Dwaraka Kota Emas yang Tenggelam Misterius Seperti Atlantis

Di dunia ini, kita bisa menjumpai berbagai macam kisah misterius tentang suatu tempat, kejadian, dan lainnya. Salah satu yang cukup menarik untuk dibahas adalah Dwaraka? Tahukah kamu apakah itu?

Mengenal Kisah Kota Dwaraka

Bicara tentang kota yang tenggelam, tentu kita pasti langsung teringat dengan kisah peradaban Atlantis. Cerita-cerita luar biasa hingga teori konspirasinya menimbulkan dua kubu pro dan kontra. Ini juga terjadi dengan Dwaraka dimana berasal dari Epos Mahabharata untuk kemudian dikenal sebagai kota Emas. Berikut kisah-kisah menarik di baliknya.

Dipercaya Sebagai Tempat yang Sangat Indah dan Megah

Sama seperti bayangan tentang kota pada umumnya, Dwaraka juga mempunyai peradaban tentang adanya bangunan, pemimpin, pemandangan alam sekitarnya, dan lain sebagainya. Pada Epos Mahabharata tersebut dikatakan bahwa kota ini dipimpin oleh Sri Krishna serta mempunyai sejumlah bangunan megah terbuat dari emas, perak, zamrud, hingga kristal.

Sang raja yang amat sangat disegani itu tentunya tidak mungkin tidak punya ratu? Pastinya ‘kan? Nah, ia bahkan membangunkan istana untuk ke-16.108 ratunya. Luar biasa. Oleh sebab itu, kotanya mendapatkan julukan ‘City of Gold’ atau ‘Kota Emas’ sebab kemegahan yang ditampakkan oleh rajanya. Hal ini juga bisa jadi spekulasi betapa makmur sumber daya alam di dalamnya.

Mengapa Bisa Hilang?

Tentu dari kalian semua sedang bertanya-tanya, kok bisa ada sebuah peradaban lalu kemudian menghilang?

Sama seperti kisah misterius kota tenggelam Atlantis, ada banyak misteri yang menyelimutinya. Konon, Dwarka hilang ditelan lautan. Wilayah yang terdiri dari PUlau Dwarka dan Antar Dwipa tersebut hilang sebab Krishna telah pindah ke asalnya dan Kepal Utama Yadawa tewas dalam perkelahian.

Arjuna menggambarkan kisah tenggelamnya Dwaraka dalam Mahabharata dengan menjelaskan bahwa keindahan sangat tampak, namun satu per satu bangunan mulai tenggelam. Hanya beberapa detik saja semua yang ada di dalamnya sudah hilang ditelan oleh lautan tidak bersisa sama sekali. Laut berubah jadi tenang layaknya danau.

Fakta Kisah Pilu Ditelannya Kota Megah oleh Samudra Luas

Kalau kalian baca sejarah atau legenda zaman dulu, pasti tidak akan pernah luput dari yang namanya keajaiban. Ini juga terjadi pada kisah Dwaraka dimana lenyap sepeninggalan kekuasaan Sang Raja Sri Krishna selama 36 tahun.

Tempat tinggal tersebut awalnya makmur dan damai, hingga mulai munculnya konflik. Tak diketahui pasti mengapa bisa tenggelam di dalam samudera. Menurut kisahnya dalam Mahabharata sendiri, Krishna sudah pernah meramalkan jika akan ada perpindahan penduduk kotanya.

Ada Secuil Cahaya Tentang Kebenaran Lenyapnya Kota Dwaraka

Buat kalian yang masih bergelut dengan pikiran tentang bagaimana mungkin sebuah kota bisa tenggelam, kini bisa sedikit tercerahkan. Melalui sebuah situs bernama Grid, ada penelitian mengatakan bahwa menemukan reruntuhan atau sisa-sisa bangunan kuno dari Dwaraka. Ini dibuktikan dengan ciri kemegahan bangunannya serta usianya yang sudah super lama banget.

Bukti tambahan lain yang cukup menguatkan adalah ditemukannya sisa rumah, koin, gerabah, gelang kaki dan tangan dimana merupakan aksesoris khas masyarakat daerah tersebut, dan lainnya. Walaupun tidak ada 16.108 istana ditemukan sisanya, ya tapi setidaknya kumpulan reruntuhan tersebut bisa menjadi bukti kalau peradaban Dwaraka itu pernah ada di dunia.

Itulah kisah misterius berupa hilangnya kota bernama Dwaraka dari dongeng populer Mahabharata. Entah apapun kebenaran di baliknya, setidaknya bukti dari peneliti bisa dijadikan bahan kajian lebih mendalam lagi demi kemajuan pengetahuan kita.