6 Destinasi Wisata Paling Ikonik di Solo

Bicara soal pergi berlibur, tentu ada beberapa hal yang membuat Anda merasa tidak sah bila mengunjungi suatu tempat akan tetapi tidak mengunjungi salah satu destinasi terbaiknya. Salah satu kota yang memiliki banyak tempat ikonik ialah Solo. Kota yang dapat diakses hanya satu jam dari Yogyakarta ini menyimpan banyak sekali destinasi yang wajib Anda kunjungi. Dengan memesan tiket travel jakarta solo Anda sudah dapat berangkat dari ibukota dan menikmati enam destinasi wisata terbaik di kota yang mempunyai nama lain Surakarta ini.

  1. Museum Manusia Purba Sangiran

Seperti namanya, Museum Manusia Purba Sangiran merupakan sebuah museum arkeologi yang berlokasi di Desa Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Objek wisata sejarah-edukasi ini letaknya tidak jauh dari situs fosil purbakala Sangiran, yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Dengan luas sekitar 56 km persegi, tempat ini tidak hanya difungsikan sebagai destinasi wisata, tapi juga pusat penelitian oleh arkeolog dari dalam dan luar negeri yang ingin mengetahui kehidupan manusia pada zaman prasejarah.

  1. Pura Mangkunegaran

Istana yang dibangun dengan sangat indah dan megah ini merupakan tempat kediaman resmi pemimpin Kadipaten Praja Mangkunegaran. Bangunan yang terletak di Jalan Ronngowarsito ini telah berhasil menjadi pusat budaya dan seni Kota Solo. Saat memasuki area pura, Anda akan melihat halaman luas dan bangunan berarsitektur khas Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Begitu masuk ke bagian dalam pura, Anda akan disambut oleh pendopo bergaya Eropa-Jawa lengkap dengan seperangkat dengan gamelannya, Kyai Kanyut Mesem.

  1. Kampung Batik Kauman

Di objek wisata belanja yang letaknya tidak jauh dari Keraton Kasunanan Surakarta ini, wisatawan bisa mendapat aneka batik dengan motif dan corak yang beragam. Banyak wisatawan yang sengaja mampir kemari untuk memborong batik, baik sekadar untuk oleh-oleh khas Solo maupun dijual kembali. Harga batik di sini pun bervariasi, mulai dari yang murah hanya dalam kisaran ratusan ribu sampai yang mahal hingga jutaan rupiah.

6 Destinasi Wisata Paling Ikonik di Solo

Sumber foto http://rri.co.id/surakarta/post/berita/538493/gaya_hidup/new_galabo_kini_bertransformasi_jadi_surga_kuliner_solo.html

  1. Galabo Solo

Di sini, wisatawan bisa dengan mudah menemukan aneka makanan sedap yang dijajakan sampai tengah malam. Salah satu tempat berkunjung kuliner yang wajib dikunjungi saat berada di kota ini adalah Galabo Solo. Terletak di Jalan Mayor Sunaryo, atau tepatnya di depan Pusat Grosir Solo, Galabo menyediakan aneka kuliner khas Solo yang nikmat dan murah meriah. Ada sekitar 50 stand pedagang yang digelar setiap pukul 17.00 sampai dengan pukul 24.00 di tempat wisata di Solo yang satu ini. Tidak heran kalau Galabo selalu ramai pengunjung dari berbagai kalangan, terutama mahasiswa.

  1. Kebun Binatang Taru Jurug

Taman Satwa Taru Jurug ini didirikan pada tahun 1870 oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai tempat konservasi flora dan fauna. Seiring waktu, koleksinya pun kian bertambah. Di tempat wisata di Solo ini, pengunjung bisa menjumpai beragam satwa langka seperti misalnya merak hijau, harimau Sumatera, iguana, komodo, dan sebagainya. Kebun Binatang ini berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Kentingan, Jebres, Solo, tepatnya di sebelah kampus Universitas Sebelas Maret, Kebun Binatang Taru Jurug ini tidak hanya murah, tapi juga cocok dikunjungi bersama si kecil. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp8.000, Anda sudah bisa melihat aneka satwa di tempat wisata di Solo ini.

  1. Pandawa Water World Solo Baru

Tempat wisata di Solo ini menawarkan sensasi wisata seru berupa wahana atau permainan air yang cocok dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Di Pandawa Water World terdapat patung-patung besar Pandawa lima. Harga tiket masuk ke objek wisata ini adalah Rp80.000 pada hari biasa dan Rp100.000 per orang pada akhir pekan.