Ganja sudah Legal di Kanada (1 dari 19 Negara yang Melegalkan Pemakaian Ganja)

Tak ada lagi mimik ketakutan akan dirazia oleh Polisi, sekarang warga Kanada sudah diperbolehkan untuk menggunakan mariyuana alias ganja. Penggunaan ganja yang dilegalkan ini bukan hanya untuk keperluan medis saja, tapi untuk sekedar rekreasi juga diperbolehkan asalkan sudah memenuhi syarat batas umur, yakni 19 tahun keatas.

Kanada kini menjelma menjadi negara market ganja terbesar di dunia. Kebijakan melegalkan ganja di Kanada sudah diterapkan sejak tahun 2001 lalu era Pemerintahan Perdana Menteri Justin Trudeau. Tujuan dari pelegalan ini adalah untuk lebih mencerminkan perubahan opini di kalangan masyarakat tentang ganja dan menarik operator marijuana di pasar gelap masuk ke dalam sistem yang diatur pemerintah demi keuntungan negara serta penyembuhan penyakit.

Remaja Unch Kanada Tampak Riang Gembira Menyambut Hari Legalnya Ganja 

ganja sudah legal

Imbasnya sekarang sudah ada 111 toko ganja legal yang dibuka di seluruh wilayah Kanada. Sebut saja Tom Clarke yang dulunya seorang penjual ganja Ilegal tapi kini sudah resmi melakukan penjualan ganja legal di Portugal Cove, Newfoundland Kanada. Hampir tiap hari ratusan warga rela antri sampai tengah malam untuk membeli ganja di toko milik Tom Clarke.

Masyarakat Kanada tak hanya memesan ganja lewat toko jalanan saja, ada puluhan situs web online yang menjual resmi produk-produk ganja, nantinya setelah sukses verifikasi KTP si pembeli, paket ganja akan dikirimkan kerumah pembeli melalui pos.

Tanggapan Masyarakat Kanada terhadap Ganja yang Sudah Dilegalkan di Negaranya

“Wow ini kemajuan yang sangat hebat, ganja memang berbeda dengan jenis narkoba lainnya, dan kita bisa menggunakan secara bijaksana sebagai terapi penyembuhan penyakit imbuh Jeff Tower.

“Alkohol telah merenggut nyawa kakek saya dan juga putra saya, tapi ganja tidak pernah merenggut nyawa saya imbuh Ryan Bose.

Sementara pemuda-pemudi unch Kanada menyambut riang gembira pelegalan ganja di negeri mereka. “Keren banget sekarang, kalau kita lagi nongkrong mata kita jadi merah kayak drakula,,udah gak kayak anak bayi, imbuh mereka.

19 Negara di Dunia yang Legalkan Ganja

Sahabat kejadiananeh.com, Kanada bukanlah satu-satunya negara yang melegalkan pemakaian Ganja, setidaknya sampai sekarang di akhir tahun 2018 sudah ada 19 negara yang melegalkan penggunaan ganja (mariyuana);

Baca juga  Rahasia Awet Muda Nenek 70 Tahun Ini Dinyinyir Netizen

1.Belanda

Tanpa perlu peruntukan medis, ganja di negeri Kincir Angin belanda bebas dibeli dan dikonsumsi. Dan penjualannya pun mudah ditemukan seperti Coffee Shop. Belanda merupakan salah satu negara terdepan yang mereformasi Undang-undang Narkotika, sehingga ada batas tegas antara jenis narkotika ringan dan berat.
Ganja salah satunya yang boleh dikonsumsi karna masuk dalam golongan narkotika ringan dan legal, tapi untuk penggunaannya masih dalam syarat jumlah terbatas.

2. Siprus

Sama seperti Belanda, Negara Kepulauan Siprus juga melegalkan kepemilikan ganja dan untuk penggunaannya per orang dibatasi maksimal 15 gram saja. Sedangkan untuk menamam ganja per orang diperbolehkan maksimal untuk 5 batang pohon ganja saja.

negara yang melegalkan ganja

Daftar Narkoba Mematikan Terbaru dengan Efek Mengerikan

3. Meksiko

UU Narkotika di Meksiko tahun 2009 telah mendekriminalisasi kepemilikan ganja dalam jumlah kecil. Dekriminalisasi adalah mengubah golongan suatu tindakan yang semula dipandang sebagai peristiwa pidana, kemudian dianggap menjadi perilaku biasa.

