kejadiananeh.com

Apakah Motor Listrik Bisa Nyetrum saat terendam banjir?

Jangan bawa motor hujan-hujan cuy, nanti kalo kejebak banjir ente bisa mencret kesetrum baterai motor. Mitos seperti ini masih sering kita dengarkan tentang bahayanya kendaraan berlistrik, padahal faktanya terkena air hujan ataupun sekalinya banjir tubuh kita tidak akan pernah tersetrum listrik, kecuali emang lagi apes :d

Keren-keren pisan nih desain Motor Listrik Magnum

Image by magnum molis indonesia

Tapi untuk pengecualian tersebut ada syaratnya yakni baterai pada motor listrik harus buatan pabrik yang sudah memenuhi SNI ISO, bukan baterai buatan modifikator yang terbatas dan tidak memiliki standar legal. Karna baterai listrik yang resmi untuk bagian paling dalamnya sudah dilapisi lapisan sejenis resin, beginian penjelasan lebih lengkap;

Tentu saja ketika arus litrik bertemu air akan menyebabkan baterai lithium meledak, dan ini harus tetap kedap maka penggunaan lapisan resin akan mencegah oksigen masuk ke dalam kemasan baterai.

Contoh motor-motor listrik yang terjamin kerapatannya seperti Magnum molis, Viar, Gesits atau Selis itu baterainya sudah sealed rapet wangi. Lalu bagaimana dengan bagian mesin motor listrik lainnya seperti dinamo dan controller ?

Unch..unch… tenang saja karna kedua komponen listrik ini tidak akan terkena dampak buruk jika terkena genangan air ataupun banjir, kecuali emang sengaja dilelepin berminggu-minggu bambang!