Ambergris, Muntahan Paus Sperma Bernilai Miliaran Rupiah

Muntah sudah tentu menjijikkan apalagi kalo disuruh ngebersihin, etdah makin panjang aja penderitaan hidup. Tapi tidak dengan Ambergris alias muntah Paus, karna muntah ini sangatlah berharga hingga laku dijual miliaran rupiah tergantung seberapa berat muntahan puas tersebut, makin berat ya makin mehong.

Bukanlah cerita pepesan kosong, baru-baru ini seorang nelayan Thailand temukan muntahan Paus senilai 4 miliar rupiah. Nelayan 55 tahun bernama Jumrus Thiachot itu awalnya sedang berjalan di pantai Koh Samui dan tak sengaja menemukan bongkahan muntah Paus berharga itu.

Gambar Paus Sperma, bukan Ikan Paus ya Cuy….Karna Paus adalah Mamalia

paus sperma

Nenek Moyang Ikan Paus Ternyata Berkaki Empat Seperti Berang-berang

Sontak muntah Paus yang sudah seperti fosil batu itu dengan malu-malu unch ia simpan di rumahnya. Setelah 1 tahun baru ia melaporkan temuannya tersebut kepada pejabat otoritas. Setelah diteliti laboratorium diketahui bah wa memang benar itu muntahan Paus asli yang dijuluki sebagai ambergris.

Tak berapa lama banyak para pejabat pemerintahan, makelar sue yang datang menghampiri rumahnya dan menawar muntahan Paus itu. Sampai di akhir lelang muntahan seberat 7 kilogram itu berhasil terjual 4,4 miliar rupiah. Penjualan muntah Paus itu juga disaksikan langsung oleh Witchawuth Jinto selaku Gubernur Provinsi Surat ThaniĀ  bersama para ahli biota laut.

Aku sungguh beruntung dan sepertinya akan pensiun dini sebagai Nelayan. Aku akan mencoba berjualan es kepal milo saja beserta cilor. Selain itu mau kawin lagi, sebab istriku yang sekarang kurang agresif imbuh Thiachot bersungut-sungut.

Lalu mengapa Ambergris alias muntahan Paus bisa begitu mahalnya hingga dihargai Miliaran Rupiah?

Ini muntahan paus sperma milik Nelayan Thailand yang laku terjual 4,4 miliar rupiah

Ambergris sendiri diproduksi oleh paus sperma ketika saluran empedu mereka yang berada di saluran pencernaan membuat sekresi untuk memudahkan jalannya benda besar atau tajam yang sulit dicerna. Namun dugaan sementara ambergris tidak keluar dari mulut, melainkan dari alat pemotong tai alias anus bool karena baunya.

Biasanya, para paus sperma ini akan mengeluarkan zat ini akibat “salah makan”. Salah makan yang dimaksud adalah ketika paus sperma menelan benda tajam yang sulit dicerna, misalkan paruh cumi raksasa. Saat menelan benda semacam itu, mereka akan menciptakan sejenis lapisan lemak yang kemudian dikeluarkan. Dan paling sering ditemukan adalah para paus sperma jantan yang melakukan hal tersebut.

Ambergris

Beruntung banget dah si akang gara2 nemuin Ambergris doang jadi horang kaya dadakan

Kompak! Empat Hiu dan Buaya Makan Paus Raksasa

Paus akan memuntahkan lendir yang mengeras dan berbau busuk. Setelah mengering potongan ini akan beraroma lebih wangi sehingga digunakan dalam industri parfum karena baunya yang tahan lama dan berharga fantastis.

Pada bulan April tahun 2016 lalu, ambergris seberat 1,57 kilogram ditemukan di Lancashire dijual seharga 50 ribu euro atau sekitar 900 juta rupiah. Dan masih ditahun yang sama pada bulan Nopembernya, tiga nelayan asal Oman berhasil menemukan muntahan Paus Ambergris seberat 80 kilogram, dalam lelang muntahan Paus itu berhasil dijual 43 miliar rupiah, Wow amajing!