kejadiananeh.com

Alasan Oli Bekas Gak Boleh Buat Pelumas Rantai, Nanti bisa Kendor Cuy!

Ini dicocol aja teruss..kurang banyak ahh olinya nanti rantenya keset, entu bagian bawahnya belum…Hal seperti ini mungkin pernah kamu alami, ketika melihat rantai motor tampak kering bahkan yang paling sadis sudah berkarat.

Tak ingin keluar duit lebih banyak biasanya para pemilik motor langsung datang ke bengkel elai elai untuk meminta oli bekas buat rante motor mereka. Padahal melumasi rantai motor dengan oli bekas sangat beresiko besar. Kenapa begituan?

Sebab oli bekas atau sisaan oli mesin yang sudah digunakan mengandung gram-gram bekas dalaman mesin yang menempel pada oli sehingga bisa membuat rusak rantai.

Kita tahu sendiri kalau oli mesin berfungsi sebagai pembersih antar komponen mesin, pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran di dalam silinder mesin atau akibat dari gesekan antar komponen serta pencegah karat selainnya fungsi pokoknya sebagai pelumas.

oli bekas gak boleh buat pelumas rantai

Ban Sepeda Anti Bocor Anti Pecah, Dijamin Kuat Ampe Pemiliknya Mati Suntuk

Belum lagi oli bekas yang tampak hitam dan dekil membuat penampilan motor jadi tidak menarik. Debu-debu akan mudah menempel pada rantai yang dilumuri oli bekas, ditambah oli nyiprat ke velg atau body motor.

Hanya Chain Lube yang aman untuk perawatan rantai agar berusia panjang. Jika rantai motor terasa sudah kotor atau kehitam-hitaman. Cara membersihkannya bisa memakai degreaser atau bahan yang lebih murah seperti sikat gigi pakai sabun colek. Setelah bersih kinclong jangan lupa untuk menyemprotnya lagi dengan cairan pelumas rantai Chain Lube.