Aneh Perut Katak Mengeluarkan Cahaya, Kelap Kelip Bagai Bom Waktu

Aneh tapi nyata perut katak ini mengeluarkan cahaya terang, berkedap kedip bagai bom waktu yang akan meledak. Gara-gara hal tersebut si katak menjadi terkenal di media sosial. Fenomena unik tersebut berhasil direkam oleh sebuah keluarga di Nashville, Tennessee – Amerika Serikat. Lantas apa yang membuat perut katak itu bisa bersinar alias bercahaya?

Aneh Perut Katak Mengeluarkan Cahaya

Katak Tanpa Kepala dan Wajah Ditemukan di Hutan Amerika Serikat

Jawabannya sudah tentu katak tersebut bukanlah katak mutan, kelainan genetik apalagi akibat keselek menelan lampu senter.  Penyebabnya adalah si katak habis memakan kunang-kunang. Seperti yang kita tahu kunang-kunang merupakan serangga yang bisa mengeluarkan cahaya di malam hari. Meski tubuhnya berukuran kecil daya sinarnya cukup untuk menerangi ruangan di sekitarnya.

Penampakan Katak Aneh dengan Perutnya yang Mengeluarkan Cahaya Terang

Seperti itulah yang terjadi di tubuh katak, meski kunang-kunang sudah matek di dalam perutnya dan rasanya mustahil banget ya kok masih nyala aja. Rahasianya berada pada proses kimia organik yang akan menciptakan cahaya hangat yaitu bioluminescence.

Dan saat oksigen bercampur dengan luciferin kimia, luciferase serta enzim bioluminecent maka akan menciptakan cahaya terang meskipun berada di dalam perut katak. Jadi seolah-olah si kunang-kunang tidak mati, mengeluarkan cahaya sambil berjalan-jalan di perut si katak.