Kumparan Magnet Ini Bisa Melelehkan Besi Baja, Ohhh Begitu Ya..Kok Bisa?

Besi, logam padat yang terkenal keras, panjang kuat tahan lama dan sulit hancur bisa dilelehkan dengan cara memanaskannya, misal dengan membakarnya di suhu panas 1500 derajat celcius lebih. Selain itu dengan cara membanting besi, dipakai mukul mantan, melemparnya dari atas gedung hanya akan membuat besi atau baja bengkok keadaannya.

Namun selain dilelehkan dengan api ternyata kumparan magnet juga bisa melelehkan besi baja. Tanpa tersentuh sedikitpun, frekuensi magnet tersebut perlahan tapi pasti membuat besi mencair ludes bagaikan plastik yang dimasukkan bara api.

Kumparan Magnet Ini Bisa Melelehkan Besi Baja

Dalam rekaman video berjudul “melt metal with magnets” berdurasi 3 menit 30 detik terlihat sebongkah besi diletakkan di atas kumparan magnet, kemudian besi tersebut melayang terbang, terpanggang dan lama-lama mencair sambil mengeluarkan sinar berwarna merah muda.

Bagaimana cara kumparan magnet itu bisa melelehkan besi yang terkenal keras dan panjang? Padahal dilihat lebih seksama besi tersebut sama sekali tidak menempel ke Magnet

Rahasianya ada pada elektromagnetik yang dihasilkan kumparan magnet tersebut. Masih ingatkah kamu saat pelajaran SMP/SMA dulu, pasti pernah disuruh membuat sebuah magnet buatan dari kumparan kawat yang dialiri oleh listrik. Jadi begitulah caranya magnet melelehkan besi dengan memakai elektromagnetik.

Hanya intesitas kumparan dan listrik harus memiliki kapasitas besar. Ketika teraliri listrik maka di bagian kosong tepatnya ditengah-tengah lekukan kumparan akan menghasilkan medan magnet. Kemudian medan magnet akan menciptakan arus listrik dan lama kelamaan arus listrik yang sudah menyamber batang besi tersebut akan menjadi panas yang terus naik suhunya sampai membuat besi tersebut terbakar dan meleleh cair.