Khasiat Kotoran Bayi yang Kaya Akan Probiotik, Bakteri Baik untuk Pencernaan Sehat

Benarkah kotoran bayi kaya akan Bakteri Probiotik? Kita sendiri tahu Probiotik sangat berkhasiat untuk kesehatan pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minuman Yakult adalah salah satu contohnya yang tidak diragukan lagi khasiatnya. Terdengar aneh dan menjijikkan memang kalo kita sampai nekat mengkonsumsi EE bayi.Ya iyalah cuy masak ditelan mentah-mentah ke congor. Jangan napsu dulu, semua ada prosesnya ūüėÄ

Bukanlah Hoax kalau Tinja alias kotoran Bayi kaya akan Probiotik. Hasil penelitian ini diungkapkan oleh Wake Forest School of Medicine. Para peneliti telah menemukan bahwa kotoran bayi bisa menjadi sumber potensial ‚Äúmikroba berguna‚ÄĚ untuk kontribusi saluran pencernaan manusia yang lebih sehat.

Foto Bayi Ganteng Pisan, Ida Bagus Richard Bill Gates

khasiat kotoran bayi

Mereka telah berhasil mengembangkan minuman probiotik yang bersumber dari galur bakteri usus yang ditemukan pada feses/kotoran bayi. Sehingga minuman probiotik dari EE bayi ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi asam lemak rantai pendek (SCFA).

Apa itu asam lemak rantai pendek (SCFA)? Hariom Yadav selaku peneliti dari Wake Forest School of Medicine menjelaskan bahwa SCFA merupakan komponen penting atau lebih tepatnya titik vital sebagai kunci dari kesehatan usus yang sehat.

Jika tubuh manusia sampai kekurangan Asam lemak rantai ini maka imunitas tubuh akan rapuh. Menjadi fakta bahwa penderita Diabetes, Obesitas, Gangguan Autoimun dan penyakit kanker rata-rata memiliki sedikit asam lemak rantai pendek (SCFA). Untuk itulah peningkatan asam lemak ini sangat berguna dalam memulihkan kondisi usus yang kurang normal.

Sebelumnya para tim peneliti melakukan serangkaian penelitian untuk menguji efek galur probiotik yang berasal dari sampel kotoran bayi yang sehat dan untuk menentukan bagaimana galur probiotik itu sendiri bekerja.
Mengambil uji sampel feses dari popok 34 bayi sehat. Kemudian dilakukan isolasi 10 galur bakteri, yakni lima bakteri Lactobacillus dan Lima spesies Enterococcus

Baca juga  Agen Pulsa Termurah "Maxsi" Jadi Idola Kesayangan Anak Muda, Sejak Berhasil Mengobati Penyakit Bokek

10 galur bakteri itu digunakan untuk mengidentifikasi kandidat galur terbaik yang dapat bertahan hidup dalam usus manusia dan merangsang produksi SCFA. Peneliti kemudian menguji pemberian dosis yang berbeda dari campuran probiotik tersebut pada tikus, serta dalam medium kotoran manusia untuk meniru lingkungan sistem pencernaan manusia.

Di tahun 2014 lalu, Anna Jofre Peneliti dari Catalonia’s Institute of Food and Agricultural Research di Gronia, Spanyol juga pernah membuat Sosis dari kotoran bayi yang diklaim mampu Sehatkan Pencernaan

Dalam temuan yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports edisi daring 23 Agustus 2018 kemarin, para peneliti menemukan bahwa dosis tunggal dapat mempertahankan keseimbangan mikroba yang sehat dan meningkatkan produksi SCFA baik pada tikus dan media feses/kotoran.

Richard N’ Abang Leo Guk Guk

Kotoran Bayi yang Kaya Akan Probiotik

Kesimpulannya hasil penelitian ini membuktikan bahwa probiotik asal kotoran manusia dalam hal ini bayi sehat dapat dimanfaatkan sebagai perawatan untuk penyakit manusia yang terkait dengan ketidakseimbangan mikrobiom usus dan penurunan produksi SCFA dalam usus.

Dan kami sampai detik ini masih terus melakukan riset penelitian agar suatu hari nanti masyarakat dapat membeli probiotik kotoran bayi yang dijual di toko-toko supermarket kesayangan mereka. Imbuh Hariom Yadav sambil memamerkan pusernya yang bodong.