Elang Harpy, Burung Elang Terbesar dan Terkuat di Dunia yang Sempat Dianggap Editan Photoshop

Gambar Elang Harpy yang belakangan ini viral di Internet, sempat digadang-gadang hoax. Yaps wajar kalau banyak netijen menyangsikannya, menganggapnya editan photoshop sebab seperti dalam foto ukuran elang itu sangat besar sekali, lebih gede dari anjing, kambing bahkan mantan kamu.

Faktanya jenis Elang Harpy memang paling besar di keluarga besar elang dengan tinggi body dari kepala sampai tunggir rata-rata mencapai 89 sampai 105 centimeter. Jika kedua sayap elang Hary dikembangkan dapat mencapai 2,24 meter lebih, persis seperti penampilan manusia yang memakai baju burung, ngerii bener kan cuy?

Selain kuat dan terbesar di dunia, Elang Harpy juga dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat, menjadikannya sebagai burung pemburu jagoan

Ukuran satu ceker tangannya saja melebihi kepalan tangan pria dewasa, cakar elang Harpy dewasa 13 centimeter masih lebih besar daripada Beruang Grizzly yang hanya punya cakar sekitar 7 sampai 10 cm saja.  Dengan cakar sebesar itu, memiliki kekuatan sebesar 50 kilogram.

elang terbesar di dunia

Burung Garuda Ditemukan Kembali, Ini Wujud Asli Garuda sang Legenda Indonesia

Jadi jangan ditanya lagi soal kekuatannya, memiliki fisik seperti itu menjadikan Elang Harpy sebagai burung paling kuat di dunia sekaligus rantai predator teratas. Dengan kemampuan terbang 80 km/jam membuatnya mudah untuk mendapatkan mangsa seperti ular, landak, monyet, rubah dan kadrun.

Burung Elang Terbesar dan Terkuat di Dunia

Sayangnya jumlah elang Harpy nyaris punah, jumlahnya sangat sedikit jika dibandingkan dengan jenis elang lainnya. Udah gitu kalo punya anak cuma satu doang dan itu pun setiap tiga tahun sekali. Sampai saat ini jumlah Elang Harpy tak lebih dari 50 ribu di seluruh dunia dan membuatnya sebagai salah satu hewan yang amat-amat dilindungi.

Noh cekernya gede banget kayak Gaban

Burung Kedasih, Burung Paling Jahat di Dunia! Lebih Jahat dari Kelakuan Mantan Kamu!

Elang Harpy sendiri terdapat dua jenis yaitu Elang Harpy Amerika dan Elang Harpy Papua. Hutan Nasional Carajás di Para, Brazil adalah habitat untuk berkembang biak elang pemangsa Harpy yang memang sengaja di desain sebagai surga tempat tinggal mereka agar tidak punah dari kehidupan dunia.