Cara Memandikan Anak Kucing

Kucing merupakan hewan yang paling sering ditemui di kehidupan sehari-hari. Kucing termasuk hewan yang umum dipelihara di rumah. Biasanya, banyak orang yang memelihara kucing saat kucing masih kecil. Dengan memelihara anak kucing, tentu ada rasa kesenangan tersendiri. Karena kebanyakan anak kucing itu masih bersikap lucu dan terkadang manja dengan kita. Namun, memelihara anak kucing tentu tidak mudah. Apalagi jika anak kucing tersebut aktif bermain di halaman rumah, pasti bulunya terkena kotoran dan debu. Untuk itu, kita harus mengetahui cara memandikan anak kucing agar kucing tetap bersih, wangi, dan sehat.

Langkah-Langkah Memandikan Anak Kucing

Langkah-Langkah Memandikan Anak Kucing

ilustrasi mandiin kucing

Memandikan kucing tentu tidaklah mudah, apalagi jika memandikan anak kucing. Karena anak kucing biasanya takut terhadap air. Tidak jarang pula anak kucing akan memberontak dan kabur saat dimandikan. Maka dari itu, penanganan yang baik dan benar saat memandikan anak kucing menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan. Berikut ini cara memandikan anak kucing yang dapat dilakukan dengan mudah.

  1. Mengetahui kapan waktu yang cocok untuk memandikannya

Sebelum memandikan anak kucing, pastikan terlebih dahulu waktu yang dirasa tepat untuk anak kucing tersebut mandi. Menurut okdogi anak kucing dapat dimandikan jika usianya sudah mencapai 8 minggu. Jika usianya masih dibawah 8 minggu, kita dapat memandikan anak kucing dengan handuk basah. Dengan memandikan kucing saat masih berusia muda, tentu akan membuat kucing terbiasa dengan air sehingga anak kucing tidak takut terhadap air.

  1. Menyisir bulu anak kucing

Cara memandikan anak kucing berikutnya adalah dengan menyisiri bulunya. Hal ini bertujuan untuk merawat bulu kucing agar tidak kusut saat dimandikan. Tidak jarang anak kucing merasa takut saat akan disisiri bulunya. Maka dari itu, kita harus membiarkan kucing terbiasa dengan situasinya dan bersabar menunggu sampai anak kucing benar-benar tenang saat disisir bulunya. Menyisir bulu kucing juga dapat membuat kita mengetahui apakah ada bulu kucing yang rontok namun masih menempel di badan kucing.

  1. Memotong kuku kucing

Kejadian yang sering terjadi saat hendak memandikan anak kucing adalah kita mendapat cakaran karena kucing memberontak dan tidak mau dimandikan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, disarankan untuk memotong kukunya terlebih dahulu. Potong kuku dapat dilakukan sehari sebelum anak kucing tersebut mandi. Berikan beberapa jeda waktu antara potong kuku dengan mandi. Karena mungkin potong kuku menjadi pengalaman baru bagi kucing sehingga kita harus berhati-hati dalam melakukannya.

  1. Membersihkan tubuh anak kucing
Baca juga  Saking Setianya, Anjing Ini Menunggu Majikan Sampai Mati di Bandara Kolombia

Cara memandikan anak kucing dapat dilakukan dengan memeriksa setiap bagian anggota tubuh kucing. Sebelum mandi, kita juga harus memastikan anak kucing bersih mulai dari mata, telinga, hidung, dan anggota tubuh lainnya. Kita dapat membersihkan mata kucing dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Sementara untuk telinga, gunakan cutton bud yang telah dibasahi dengan air hangat. Pastikan anak kucing nyaman saat kita akan membersihkan anggota tubuhnya. Jangan membuat anak kucing takut dengan kita.

  1. Pakai pelindung

Untuk menghindari dari cakaran kucing, saat memandikannya kita dapat menggunakan baju yang berlengan panjang. Cari pakaian yang sekiranya susah untuk ditembus dengan kuku kucing. Selain itu, jika perlu gunakan sarung tangan yang nyaman untuk memandikan kucing. Namun, ada baiknya jika kita memandikan kucing dengan tangan kita yang terlibat langsung dengan tubuh kucing. Hal ini dapat membuat kucing merasa nyaman dan tenang saat akan dimandikan.

