kejadiananeh.com

Fakta dan Mitos Seputar Skincare, Pecinta Skincare Wajib Baca Ini

Penggunaan skincare kini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi para wanita untuk sebagai perawatan pada kulit wajahnya. Namun, walaupun begitu benarkah kabar yang beredar tentang skincare atau perawatan kulit wajah yang ada di masyarakat benar adanya?

Nah, untuk tahu kira-kira apa saja fakta dan mitos seputar skincare. Berikut ini saya akan jelaskan tentang fakta dan mitos seputar skincare yang mungkin masih belum kamu ketahui. Langsung saja yuk simak.

Fakta dan Mitos Seputar Skincare

Pengguna skincare harusnya memiliki pengetahuan secara detail tentang produk skincare yang digunakan agar penggunaannya maksimal. Nah, berikut ini beberapa informasi tentang fakta dan mitos seputar skincare yang wajib kamu tahu.

1. Penggunaan Pelembab

Mitos

Mitos pertama yang seringkali orang salah adalah tentang pelembab. Banyak orang yang beranggapan bahwa bagi pemilik kulit berminyak tidak harus menggunakan pelembap ataupun moisturizer.

Tentu hal ini sudah sering kita dengar dan pastinya ada banyak pengguna skincare yang juga mempercayai mitos satu ini.

Fakta

Pada faktanya pada kriteria kulit wanita berusia 20 tahun terdapat natural moisturizing factor yang mana dalam beberapa waktu akan berkurang secara perlahan.

Sedangkan pada jenis kulit kering ataupun berminyak juga sebisa mungkin menggunakan pelembap, karena manfaatnya sangat penting untuk mencegah kulit dehidrasi ataupun bisa mempertahankan kadar air pada kulit.

2. Kandungan Eksfoliasi pada Skincare Membuat Wajah Cerah

Mitos

Ada banyak produk skincare yang mengandung eksfoliasi guna untuk menghindari kulit terlihat kusam. Bagi para wanita kemungkinan besar akan merasa kulit terlihat kusam setiap hari.

Oleh karena itu mereka akan memilih produk skincare dengan kandungan eksfoliasi.

Padahal ada beberapa faktor penting yang membuat kulit bisa lebih cepat kusam.

Fakta

Namun, pada faktanya ternyata over oxfoliate ini justru bisa memberi dampak kurang baik bagi kesehatan kulit. Setiap hari kulit harus membutuhkan perawatan sederhana dan jangan terlalu over.

Sehingga dampak buruk yang bisa dirasakan ketika kamu melakukan over oxfoliate ini adalah menjadi kering, iritasi, ataupun terkikis pada lapisan paling atas.

3. SPF Mampu Melindungi Kulit dari Matahari

Mitos

Kadar SPF pada skincare bisa memberi dampak baik dalam melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Fakta

Memang benar bahwa SPF dengan kadar tinggi bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun, sebenarnya hal ini jangan  terlalu diharapkan. Karena angka yang ada pada  SPF atau Sun Protection Factor tersebut hanya bisa memberi proteksi dalam beberapa jam saja. Sehingga kebutuhan kulit akan nutrisi lagi-lagi menjadi faktor penting agar penggunaan SPF lebih tepat dan juga lebih aman.

4. Micellar Water Mampu Membersihkan Wajah

Mitos

Setelah menggunakan micellar water untuk membersihkan kulit wajah, tidak perlu cuci muka lagi karena wajah sudah bersih.

Fakta

Faktanya pernyataan tersebut adalah salah karena micellar water hanya berfungsi untuk mengangkat kotoran dan sisa make up. Bukan berarti wajah sudah bersih sempurna. Micellar water yang terserap diwajah dalam waktu lama akan membuat wajah terlihat kusam.

5. Kulit Orang Indonesia Tahan Terhadap Sinar Matahari Jadi Tidak Perlu Skincare

Mitos

Kriteria kulit masyarakat Indonesia lebih tahan terhadap sinar matahari.

Fakta

Masih ada fakta dan mitos seputar skincare dimana kriteria dari kulit masyarakat Indonesia sebenarnya dipengaruhi banyak faktor. Melanin pada kulit orang Indonesia ini terbilang lebih tinggi dibandingkan kriteria dari negara-negara lainnya.

Akan tetapi bukan berarti kulit masyarakat Indonesia bisa terus terpapar sinar matahari dalam waktu jangka panjang. Karena kriteria kulit Asia ini terbilang lebih mudah gelap dibandingkan kulit dari negara Eropa.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja fakta dan mitos seputar skincare yang wajib kalian ketahui?

Dari sekarang jangan salah paham lagi ya. Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.