kejadiananeh.com

4 Lampu Bohlam Paling Awet di dunia, Usianya lebih dari ratusan tahun

Dalam kurun waktu satu tahun, berapa kali kamu mengganti lampu bohlam di rumah? Mengganti bohlam yang sudah mati, tentunya merupakan hal yang biasa dan lumrah dilakukan. Pertimbangan utama ketika kamu membeli bohlam adalah melihat kualitas dan tahan lamanya bohlam tersebut bertahan, yang sebanding dengan harganya seperti lampu Philips.

Disadari atau tidak, seiring dengan perkembangan zaman, bohlam yang kamu pakai semakin cepat mati, entah memang disengaja demikian karna mengejar harga murah atau mahalnya sparepart lampu bohlam berkualitas tinggi.

Sebagai perbandingan, berikut 4 lampu bohlam paling awet di dunia yang masih menyala hidup sejak ratusan tahun lalu hingga kini. Loh kok bohlam jadul malah lebih awet ya, bisa lebih dari seabad gitu :d

Ediswan Bulb

Bohlam Ediswan sudah eksis menyala sejak tahun 1883. Hingga saat ini lampu bohlam tersebut telah menyala selama 138 tahun. Bohlam ediswan pertama kali dimiliki oleh keluarga Crook, yakni Florence Crook yang kemudian diwariskan secara turun temurun.

lampu bohlam paling awet 4 Lampu Bohlam Paling Awet di dunia, Usianya lebih dari ratusan tahun

Saat ini pemilik dari Ediswan Bulb adalah Beth Crook yang merupakan cucu dari Florence Crook. Bohlam Ediswan merupakan hasil rancangan dari produsen lampu ternama, Ediswan Factory. Desain unik yang dimiliki oleh Ediwan Bulb ini diduga sebagai penyebab awetnya bohlam ini, sebab Bohlam didesain unik dengan 6 rangkaian kawat sebagai sumber listriknya.

Fire Museum Bulb, York County, Pennsylvania (c.1903)

Meski telah menyala sejak tahun 1903-an, ternyata bohlam fire museum baru ditemukan pada tahun 1980 oleh seorang penjaga museum saat sedang memeriksa ruang bawah tanah. Diperkirakan bohlam museum fire ini telah menyala selama 118 tahun.

Bohlam ini sekarang disimpan di salah satu museum yang terletak di York City, Pennsylvania. Sebelumnya, bohlam museum Fire disimpan di ruang bawah tanah.

Namun dengan alasan keamanan, baru-baru ini Fire Museum Bulb dipindahkan ke ruang pameran agar bisa diawasi. Sekarang pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana hebatnya lampu bohlam paling awet Fire Museum.

The Centennial Bulb (1901)

Bohlam yang menjadi icon kota Livermore, salah satu kota yang terletak di California ini telah menyala sejak 1901. Bohlam yang terletak di Gedung Pemadam Kebakaran kota Livermore, hingga tahun 2021 ini telah menyala selama 120 tahun.

lampu bohlam berusia ratusan tahun 4 Lampu Bohlam Paling Awet di dunia, Usianya lebih dari ratusan tahun

Bohlam centennial mendapatkan perawatan istimewa dari warga setempat karena dianggap sebagai simbol harapan. Bahkan saking cintanya terhadap bohlam ini, warga setempat merayakan hari ulang tahun The Centennial Bulb setiap tahunnya.

The Eternal Light (1908)

Awalnya bohlam the Eternal Light berada di Byers Opera House di Kota Fort Worth Texas, Amerika Serikat. Bohlam yang pernah tercatat dalam Guinnes Book of World Records sebagai bohlam paling awet di dunia ini, telah menyala sejak tahun 1908.

Lampu Bohlam ini menyala selama 113 tahun lamanya. Namun sayangnya, rekor juara yang pernah disabet oleh The Eternal Light ini harus rela diberikan kepada bohlam lain diatas.

Asal usul Nama The Eternal Light yang diberikan pada lampu bohlam ini memiliki cerita yang unik. Setelah dipindahkan ke salah satu museum, bohlam ini pernah mati karena adanya gangguan listrik di mesum. Setelah itu, bohlam ini menyala kembali sendiri. Dari situlah julukan The Eternal Light diberikan pada bohlam paling awet menyala di dunia tersebut.