kupu Minum Air Mata Kura-kura

Phil Torres, tak mau menyia-nyiakan begitu saja saat dirinya melihat moment langka segerombolan kupu-kupu minum air mata kura-kura, ia langsung mengabadikannya dalam rekaman video. Kepada Live Science, Phill yang bekerja sebagai entomolog kawasan tropis dan komunikator sains menceritakan awal mulanya saat ia melihat tiga ekor kura-kura sedang berjalan melintasi batang pohon tumbang di pinggir sungai untuk berjemur.

Kupu-kupu Minum Air Mata Kura-kura

Yang terjadi berikutnya sangatlah unik, terlihat gerombolan kupu-kupu cantik berwarna warni mengerumuni ketiga kepala kura-kura itu secara bergantian dan mereka MEMINUM AIR MATA KURA-KURA. Fenomena ini sangatlah aneh, tak lazim sekaligus indah dan menarik.

Apa yang menyebabkan 8 kupu-kupu dari berbagai spesies keluarga berbeda itu sampai berebutan untuk mendapatkan air mata kura-kura. Alasannya karna air mata kura-kura kaya akan natrium. Biasanya kupu-kupu mencari kandungan natriun yang bisa didapatkan dari bunga. Namun jika mereka tidak mendapatinya, akan pergi ke tempat lain salah satunya adalah air mata kura-kura.

Video Unik Kupu-kupu Minum Air Mata Kura-kura

‘Reptil yang menangis itu kemungkinan besar Podocnemis unifilis, yaitu kelompok kura-kura yang tidak bisa menarik kepalanya ke dalam cangkang. Satu-satunya cara untuk menghindari serangan kupu-kupu adalah menggelengkan kepalanya, walaupun ini sebenarnya tidak efektif imbuh Torres.

4 Taman Wisata Kunang-kunang di Dunia, Salah Satunya Berada di Indonesia

Torres menambahkan, ke delapan kupu-kupu itu sangat gagah berani, mereka tak berhenti untuk mendapatkan natrium. Aku membayangkan jika aku berada di posisi yang sama, mereka akan menghisap unch keringatku. Biasanya kura-kura yang sedang berjemur di pinggir sungai akan memilih untuk menyelam ke dalam sungai lagi karna merasa terganggu.

Simbiosis Mutualisme? Kupu-kupu jelas mendapatkan banyak Natrium saat menghisap air mata kura-kura, sedangkan untuk kura-kura sepertinya tidak

Ini adalah hari keberuntunganku, lebih dari 10 menit aku berhasil mengabadikan momen unik Kupu-kupu sedang Minum Air Mata Kura-kura itu. Hanya satu dari seribu kemungkinan peluang yang terjadi, imbuh Phil Torres sambil memamerkan bokongnya yang busikan dan penuh codet.