6 Cara Jualan Laris di Instagram untuk Pemula

Semua penjual yang menawarkan barang maupun jasanya, pasti ingin produknya tersebut laku keras alias laris. Entah itu penjual offline maupun online lewat bisnis internet, mereka harus memiliki strategi khusus dalam berjualan. Hal ini juga berlaku pada seller yang melakukan kegiatan bisnis internet mereka melalui media sosial Instagram sebagai lapak jualannya.

Cara Jualan Laris di Instagram untuk Pemula

Sesuai dengan hasil data yang dirangkum oleh platform medsos Hootsuite dari Juli 20017 hingga Januari 2018, seiring berkembangnya internet yang cukup pesat membuat Instagram menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia di urutan ke-4. Meski posisinya masih kalah dari WhatsApp dan Facebook, namun penggunaan medsos ini lumayan besar mengingat IG baru dirilis 6 Oktober 2010.

Banyak fitur yang ada di IG yang dapat dimanfaatkan oleh penggunanya. Tak hanya digunakan untuk memajang foto-foto milik pribadi, Instagram juga bisa Anda gunakan sebagai ladang untuk cari uang lewat internet terutama dengan jualan produk/jasa; baik itu baju, sepatu, suplemen, jasa makeup artist, jasa fotografi, dll.

Lebih tepatnya, fitur yang ada di Instagram tersebut sangat mendukung Anda untuk membuat toko online di dalamnya. Mulai dari pebisnis pemula hingga brand perusahaan besar, mereka bisa dengan mudah menggunakan IG untuk mempromosikan produk yang dijual.

Meskipun fitur-fitur yang ada di IG sangat sederhana, dan semua orang bisa menggunakannya dengan mudah, hal ini tak semudah ketika Anda menjual produk melalui IG. Apalagi dengan harapan ingin cepat laris. Tentu Anda memerlukan usaha untuk menarik perhatian audience agar mampir di akun Anda.

Tidak seperti berjualan di toko-toko, menjual produk di IG memerlukan teknik dan strategi bisnis yang tepat agar produk cepat laku. Belum lagi Anda harus bersaing dengan para pebisnis online shop di IG dengan prroduk yang serupa.

Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar jualan di IG bisa laris. Cara-cara berikut ini juga sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin mencoba berbisnis online di media sosial.

  1. Buat Akun Khusus hanya untuk Jualan
Baca juga  6 Handphone Termurah di Dunia, Harganya tak lebih Mahal dari sebungkus rokok

Mungkin sebelumnya Anda sudah punya akun pribadi di Instagram yang selalu mempertontonkan kehidupan Anda. Kalau Anda ingin membuka bisnis olshop di IG, kini saatnya Anda buat akun khusus untuk jualan dengan nama toko online atau produk yang Anda jual. Akan lebih baik jika kita bisa fokus mengupload foto yang relevan dengan produk yang sedang kita jual. Tujuannya biar lebih profesional dan customer tidak bingung dengan materi foto/video yang gado-gado.

  1. Cari Followers Sebanyak-banyaknya

Mencari followers yang banyak tidak melulu dilakukan dengan cara yang salah, misalnya menggunakan jasa penambahan followers palsu. Tolong hindari cara ini karena akan berdampak buruk pada bisnis olshop Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan jumlah followers yang banyak dalam waktu singkat, Anda bisa mengikuti akun IG yang menjual produk serupa, di mana jumlah followers-nya sangat banyak. Dengan begitu, followers mereka akan menambahkan akun IG Anda.

Cara lain untuk memperluas jangkauan followers adalah dengan menambahkan hashtag di setiap postingan yang Anda buat, namun hashtag yang Anda cantumkan harus sesuai dengan foto atau caption yang Anda buat.

Jangan sampai saat Anda memposting kerudung syar’i, Anda mencantumkan hashtag: #jualkain, #pakaianpria, #bajukoko, dan hashtag-hashtag lainnya yang tidak berhubungan dengan kurudung syar’I tersebut.

  1. Upload Foto yang Wajar

Maksudnya adalah jangan mengupload foto dalam jumlah yang berlebihan setiap harinya. Mungkin ada sebagian akun bisnis yang mengupload foto sebanyak-banyaknya dalam kondisi akun tergembok, namun cara ini dinilai kurang baik. Hal ini akan membuat pengikut Anda menjadi bosan, dan bahkan bisa jadi unfollow akun IG Anda.

Sebelum mengupload foto, Anda perlu mengambil foto yang eyecatching dengan menggunakan kamera ataupun smartphone di tempat yang bagus pencahayaannya.

  1. Edit Foto agar Lebih Terlihat Menarik

Memotret foto saja kadang tidak cukup untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus, meski menggunakan kamera yang high class sekalipun. Yang harus Anda lakukan adalah mengeditnya menjadi lebih menarik untuk dilihat.

cara jualan di instagram

Untuk menemani tampilan foto yang menarik tersebut, Anda juga harus menambahkan caption yang dapat mengajak dan mempengaruhi para audience / followers agar membeli produk yang Anda jual.

Baca juga  Tips Alami Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Cepat

   5.Memberlakukan Diskon Produk

Siapa sih yang menolak kalau diberi diskon? Pasti tak mungkin ada yang menolaknya. Untuk itu, sebagai penjual Anda juga perlu memberlakukan diskon sewaktu-waktu, agar produk yang Anda jual lebih murah dibanding kompetitor Anda yang menjual produk serupa.

  6. Menampilkan Testimoni Pelanggan

Biasanya, para remaja atau orang-orang yang biasa membeli barang di olshop sering meninjau testimonial dari para pembeli. Karena dengan testimoni tersebut, mereka cenderung lebih percaya dengan produk yang Anda jual. Apalagi kalau Anda menampilkan foto di dalam testimoni tersebut.

6 Cara Jualan Laris di Instagram untuk Pemula

Untuk itu, selain komentar pelanggan yang merasa puas dan senang dengan produk Anda, Anda juga perlu menampilkan foto barang yang sudah diterima oleh para pelanggan. Pasti ada beberapa pelanggan yang mengirimkan bukti bahwa barang sudah jadi. Kalau belum ada satupun foto testimoni, Anda bisa meminta langsung kepada pelanggan Anda. Atau kalau mau anda juga bisa mengirimkan produk anda kepada blogger untuk direview dan nantinya bisa dipost ke pengikut blogger tersebut di blog dan akun sosmed. Ini namanya adalah kerja sama dengan influencer.

Jadi, itulah beberapa cara jualan laris di Instagram bagi pebisnis pemula. Selain hal-hal di atas, sebenarnya ada strategi lain yang bisa Anda lakukan. Misalnya memperbaiki foto profil dan keterangan di bagian data profil Anda. Tampilkan foto profil yang bagus dan sesuai dengan bisnis olshop yang Anda jalankan.

Anda juga bisa mencantumkan beberapa kontak yang bisa dihubungi oleh calon pembeli, seperti nomor WhatsApp, ID Line, pin BBM, nomor handphone, link website, dan lain sebagainya. Hal ini akan memudahkan pembeli dalam memesan produk yang Anda jual sehingga mereka akan dengan senang hati menjadi pelanggan setia Anda.

Semoga beberapa cara melariskan produk yang Anda jual di IG tersebut membuat Anda semakin sukses menjalankan bisnis online shop di akun Anda.