Dekriminalisasi itu tak hanya diterapkan kepada ganja, tapi juga narkotika jenis lain seperti kokain, heroin, ekstasi, dan sabu-sabu. Namun narkotika-narkotika itu hanya dilegalkan dalam jumlah kecil. Batas kepemilikan ganja di Meksiko hanya diperbolehkan sampai 5 gram saja.

4. Kolombia 

Jauh lebih bebas dibandingkan negara-negara sebelumnya. Di Kolombia masyarakat disana boleh memiliki ganja kurang dari 20 gram, selain itu yang paling canggih mereka juga boleh memiliki Kokain dengan batas tak lebih dari satu gram.

Kepemilikan Ganja atau Heroin ini tak akan membuat si pengguna di penjara atau ditangkap Polisi meski memakainya di tempat-tempat umum, rumah sendiri dan bukanlah di klinik kesehatan.

5. Spanyol

Negeri El Matador Spanyol juga menolerir kepemilikan ganja secara pribadi dengan batas 2 batang tanaman per orangnya.

6. Peru

Pemerintah Peru melegalkan kepemilikan ganja sampai batas 8 gram saja. Toleransi ini hanya diberikan kepada ganja, dan tidak kepada narkotika jenis lain.

7. Amerika Serikat

Banyak salah kaprah yang mengganggap Amerika Serikat sudah resmi melegalkan penggunaan ganja. Pernyataan ini memang tidak salah, tapi faktanya tidak seluruh wilayah Amerika Serikat yang melegalkan ganja. Hanya di negara bagian Colorado dan Washington saja yang mengizinkan penduduknya untuk mengkonsumsi ganja.

Baca juga  Tas Wanita Termahal dan Termewah di Dunia

Khusus di Colorado syarat penggunanya harus orang dewasa yang sudah genap berusia 21 tahun ke atas. Dan diperbolehkan juga untuk menyimpan 6 batang pohon Mariyuana asalkan tidak dipamerkan di depan rumah, harus ditanam dalam ruangan tertutup tersembunyi yang aman dari jangkauan anak-anak.

Sementara di negara bagian Washington, kepemilikan banja dibatasi maksimal 28 gram. Dan tidak boleh menanam/memeliharpohon ganja, terkecuali sudah mendapat otorisasi medis.

Selanjutnya negara-negara yang melegalkan ganja untuk kepentingan medis:

8. Kanada

Kanada sudah dibahas diatas, tinggal ditengok lagi tuh leher ke atas cuy!

9. Italia 

Italia mengizinkan pasien yang memiliki resep obat mengandung ganja, untuk mengonsumsinya sebagai bentuk pengobatan.

10. Israel

Di negeri asal Gal Gadot Wonderwoman, pemerintah Israel juga sudah melegalkan ganja tapi tidak untuk rekreasi, happie2 dan sejenisnya. Penggunaan ganja hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis, khususnya untuk beberapa program pengobatan penyakit seperti perawatan untuk pasien HIV, despresi, serta Kemoterapi Kanker.

Negara yang Melegalkan Pemakaian Ganja

Sahabat kejadiananeh.com selain 10 negara diatas sebenarnya masih banyak lagi negara-negara yang melegalkan konsumsi ganja meski  tingkat kelegalannya masih “abu-abu” alias bisa ditangkap bisa enggak dan berlaku hanya di wilayah khusus saja tidak merata di seluruh wilayah negaranya. Diantaranya;

11.Brazil

12. Chili

13.Uruguay

14.Paraguay

15.Australia

16.Republik Ceko

17.Swiss

18.Jerman

19.Argentina

Bagaimana dengan negeri tercinta kita Indonesia? Waduh ngeri-ngeri sedap juga ya cuy kalau ganja sampai benar-benar resmi dilegalkan. Nanti banyak pemuda-pemuda unch yang matanya moker kaya vampir. Kalau penggunaan ganja untuk hiburan, rekreasi, nongki2 anak muda mendingan enggak, bisa bahaya berat terutama untuk remaja wanita yang pasti banyak mendapatkan kerugian. Lagi dalam keadaan tidak sadar bisa digaruk habis-habisan secara slow motion cuy ama teman2 cowoknya.

Namun untuk kepentingan medis, sepertinya penggunaan ganja yang dilegalkan mesti menggelar pembahasan terbuka antara Pemerintah dengan pihak-pihak terkait seperti medis, BNN, Kepolisian dll. Ya kalau memang berguna sebagai pengobatan kenapa tidak? 😀