Aneh, ada angsa terbang terbalik 360 derajat di Belanda

Masyarakat kota Arnhem di Belanda gempar ketika melihat sekelompok angsa terbang diatas langit biru. Salah satu dari mereka tampak ganjil terbang terbalik 360 derajat dengan posisi kaki sempurna diatas. Apakah yang sedang terjadi pada angsa itu? apakah dia terluka?

Nampaknya angsa itu baik-baik saja, dia hanya sedang memamerkan keahlian terbangnya dan ingin membuat kawanannya terkesan dengan trik barunya itu. Manuver terbang ini disebut dengan istilah “whiffling” yakni unggas akan terbang turun meluncur dengan cepat sambil zig zag memutar, kadang hanya terbalik saja.

Gerakan ini lazim dipakai sebagai pertahanan terhadap predator, misalkan serangan dari arah atas dari burung elang yang hendak memangsanya. Tapi tidak semua unggas bisa melakukannya.

Foto angsa terbang terbalik di Belanda ini diabadikan oleh fotografer Vincent Cornelissen

Sejak foto tersebut diunggah dan viral di instagram oleh fotografer Vincent Cornelissen. Vincent berkomentar bahwa si angsa itu sedang pamer kepada teman-temannya dan mungkin temannya tidak bisa melakukan kelihaian sama seperti dia.

Begitu uniknya foto angsa terbang terbalik ini sampai seorang Profesor dari Universitas Instanbul mengedit hasil jepretan foto saya dengan tanda panah hanya untuk memberitahukan murid-muridnya tentang aerodinamika imbuh Vincent sambil menopang dagu dengan jam tangan di sebelah kanan.