Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Malang

Malang, tidak hanya menjadi pusat belanja dan berlibur, tetapi juga tempat yang tepat bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan alam dengan biaya akomodasi terjangkau. Sebelum pergi ke Malang, sebaiknya kamu membeli promo tiket lion air, karena penerbangannya biasanya lebih murah dan bisa membantu menghemat anggaran.

Sesampainya di kota Malang, jangan lupa untuk mampir ke Batu. Tempat tersebut memiliki banyak wisata air terjun yang sangat indah dan tersebar di beberapa lokasi. Jika kamu ingin sedikit mencari sesuatu yang berbeda dan bermain air dengan panorama mengagumkan, sebaiknya kunjungi beberapa rekomendasi air terjun di Malang, berikut ini.

Coban Tundo

Coban Tundo merupakan salah satu air terjun yang terkenal di Malang. Supaya bisa mencapai tempat tersebut, kamu harus menempuh perjalanan setidaknya tiga jam dari kota Malang menuju Gunung, Tambakasri, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur. Medan yang ditempuh cukup curam. Kamu dapat menyewa motor untuk masuk ke dalam, atau rela berjalan kaki.

Rekomendasi Tempat Wisata Air Terjun di Malang

Sumber foto : https://blogkulo.com/air-terjun-coban-tundo-malang/

Keunikan dari Coban Tundo, air terjun ini tidak hanya memiliki satu aliran saja, melainkan tiga. Coban Tundo satu berada di urutan paling atas dan sangat aman. Kedalaman kolam hanya mencapai  meter dan pengunjung bisa menyewa pelampung. Sedangkan Coban Tundo dua memliki kedalaman kolam hingga 7 meter dan tinggi air terjun 10meter.

Namun, tempat ini paling bagus, karena terdapat batu besar untuk kalian yang ingin melakukan jumping. Coban Tundo tiga memiliki kedalaman hingga 15 meter dan cukup berbahaya untuk para perenang pemula.

Coban Pelangi

Bagi kamu yang gemar mendaki gunung, air terjun Coban Pelangi pasti sudah tidak asing lagi. Letaknya berada dekat dengan Gunung Semeru dan masih bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo. Bagi kamu yang ingin kesana harap berhati-hati. Medan yang ditempuh cukup curam hingga mencapai kemiringan 45 derajat dan sangat licin.

Letaknya berada di ketinggian 1.400mpl dan suhu di sana mencapai 19 derajat celcius sehingga sangat dingin. Jika ingin menikmati indahnya pelangi di air terjun ini, sebaiknya kamu datang pada pukul 10.00 pagi hingga 14.00 siang. Pasalnya, setelah itu, pelangi akan hilang karena tertutup kabut.

Coban Talun

Coban Talun merupakan tempat wisata air terjun yang sangat cocok untuk anak hingga orang tua. Tempatnya berada sekitar 10 menit dari kota Batu, Malang. Jalur yang dilewati juga tidak terlalu curam. Meski aman, namun arusnya cukup besar, karena debut air berasal dari hulu sungai Brantas, sehingga tetap harus berhati-hati.

Usai menikmati keindahan air terjun, kamu bisa memanjakan mata dengan beragam fasilitas yang tersedia. Kamu bisa melihat beragam jenis bunga asli dan tanaman hias lainnya. Anak-anak juga bisa bermain di wahana Apache, yang menyajikan instalasi seperti kampung Indian dari suku Apache.

Tidak hanya itu, kamu dapat melihat wisata kampung Pagupon atau sangkar burung merpati yang berbetuk rumah dan dapat disewa. Terakhir, bagi kamu yang gemar tantangan, jangan lupa untuk mencoba menyewa motor trail atau ATV. 

Air Terjun Sumber Pitu Tumpang

Air terjun satu ini tidak boleh dilewatkan dan wajib kamu kunjung. Air Terjun Sumber Pintu Tumpang menyajikan keindahan alam yang sangat luar biasa. Tempat ini menyuguhkan tujuh aliran air terjun dari 1 sumber mata air, yang mampu memberikan kesegaran dan keindahan tidak ternilai.

Latar belakang hijau dari pepohonan dan dikelilingi oleh batu besar, membuat kamu tidak ingin beranjak setelah sampai di lokasi ini. Jagan lupa untuk berendam sejenak dan menikmati dinginnya air yang begitu segar, sembari mendegarkan gemericik tumpahan air yang mengalir.

Coban Tumpak Sewu

Terletak di perbatasan Kabupaten Lumanjang dan Kabupaten Malang, Coban Tumpak Sewu ini nampak seperti air terjun Niagara yang terdapat di Amerika Utara. Bagaimana tidak? Air terjun ini berada di setiap sudut tebing yang mengalir deras kearah bawah secara melingkar dan memenuhi pegunungan hijau, seperti sebuah tirai.

Sayangnya, meski memiliki keindahan yang luar biasa, untuk mencapai dasar dari air terjun ini cukup sulit. Kamu harus melewati medan yang cukup jauh dan menantang. Berjalan menggunakan kaki saja tidaklah cukup. Sesekali kamu membutuhkan bantuan tangga dan tali supaya tidak terpelosok.

Jadi, mana destinasi wisata air terjun yang ingin kamu kunjungi?