Wabah Nyamuk Raksasa Sebesar Koin Menyerang Carolina Utara, Amerika

Idihh ini apaan, kok nyamuk gede banget nyaris segede tawon, kalo sampe disedot kuruslah kita imbuh kerumunan warga di Carolina Utara, Amerika Serikat. Tanpa dinanya tiba-tiba segerombolan nyamuk raksasa sebesar koin menyerang desa mereka. Seperti kebiasaan pada umumnya, polulasi nyamuk biasanya meledak usai musim hujan, terlebih Carolina Utara habis dihantam Badai Florence dan menyisakan banjir hebat di seperempat wilayah hingga melahirkan ribuan nyamuk raksasa di negara bagian Amerika Serikat itu.

Penampakan Nyamuk Raksasa Segede Uang Koin yang Menyerang North Carolina, Amerika Serikat

nyamuk raksasa

Ciri khas pada nyamuk berukuran super jumbo ini adalah memiliki kaki bergaris-garis seperti kuda zebra. Ukuran tubuhnya bisa lima kali lebih besar dari nyamuk kebon paling gede yang kerap dijumpai. Berasal dari keluarga Psorophora ciliata, spesies nyamuk ini dikenal sebagai petarung yang unggul. Bahkan ketika masih tahap larva, mereka akan “melahap” larva-larva dari spesies nyamuk lain.

Larva Psorophora Ciliata Sedang Mengkanibal Spesies Larva Nyamuk Lain

Psorophora Ciliata

Terapi Pengobatan dengan Obat Nyamuk ala Pendeta Afrika

Menurut Michael H. Reiskind, asisten profesor di Departemen Entomologi di North Carolina State University. Meski tubuh mereka gede banget kayak gaban, tapi Psorophora ciliata tidaklah berbahaya seperti nyamuk Aedes aegypti si penebar nyamuk demam berdarah. Namun nyamuk raksasa Psorophora Ciliata bisa membawa parasit cacing hati dari anjing, meski tidak benar-benar membawa penyakit berbahaya ke manusia.

Menurut Reiskind lagi, spesies nyamuk raksasa ini aslinya berasal dari seluruh Amerika Serikat bagian timur sampai sepanjang jalan menuju Ontario Selatan. ‘Secara umum, mereka cukup langka. Tapi ketika ada angin topan, maka akan mendapatkan ledakan besar dalam populasi dari nyamuk ini secara tiba-tiba, semua orang memperhatikan mereka.

Baca juga  Polisi Bulan Sabit Mengamuk Saat Ditangkap Polisi Indonesia

Nyamuk Raksasa Sebesar Koin

Mereka akan terus berkembang biak lebih banyak terutama pada genangan air, daerah berumput yang banjir, ladang pertanian, rawa-rawa dan rumah mantan imbuh Profesor Reiskind sambil menyisir rambut botaknya yang tinggal lima helai.