kejadiananeh.com

Dengan NIP 010000001, Ini PNS Pertama di Indonesia

Sudah scan surat akreditasi kamu? Sebagai salah satu syarat untuk mengikuti seleksi CPNS yang lagi banyak dibuka di akhir Desember 2019 ini. Ingin jadi PNS sekarang memang ribet ya gak kayak jaman duluuu, tapi bersyukurlah berkat keribetan itu semua proses seleksi CPNS jauh lebih jujur, lebih transparan.

Udah sulit sekali untuk kolusi seperti CPNS titip-titipan pejabat. Anaknya si onoh, mantunya si onoh pokoknya semua harus melewati proses tes yang berlapis-lapis.

Foto PNS Cantik Indri feat PNS mirip Neng Miyabi

Ngomong-ngomong soal PNS tau gak kamu siapakah orang yang pertama kali menjadi PNS di Indonesia? Ya sudah pasti sosok tersebut juga pemilik pertama NIP alias Nomor Induk Pegawai PNS.

Sekilas tentang NIP, nomer ini sebagai identitas sah PNS yang diakui oleh negara. Angka2 yang terdapat pada NIP tidak sembarangan karna menunjukkan tempat tanggal lahir, bulan dan tahun pengangkatan, jenis kelamin dan indeks urutan.

Contoh : NIP 19830429 200912 1 003 artinya Lahir di tahun 1983 bulan April tanggal 29 dan menjadi PNS pada tahun 2009 bulan Desember dengan Jenis Kelamin Laki-laki dan Nomor Urut 003….lebih jelasnya perhatikan gambar beginian;

Namun di jaman dahulu belum ada format NIP seperti ini hanya murni indeks urutan saja. Dan inilah NIP Pertama PNS di Indonesia dengan nomor 010000001. Adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX pemilik NIP tersebut, beliau yang masih keturunan Raja Keraton Yogyakarta menjadi orang yang pertama kali diangkat menjadi pegawai negeri sipil di negeri tercinta kita ini.

Beliau diangkat oleh almarhum A.E Manihuruk selaku Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara (sekarang berganti menjadi BKN) pada tanggal 1 Nopember 1974.

Apakah benar dan bukan hoax kalau Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS pertama di Indonesia?

Bukti Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah PNS Pertama di Indonesia

Berita tersebut ternyata sudah dibenarkan dan diklarifikasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Andi Rahadian selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik PANRB mengatakan sudah jelas kalau almarhum Hamengku Buwono menjadi PNS yang pertama kalinya, itu sudah pasti tidak salah karna NIP nya 010000001 imbuh andi sambil terkekeh-kekeh.