kejadiananeh.com

6 Wabah penyakit paling mematikan selain Covid-19

Bukan hanya di jaman kita saja yang mengalami wabah penyakit mematikan. Tahukah kamu. jauh lebih mengerikan dari serangan virus corona, di jaman nenek moyang kita pun ternyata sudah mengalaminya.

Wabah Black Death (1347-1353)

Bisa jadi tak ada yang mengalahkan kengerian dari wabah Black Death yang terjadi di tahun 1347 sampai 1353. Wabah ini menjadi penyebab kepunahan massal manusia, lebih dari 200 juta populasi di dunia terbanyak angka kematian di wilayah eropa.

Tingkat penyebaran wabah black death berawal dari Asia tepatnya dari Hubei yang kemudian menyebar ke Eropa melalui para pedagang Mongolia ke Eropa.

Salah satu kejadian paling tragis adalah kota Caffa di Laut Hitam yang kala itu sedang dikepung oleh bangsa Mongol. Menggunakan taktik curang para tentara mongol melemparkan jasad-jasad prajuritnya yang terinfeksi wabah black death ke dalam kota sebagai senjata biologis.

Virus Inluenza, Flue Spanyol (1918-1920)

Lebih dari sepertiga populasi manusia di bumi berakhir dengan kematian tragis, ya 50 juta orang tewas akibat terinfeksi virus H1N1 ini.

Padahal di masa itu masyarakat pun sudah melakukan sosial distancing seperti era corona yang kita alami sekarang. Sudah melakukan karantina, rajin cuci tangan tetap saja tidak mengurangi tingkat penyebaran flue spanyol.

Asal mula penyakit Flue Spanyol diyakini pertama kali muncul di tahun 1916 di rumah sakit Étaples, Prancis yang sedang merawat tentara Inggris selama perang dunia 1.

Influenza dengan mudah menyebar melalui parit persembunyian para prajurit yang lembab dan basah sampai akhirnya penyakit mewabah ke seluruh dunia.

Wabah Justinian (540-542)

Mirip dengan Black Death yang disebabkan oleh Bakteri Yersinia Pestis, wabah Justinian juga dibawa oleh hewan perantara Tikus. Saat itu kapal-kapal dagang penuh dengan tikus ketika berlayar ke Mesir.

Dari Mesir, Alexandria sampai ke Palestina dan kemudian mulai menyebar ke seluruh bumi. Wabah Justinian ditularkan oleh tikus ke manusia melalui gigitan kutu yang hinggap di ketek dan selangkangan item. Setelah terinfeksi akan menyebabkan demam tinggi hingga meninggal dunia. Jumlah kematian akibat wabah Justinian mencapai 25 juta jiwa.

Virus Cacar

Dimasa kita sekarang cacar setidaknya bukanlah penyakit berbahaya, tapi sebelum ada vaksin cacar, virus ini menjadi peringkat pertama wabah paling mematikan dengan jumlah korban lebih dari 300 juta manusia, sejarah menuliskan 90% populasi penduduk asli Amerika meninggal karena cacar yang dibawa oleh para penjajah Eropa.

Wabah Antonine (165-180)

Di jaman kuno wabah penyakit juga sudah eksis salah satunya adalah wabah Antonine.

Gejala dari wabah Antonine ini adalah diare, batuk, demam, tenggorokan kering, dan memiliki papula merah.

Wabah tersebut mengakibatkan para tentara yang melakukan march dari Roma ke Mesopotamia di akhir tahun 165, mengalami sakit. Mereka yang terjangkit memiliki kulit dengan papula merah dan hitam yang akhirnya menjadi keropeng. Wabah pun menyebar ke seluruh Kekaisaran Romawi.

Para peneliti memperkirakan penyakit ini seperti campak atau cacar karena mereka yang telah terjangkit dan kemudian sembuh memiliki kekebalan tubuh. Jumlah kematian akibat wabah Antonine mencapai 5 juta jiwa.

Menurut cerita legenda, wabah Antonine disebabkan oleh seorang prajurit Romawi tanpa sengaja membuka peti emas di kuil Apollo, dan membebaskan wabah terkutuk dari segelnya yang mengakibatkan para dewa marah hingga akhirnya menjadi penyebab kematian massal manusia.

HIV/AIDS (1920 sampai dengan sekarang)

Puncak pandemi AIDS tertinggi terjadi di tahun 2005 hingga 2012. Virus HIV diduga berasal dari Kongo melalui Simpanse ke manusia pada tahun 1920. Kemudian terjadi lagi kasus AIDS di Amerika Serikat yang diderita oleh pria gay yang juga pecandu heroin.

Menurut data UNAIDS kematikan akibat penyakit AIDS sudah lebih 36 juta orang sampai hari ini.

Namun meski AIDS menjadi salah satu penyakit mengerikan kita dapat hidup berdamai dengannya selama kita bisa membatasi diri seperti tidak bercocok tanam sembarangan, penggunaan jarum suntik yang steril, pembuatan tato di tempat yang profesional agar terjamin kebersihannya dll.

Dan sebenarnya masih banyak lagi wabah penyakit yang tak kalah mematikannya, kamu pasti juga sering mendengarnya yaitu demam berdarah, flu babi, kolera, Virus Marburg, virus ebola, Hanta, Rotavirus dan yang sedang trending saat ini pandemik Covid-19.