Faktor-faktor Penting Untuk Menggunakan HRIS (Human Resource Information System)

HRIS merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola atau mengatur sumber daya manusia yang digunakan management untuk mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan informasi yang didapat. Sistem ini dapat dibuat oleh masing-masing perusahaan atau dapat membelinya.

Faktor-faktor Penting Untuk Menggunakan HRIS (Human Resource Information System)

Tetapi jika memutuskan untuk membeli software agar dapat menjalankan sistem HRIS dengan baik maka perlu diperhatikan fasilitas yang diberikan oleh Software HRIS tersebut, karena beberapa software HRIS sudah memiliki kelebihan dari fungsi utamanya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan software hris adalah sebagai berikut:

1. Tujuan

Kerja secara efektif dan efisien tentu menjadi tujuan utama seorang pekerja dan memberikan dampak baik bagi perusahaan. HRIS dapat dikatakan efektif apabila software ini dapat menyimpan data dengan akurat serta sistematis. Sedangkan, secara efisien HRIS dapat mengurangi biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam melakukan kontrol data perusahaan.

Berkaitan dengan efisiensi maka software ini akan mengirim laporan kepada yang berkepentingan. Dalam pengembangannya HRIS harus disesuaikan agar semua kebutuhan dapat dicapai dengan lebih baik dari menggunakan HR dan Manager. Sehingga, diharapkan dengan adanya sistem ini maka perusahaan akan meminimalisir biaya untuk upah tenaga kerja karena dapat mengurangi jumlah karyawan dengan melalui sebuah sistem.

2. Fungsi

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, fungsi HRIS dapat dikembangkan lebih dari fungsi utamanya misal dengan fungsi barunya yang bisa digunakan dalam menilai karyawan, rencana promosi maupun rekruitment online yang dapat dilakukan.

Tentu saja, hal ini sudah lebih dari fungsi untuk menyimpan profil seluruh karyawan, perhitungan keuntungan perusahaan, serta perhitungan gaji karyawan. Sehingga, dengan adanya sistem ini perusahaan dapat mengetahui perkembangan kinerja karyawan dengan baik.

3. Keamanan

Baca juga  Dibantu Pacar, Tahanan Coba Kabur dari Sel Penjara

Data rahasia perusahaan harus dapat dijaga dengan baik oleh software HRIS. Oleh karenanya, Sebuah Aplikasi HRIS harus memiliki sistem keamanan yang baik agar tidak ada penyalahgunaan fungsi oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Selain mempertimbangkan security yang baik, dalam sistem ini juga perlu adanya sistem akses data yang aman dan mudah untuk orang yang memiliki kepentingan dengan semua data base perusahaan.

Itulah beberapa faktor yang penting mengenai penggunaan software HRIS. Kesimpulannya, setiap aplikasi HRIS ditujukan untuk memudahkan HRD agar bekerja secara efektif dan perusahaan mendapatkan efisiensi biaya, waktu dan kebutuhan sumber daya manusia dengan melalui fungsi yang dikembangkan dengan baik serta implementasi yang mudah dalam penggunaannya.

Manfaatkan aplikasi hris terbaik dari LinovHR untuk membantu menyederhanakan tugas tim HR dalam mengelola ribuan karyawan dalam perusahaan. Dengan menggunakan Software HRIS LinovHR, akan membantu HR dalam mengelola data dan informasi yang dimiliki oleh perusahaan anda, khususnya terkait dengan divisi HR, seperti administrasi data personal karyawan,gaji, PPh 21, BPJS, benefit, pinjaman karyawan, absensi, cuti, izin, lembur, performance management, ESS, Talent Management dan Rekrutmen.

Dapatkan akun trial gratis untuk mencoba aplikasi hris terbaik LinovHR, Lewat sini -> https://www.linovhr.com/software-hris/#/request-free-trial