Kompak! Empat Hiu dan Buaya Makan Paus Raksasa

Layaknya pesta hidangan besar, empat hiu macan dan seekor buaya air asin sedang asyik berpesta pora memakan bangkai seekor paus raksasa. Pemandangan langka ini terjadi di lepas pantai Australia, dan mungkin pertama kalinya terlihat dua predator paling berbahaya di dunia ini duduk makan bersama tanpa satu sama lain saling menganggu.

Jeremy Tucker menjadi orang yang beruntung dapat mengabadikan momen langka tersebut melalui kamera dronenya. Jeremy adalah anggota kru kapal operator tur Australia. Postingannya tentang hiu dan buaya tertangkap kamera makan bersama itu kemudian mempertemukan Jeremy dengan Austin Gallagher seorang ahli Hiu yang kebetulan juga sebagai kepala Ilmuwan di organisasi konservasi Beneath the Waves.

hiu dan buaya makan paus

Dalam laporan Gallagher yang termuat di Journal of Ethology, hasil interaksi kedua predator laut tersebut menggambarkan peristiwa langka tersebut sebagai ‘gencatan’ senjata pertama, bahkan lebih tepat dikatakan sebagai persahabatan antara predator buaya air asin dan ikan hiu yang sama-sama mencari makanan.

Empat Hiu dan Buaya Makan Paus Raksasa

Mereka sangat kompak! Sama sekali terlihat tidak saling mengganggu atau menguasai bangkai ikan paus untuk kelompok mereka sendiri. Ini sangatlah unik untuk dipelajari dalam rantai makanan, dimana kita tahu kedua predator ganas ini dikehidupan sehari-hari jika mereka tak sengaja “bertemu” mereka lebih memilih untuk saling menghindar atau menjauh daripada mereka harus bertarung satu sama lain.

Video Empat Hiu Macan dan Buaya Makan Bersama di Laut Australia

Ya sepertinya mereka tahu baik bagi buaya air laut asin maupun ikan hiu, bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Kedua-duanya memiliki reputasi membunuh yang mengerikan imbuh Gallagher sambil angguk-angguk ayam kepala kangkung.