5 Ikan berwujud aneh, dari kulit kebab sampai bergigi manusia

Berwajah aneh dengan bentuk tubuh yang juga tak kalah anehnya, kalau kejadian di Indonesia nih pasti si ikan sudah dipitnah dibilang hewan jadi-jadian 😀 Oh iya tapi ada juga yang memang berasal dari Indonesia loh.

Ikan bergigi mirip manusia

Melihat bentuk gigi pada ikan ini mirip sekali dengan gigi orang dewasa, mulai dari taring sampai gigi gerahamnya. Tapi yang menyeramkan bagian bawah dekat lidah dipenuhi juga dengan gigi-gigi besar. Berita tentang ikan bergigi manusia ini sempat heboh ketika seorang nelayan bernama Nathan Martin di South Mills, North Carolina menangkapnya.

Nathan sontak kaget tersungut-sungut melihat pemandangan tak biasa pada ikan hasil tangkapannya. Selain bergigi banyak, wujud mulutnya pun aneh mirip seekor domba. Usut punya usut ternyata ikan ini bernama sheepshead atau nama ilmiahnya Archosargus probatocephalus. Jadi bentuk keanehan wujudnya bukanlah karna kelainan genetik tapi memang udah dari sononya, dari kakeknya kakek si ikan.

Ikan unik berkulit kebab

Siapa yang tak suka kebab, heem lecker. Tapi kalau ada ikan yang berkulit sisik seperti kebab apa masih mau memakannya? Seorang pemancing bernama Tom Borsworth kaget tersungut-sungut ketika memperoleh ikan aneh dengan wujud tak biasa, itu karna kulit ikannya mirip tortila atau kulit kebab maupun shawarma.

Tom tak sengaja menangkap ikan itu di laut Tampa Bay, Amerika bersama kedua temannya. Berita ini sempat mengejutkan masyarakat setempat, namun sudah mendapat klarifikasi dari lembaga Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FFWCC).

Dihalaman facebooknya dengan follower seucrit itu, FFWCC menjelaskan bahwa ikan aneh kulit jelek mirip kebab ini adalah filefish orange dengan nama ilmiah Aluterus schoepfii. Ini bukanlah pertama kalinya mereka mendapatkan laporan, setiap tahun ada saja orang yang mengirim foto ikan tersebut dan meminta mengidentifikasinya.

Hiu muka babi

Dari hidungnya yang besar sampai pipi bulat seperti babi, ya hiu ini mukanya memang mirip sekali dengan si babi ngok ngok. Apakah ini hasil perkawinan silang? Emak hiu selingkuh dengan om babi. Ditemukan oleh awak kapal angkatan laut yang sedang transit di pantai Darsena Medicea, di Kota Portoferraio, Pulau Elba, Italia.

Namun setelah diteliti oleh para ilmuwan biologi laut, hewan tersebut sebenarnya adalah angular roughshark atau Oxynotus centrina. Mereka hidup di kedalaman laut 700 meter dan entah apa yang membuatnya muncul ke permukaan dan tak sengaja tertangkap nelayan. Hiu ini termasuk golongan hewan yang terancam punah.

Ikan mirip alien

Adalah Cookiecutter shark atau hiu pemotong kue. Eksistensi ikan hiu ini dikenal dengan kemampuannya membunuh, merobek daging mangsanya sampai menjadi potongan-potongan kecil, dia benar-benar beringas.

Lihat juga 13 Ikan Raksasa Berwajah Paling Seram

Bermata hijau dengan wajah menyeramkan mirip alien ikan hiu pemotong kue ini dapat tumbuh sampai 50 cm. Menghuni laut dalam dengan gigi runcing mereka dapat memakan hiu putih yang ukurannya jauh lebih besar 10 kali lipat. Mereka juga dengan mudahnya mengoyak tubuh manusia.

Hiu berwajah manusia

Ikan dengan wujud paling aneh terakhir ditemukan di negara kita sendiri Indonesia. Yaps sebuah temuan hiu berwajah manusia sempat bikin geger masyarakat di Rote Timur, NTT. Tapi ikan berwujud aneh bukanlah dari keturunan nenek moyangnya melainkan karena kelainan genetik. Ini adalah bayi hiu biasa yang lahir cacat hingga sampai memiliki wajah aneh mirip manusia itu.