Tips Membeli Kendaraan Bermotor, Baca Dulu Sebelum Menyesal!

Dalam membeli kendaraan bermotor, Anda tidak disarankan untuk membelinya secara sembarangan supaya tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Banyaknya dealer kendaraan motor yang ada di area Anda. Hal ini menjadi alasan mengapa membeli motor selalu dihampiri perasaan dilema.

Untuk bisa menemukan kendaraan terbaik yang cocok untuk diri Anda bukan berasal dari kendaraan yang memiliki harga mahal. Karena harga yang mahal belum tentu bisa dijadikan sebagai jaminan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda mengikuti tips berikut.

Ada 6 tips yang perlu diperhatikan ketika membeli bermotor supaya tidak menimbulkan kekecewaan di kemudian hari nanti. Karena tidak mungkin kan, jika setelah membeli motor baru, Anda langsung menjualnya? Tentu hal ini akan memberikan kerugian bagi diri Anda sendiri bukan?

Inilah 6 tips yang wajib diperhatikan ketika membeli motor baru, yaitu:

1.     Kunjungi Dealer Motor yang Terbaik

tips membeli kendaraan bermotor

ilustrasi memilih motor

Silakan kunjungi dealer motor ternama yang ada di daerah tempat tinggal Anda. Dealer ternama tentu akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada para konsumennya, termasuk menginformasikan seputar kendaraan yang dijualnya, baik dari segi spesifikasi, performa, bahan bakar, harga, pembelian secara tunai atau cash dan informasi lainnya.

2.     Ketersediaan Budget

Ketersediaan uang menjadi pengaruh yang paling besar pada saat Anda hendak membeli motor. Anda harus menyediakan sejumlah uang seharga motor yang hendak dibeli. Apabila Anda ingin harga motor yang lebih murah, cobalah menghadiri pameran otomotif.

Dalam pameran otomotif, akan seringkali menghadirkan beberapa kendaraan baru yang dibanderol dengan harga lebih murah dan banyak diskon. Jika tidak ingin menghadiri pameran, Anda harus benar-benar menyiapkan dana sebelum datang ke dealer motor.

3.     Membeli Baru Atau Bekas

Membeli motor baru atau bekas di zaman sekarang ini bukan menjadi hal yang aneh, karena jika dana Anda tidak mencukupi untuk membeli kendaraan baru, Anda pun bisa melakukan pembelian kendaraan dalam kondisi bekas atau setengah pakai.

Baca juga  13 Motor Tercepat Termahal dengan Desain Paling Keren

Masing-masing kondisi kendaraan baru atau bekas memiliki plus minusnya sendiri, sehingga Anda harus mempertimbangkan hal ini dengan baik.

4.     Pemilihan Merek

ilustrasi motor pilihan

Kita tinggal pada zaman milenial yang segala sesuatunya mudah dicari. Namun tetap memberikan kerumitan bagi Anda karena banyaknya motor yang bermunculan di dunia otomotif dengan desain yang menarik, fitur kendaraan yang semakin canggih.

Hal ini seringkali membuat para masyarakat merasa dilema ketika hendak membeli kendaraan agar Anda tidak salah dalam memilihnya. Sebaiknya Anda cari tahu mengenai kelebihan maupun kekurangan dari merek kendaraan yang ingin Anda beli lebih dulu.

Sementara merek mobil berpengaruh pada pencarian suku cadang, service, harga sparepart atau yang lainnya. Semakin banyaknya suku cadang, maka akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan servis atau perawatan motor.

5.     Performa dan Kenyamanan

Membeli motor tidak hanya memperhatikan dari segi harganya saja, karena Anda juga harus memperhatikan dari segi kenyamanan dan performa dari kendaraan itu sendiri. Dengan demikian, Anda harus melakukan test drive di jalanan.

Melakukan test drive memiliki tujuan supaya bisa mengetahui performa dan kenyamanan kendaraan secara nyata. Terutama ketika dikendarai dalam jalanan yang macet, tanjakan atau medan lainnya.

6.     Asuransi Kendaraan

Menggunakan asuransi kendaraan di zaman sekarang ini menjadi hal yang sangatlah penting. Karena asuransi tidak hanya berlaku pada manusia saja, melainkan kendaraan pun juga sudah banyak yang diasuransikan.

Tips Membeli Kendaraan Bermotor, Baca Dulu Sebelum Menyesal!

ilustrasi motor idaman

Sebelum membeli kendaraan bermotor, sebaiknya Anda menanyakan pada pihak dealer, apakah menyediakan layanan asuransi kendaraan maupun tidak. Jika dealer tersebut menyediakan asuransi maka hal ini mampu memudahkan Anda dalam menggunakan layanan asuransi.

Dalam asuransi kendaraan, Anda bisa memilih asuransi TLO dan asuransi all risk.  TLO berarti, Anda mendapatkan penggantian biaya pada kendaraan yang mengalami kerusakan parah, atau lebih dari 75%. Sementara asuransi all risk akan memberikan jaminan secara menyeluruh, baik itu kerusakan besar atau kerusakan kecil.

Baca juga  Salamander, Mobil Anti Banjir Roda 3 yang Jadi Idaman Warga Jakarta Ok Bokeh

Membekali diri dengan informasi yang lengkap sebelum membeli motor dapat membantu Anda supaya bisa menemukan jenis kendaraan terbaik sesuai yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda tidak perlu merasa khawatir ketika dihadapkan dengan banyaknya pilihan kendaraan yang ada di dealer.