Geger Jasad Utuh Sekeluarga di Ciamis Meski Dikubur Puluhan Tahun

Subhanallah, dalam Islam jasad orang Sholeh Tidak dimakan tanah @memet sompret. Coba dibongkar juga kuburannya preman dekat situ fisiknya masih utuh gak, kalo utuh berarti ada hal lain @Egi Sukanenen. Ramai netijon kisruh mengomentari peristiwa aneh tiga jasad masih utuh ketika kuburan dibongkar. Padahal jasad sekeluarga itu sudah dikubur puluhan tahun lamanya. Fenonema aneh apakah yang sedang terjadi? Apa ini sebuah kejaiban yang tak dapat dijelaskan oleh sain?

Warga Ciamis seketika geger mengetahui berita tentang penemuan tiga jasad yang masih berhubungan darah itu. Diketahui satu dari jenazah itu sudah bertahun-tahun dikubur di Pemakaman Keluarga Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jasad Utuh Sekeluarga di Ciamis Meski Dikubur Puluhan Tahun

Jenazah Abadi Santa Bernadette Soubirous yang Tetap Utuh dan Cantik Sempurna

Semua berawal dari pembongkaran makam ketika pihak keluarga almarhum berniat untuk memindahkannya karna lahan pemakaman akan dibangun proyek perumahan. Adang Suherlan keluarga pemilik makam menceritakan pengalaman aneh itu;

Kaget banget saya antara percaya dan tidak percaya saat menyaksikan penggalian jenazah. Dengan mata kepala sendiri saya melihat kain kafan jasad dari ayah, keponakan saya yang masih bayi dan kakek saya semua masih dalam keadaan utuh. Ditambah lagi tidak tercium bau busuk, seolah-olah ketiga jasad itu baru dikubur kemarin siang. Wahh banyak banget masyarakat dimari yang ikut menonton, tanyakan saja kalau tidak percaya! Nih orangnya pada disini.

Adang mengakui kalau lahan makam keluarganya itu memang dibebaskan untuk pembangunan perumahan. Jadi ya dipindahkan, pembongkaran pun berlangsung dari pagi hingga menjelang siang.Makam digali satu persatu dan semua jasadnya masih utuh sempurna.

Jasad kakeknya bernama Jalaludin sudah dikubur selama 35 tahun, Sasmita almarhum ayahnya dikubur selama 14 tahun dan jasad terakhir keponakannya meninggal pada tahun 2013 kemarin. Kakek saya meninggal karna sakit Stroke, kalau ayah saya gara-gara penyakit tifus. Sedangkan keponakan saya itu meninggal pas baru dilahirkan ibunya.

Adang bercerita sosok ayah dan kakeknya semasa hidup memang dikenal warga sebagai orang baik dan saleh. Mereka ramah dengan orang lain, tidak pelit saat diminta tolong dan rajin sekali beribadah. Ucapan adang di iyakan oleh beberapa warga.

Terlebih buat Adang, mereka berdua menjadi figur bertanggung jawab kepada keluarga. Air matanya langsung banjir saat melihat jasad orang tua, kakek dan ponakannya masih utuh. Rasanya mau pingsan, Ini benar-benar keajaiban imbuh Adang mengangguk-anggukkan kepalanya.

Penjelasan Ilmiah Jasad Sekeluarga di Ciamis Utuh saat Digali

Kejadian aneh jasad masih utuh dan tidak mengalami kerusakan meski sudah dimakamkan selama puluhan tahun kerapkali dikaitkan dengan hal ghaib, spiritual. Namun dari kacamata sains semua bisa dijelaskan. Penyebabnya adalah adiposera, yaitu senyawa organik yang terbentuk melalui reaksi hidrolisis oleh bakteri anaerob pada jaringan adiposa (jaringan lemak) di dalam tubuh, ketika kondisi mayat berada di dalam material tanah.

Dengan senyawa ini, lemak di jaringan lunak berubah menjadi zat seperti sabun keras sebuah proses yang disebut saponifikasi. Zat ini bertindak sebagai pengawet dan memperlambat dekomposisi (proses penguraian, pembusukan) tubuh secara normal.

Video Pengangkatan Jasad

Lalu mengapa ada jenazah yang bisa awet karena adiposera dan ada jasad yang tidak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Adiposera sendiri secara optimal terbentuk bila jenazah berada pada lingkungan dengan kelembaban yang tinggi dan minim oksigen.

Penyebab lainnya karna kondisi tanah tempat jenazah dikuburkan. Tanah yang mengandung logam alkali akan menyebabkan tidak terdapatnya hewan organik seperti cacing dan bakteri sehingga proses penguraian mayat membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa saja tidak terjadi sama sekali.