Fenomena Masak dan Makan di Lubang WC Toilet Menjadi Hal Lazim di India

Masih hangat dalam ingatan kita bagaimana fenomena boker menghantui kota Jakarta, ya dimana para pemilik rumah sebisa mungkin menawarkan Toiletnya untuk dipakai para tetangga yang ingin meledakkan bom hiroshimanya.

Jauh di negeri seberang, tepatnya India nehi-nehi ada pemandangan yang tak lazim namun seolah menjadi biasa bagi masyarakatnya. Masak dan makan di lubang WC Toilet bukan lagi hal yang aneh, begini ceritanya:

Gara-gara Banjir Wanita India masak makanan di Wadah lubang WC Jongkok

Fenomena Masak dan Makan di Lubang WC Toilet Menjadi Hal Lazim di India

Ini bukanlah kisah pepesan kosong tapi benar-benar terjadi di Desa Ghazipur, India. Lewat situs Times of India beredar sebuah video yang menjadi viral bagaimana seorang wanita India nehi-nehi tengah sibuk memasak makanannya di lubang pembantaian EE itu.

“Ini sangat mengasyikkan, aku bisa memasak telor ceplok sambil bools ku sibuk memotong tai, imbuh si wanita.

Perkampungan kami memang sedang dilanda banjir hebat dan nyaris menggenangi seluruh rumah penduduk. Aku bukanlah satu-satunya orang yang terpaksa masak makan sekaligus mencuci di dalam toilet, karna memang toilet menjadi satu-satunya tempat yang tidak dibanjiri oleh air.

Makan, Masak dan Tidur di Dalam Toilet

Di India Masak di Lubang WC hingga Makan di Toilet

Tak kalah menyedihkan, kemiskinan membuat seorang penjaga toilet bernama Premraj Das harus ekstra berhemat. Ia tinggal di Kota Delhi dimana semua harga makanan dan sewa kost disana lumayan ngehek mahalnya. Ia bekerja sebagai penjaga toilet hanya mendapatkan gaji sekitar 1,3 juta perbulan dan itu pun untuk menghidupi istri dan ketiga anaknya di desa.

6 Makanan Menjijikkan, Jorok Tapi katanya Paling Enak Sedunia

Agar bisa mencukupi ia terpaksa tinggal gratis di Toilet yang ia jaga, semua aktifitas ia lakukan di dalam ruangan kecil toilet umum tersebut. Dari memasak makanan sampai ketika malam tiba ia juga tidur disana sampai pagi dan bekerja kembali.

Air Lubang Kloset mampet untuk mencuci piring 

Dasar aji mumpung, air lubang kaktus yang mampet bukannya dibenerin justru dimanfaatkan oleh oknum petugas kereta di  Sampark Kranti, dari Bengaluru ke Bhatinda. Seorang penumpang berhasil mengabadikan momen langka tersebut.

Petugas Kereta Ini Cuci Peralatan Makan Dekat Lubang WC

Dalam tayangan video terlihat seorang petugas kereta  mencuci piring dan perlengkapan gelas di air lubang Kloset Jongkok. Dengan santuy satu persatu piring dan gelas itu ia rendam, dikobok-kobok di genangan lubangnya dan kemudian di lap sampai kering.

Panti Asuhan Masak Makanan di Toilet

Sekali lagi kemiskinan terpaksa membuat orang nekat, meski penyakit mengintai di depan mata. Sebuah panti asuhan anak-anak bernama Anganwadi di wilayah Madhya Pradesh India menuai kritik tajam karna para pengurusnya memasak hidangan untuk anak-anak di dalam Toilet.

Panti Asuhan Masak Makanan di Toilet

9 Makanan Enak yang Ternyata Beracun Mematikan

Seorang pegawai membelah diri bahwa ini karna keterpaksaan, dengan keterbatasan tempat dan tidak ada bantuan dari pihak pemerintah, padahal mereka sudah meminta bantuan. Namun pernyataan ini dibantah keras oleh Priyanka Bunkar, selaku Project Officer of Women and Child Development Department di India.

Dengan terkekeh-kekeh Priyanka menjelaskan alasan para pegawai Panti lebih senang memasak di dalam kamar mandi, sebab kurangnya saluran air di dapur mereka.

Jadi air di toilet tentu saja lebih lancar, dan tidak semua dapur memiliki tempat air. Mereka kemudian sengaja memindahkan dapur ke kamar mandi.

“Ini sangat-sangat tidak sehat, anak-anak butuh nutrisi yang sehat, ini masak makanan di kamar mandi sangat rentan akan bakteri. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana mereka bisa santuy memasak, sementara seorang teman mereka dengan black holenya asik memotong tai di lubang WC, imbuh Priyanka bersungut-sungut.