  1. Menyiapkan keperluan mandi

Siapkan barang-barang yang sekiranya dipakai untuk memandikan anak kucing. Jangan lupa siapkan handuk yang memang benar-benar untuk kucing itu sendiri. Jangan gunakan handuk yang biasanya kita pakai untuk diri sendiri. Jangan lupa siapkan shampo. Untuk anak kucing, biasanya tempat yang cocok digunakan untuk memandikannya adalah di baskom, wastafel, atau di wadah yang lain. Cara memandikan anak kucing seperti ini tentu sangat efektif dan membantu.

  1. Isi air dengan tepat

Saat akan memandikan anak kucing, pastikan kita mengetahui takaran air yang tepat dan cocok untuk digunakan kucing itu mandi. Gunakan air hangat dengan suhu yang tepat agar nantinya kucing tidak kaget dan takut dengan air. Selain itu, suhu air yang tepat juga dapat membuat kucing bisa nyaman dengan air. Air yang diisi kedalam wadah mandi kucing dapat diisi setinggi kaki kucing. Hal ini agar kucing dapat terbiasa dengan air dan aman untuk anak kucing. Namun, jika anak kucing nantinya sudah terbiasa dengan air, kita dapat menambah ketinggian air hangat tersebut sedikit demi sedikit.

  1. Menenangkan anak kucing

Menenangkan kucing adalah cara memandikan anak kucing yang berikutnya. Sebelum kucing mandi, tidak jarang kucing akan berusaha kabur dari genggaman kita dan melakukan segala cara untuk lolos dan kabur. Untuk itu, menenangkan kucing memang perlu dilakukan agar kucing tidak trauma dengan air. Saat anak kucing akan dimandikan, jangan biarkan kucing langsung menghadapi air secara langsung. Kita dapat memasukkan kucing ke wadah yang berisi air hangat itu dengan perlahan dan dapat dimulai dari satu anggota tubuh, kemudian ke anggota tubuh yang lain. lakukan secara sabar dan perlahan agar kucing merasa nyaman. Saat memandikan, kita juga bisa mengelus-elus kucing agar kucing tidak takut dan tegang saat dimandikan.

  1. Basuh kucing dan berikan shampo
Baca juga  Video Tikus Dikeroyok 5 Kucing, Eh Kucingnya Malah Kabur Ketakutan Semua

Saat anak kucing sudah berda di dalam wadah, basuhlah dengan perlahan tanpa mengganggu kucing. Basuh kucing dengan lembut dan jangan sampai langsung terkena wajahnya. Setelah itu, beri shampo yang memang dikhususkan untuk kucing. Jangan gunakan shampo yang biasanya kita pakai, karena itu dapat membuat bulu kucing rusak. Usapkan sampo ke anak kucing dengan perlahan dan lembut. Bersihkan badan kuncing dengan shampo dari ekor sampai kaki depan. Jangan lupa membersihkan perut kucing dengan shampo juga.

  1. Bilas dan keringkan

Langkah berikutnya dalam cara memandikan anak kucing adalah dengan membilas anak kucing saat sudah diberi sampo. Bilas secara perlahan dan hati-hati. Bilas anak kucing dengan menggunakan air hangat. Saat membilas kucing, kita juga dapat menggunakan tangan untuk membersihkan bulunya dari sisa-sisa sampo yang masih menempel di badan kucing. Bilas tubuh anak kucing sampai benar-benar bersih. Setelah proses membilas, keringkan tubuhnya dengan handuk yang telah disiapkan. Usapkan handuk secara perlahan ke tubuh kucing. Kita juga dapat membalut tubuh anak kucing menggunakan handuk. Setelah itu, jangan lupa sisir bulu kucing agar tidak kusut.

Itulah beberapa cara memandikan anak kucing yang dapat kita lakukan. Lakukan setiap langkah demi langkah dengan hati-hati. Jangan sampai anak kucing menjadi trauma karena penanganan mandi yang tidak tepat. Namun, jika kita benar-benar tidak mengetahui cara menangani anak kucing untuk mandi, kita juga bisa meminta bantuan orang lain untuk memandikannya. Tapi, alangkah baiknya jika kita bisa mengurus anak kucing sendiri, karena tentunya itu akan membuat kita dekat dengan kucing.