Nenek Moyang Ikan Paus Ternyata Berkaki Empat Seperti Berang-berang

Paus si ikan raksasa (sebenarnya paus bukan termasuk golongan keluarga ikan) memang terkenal dengan ukuran tubuhnya yang super besar. Sebut saja Bailosaurus salah satu leluhur paus yang panjang tubuhnya mencapai 25 meter, berbeda dengan paus yang sekarang kita kenal berukuran jauh lebih kecil 3 sampai 5 meter.

Ada lagi fakta mengejutkan tentang paus, ya nenek moyang paus ternyata berkaki empat. Fosil paus punya empat kaki itu baru-baru ini ditemukan oleh para ahli Paleontologi dari Royal Belgian Institute of Natural Sciences, Olivier Lambert. Fosil nenek moyang paus tersebut sudah berusia 42 juta tahun, berasal dari zaman Eocene dan berhasil mengungkap gambaran baru mengenai evolusi serta penyebaran geografis hewan mamalia yang berada di air.

nenek moyang paus kaki empat

tak hanya bisa berenang nenek moyang paus juga bisa berjalan dengan ke empat kakinya

Pada spesimen fosil terlihat jelas memiliki ekor yang panjang dengan empat kaki dibadannya namun pada kakinya terdapat jari-jari berselaput mirip sekali dengan berang-berang. Panjang tubuh nenek moyang paus ini mencapai 4 meter lebih dan membuktikan dirinya bisa berenang di lautan sekaligus berjalan di daratan.

Para peneliti memberikan nama fosil ini sebagai Peregocetus pacificus yang artinya ikan paus yang berhasil mencapai Samudera Pasifik. Temuan mengejutkan ini sebagai bukti baru yang memberikan petunjuk kepada peneliti bagaimana nenek moyang paus bisa sampai ke lautan di benua Amerika serta penampakan wujud mereka ketika hidup disana.

Nenek Moyang Ikan Paus Ternyata Berkaki Empat Seperti Berang-berang

Kompak! Empat Hiu dan Buaya Makan Paus Raksasa

Bukan hanya fosil paus saja, sebelumnya para peneliti juga menemukan fosil ikan lumba-lumba yang juga memiliki empat kaki.

Sebelumnya fosil nenek moyang paus dan lumba-lumba yang ditemukan di Asia Selatan juga memiliki empat kaki. Tapi tidak diketahui kapan dan bagaimana spesies tersebut mulai menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga  Tradisi Kejam Memperlakukan Hewan di Berbagai Negara

Ini adalah bukti terlengkap dari kerangka paus berkaki empat yang tak dapat dibantahkan untuk seluruh Samudera Pasifik, sebagai yang tertua di Amerika sekaligus paling lengkap di luar India dan Pakistan. Keadaan fosilnya masih lengkap dan utuh, terlihat jelas sebagian besar tulang belulangnya termasuk rahang, kaki depan dan belakangnya. Begitu juga potongan tulang belakang dan ekor nenek moyang paus ini, imbuh Erich Fitzgerald, kurator senior paleontologi vertebrata di Museum Victoria, Melbourne.