Ingin Anaknya Pintar dan Gemuk, Ibu Suapi Anaknya Kecebong Hidup

Banyak cara yang dilakukan oleh para ibu agar anak-anak mereka tumbuh berkembang sehat dan pintar. Namun terkadang ada juga yang mempraktekkan cara-cara nyeleneh yang belum teruji secara medis. Seperti ibu asal China ini, dengan santuy ia menyuapi anak laki-lakinya kecebong hidup.

Dalam tayangan video berdurasi 28 detik itu terlihat sang ibu membujuk putranya tersebut agar mau memakan benda hitam yang bergerak-gerak di dalam mangkok. Ini ikan kecil, ikan kecil, enak banget kok, pulen! Padahal benda hitam itu bukanlah ikan melainkan anak kodok alias si kecebong.

Ingin Anaknya Pintar dan Gemuk, Ibu Suapi Anaknya Kecebong Hidup

Goliath, Kecebong Raksasa Terbesar di Dunia yang Dijuluki Si Raja Kecebong

Dalam waktu sepekan sejak video itu beredar, dikecam oleh banyak netijon di China. Mereka menganggap apa yang dilakukan oleh sang ibu sangat keterlaluan. Meski begitu sebagian netijon lainnya terutama kalangan tua membela tindakan si ibu kecebong tersebut.

Diketahui ternyata praktek memberi makan kecebong untuk balita maupun anak-anak ini sudah ada sejak jaman dulu, era dinasti Ming sekitar tahun 1500-an yang diperkenalkan oleh Dokter sekaligus ahli herbal Li Shizen dalam jurnalnya The Compendium of Materia Medica.

Dipercaya Kecebong hidup mempunyai efek medis untuk mengobati penyakit kulit seperti psoriasis, scabies, penyakit eksim dan cutaneous pruritus sehingga mereka mengajarkan anak-anaknya untuk makan kecebong hidup. Selain itu kecebong juga berkhasiat untuk membuat anak menjadi pintar dan bertubuh gemuk.

Namun ini hanyalah teori masa lalu yang belum teruji kebenarannya. Justru memakan kecebong hidup alias mentah-mentah bisa membuat tubuh kita terkena infeksi dalam yang disebut sparganosis.

Sparganosis ini disebabkan oleh cacing pita parasit genus Spirometra yang terdapat dalam inang hewan air seperti amfibi maupun reptil. Dengan manusia memakan daging katak mentah, setengah matang yang konon katanya bisa mengobati penyakit kulit, radang mata justru dapat terinfeksi plerocercoids.

Jangankan daging, dengan meminum air mentahpun kita bisa terkontaminasi copepoda (crustacea kecil yang hidup di air tawar), ini sangat membahayakan tubuh manusia.