7 Desa Paling Unik di Indonesia, Melihat Sisi Lain Nusantara

Daya tarik Indonesia bisa dilihat dari berbagai sisi, tak cuma dari panorama alam tentunya namun juga budaya di seluruh pelosok negeri. Setiap daerah punya adat istiadat berbeda, jadi tak heran jika wisatawan lokal maupun internasional terus bertambah dari tahun ke tahun di desa paling unik di Indonesia.

Daftar Desa Unik di Indonesia

Desa unik misalnya, menyimpan berbagai tradisi, kondisi hingga kisah misteri yang berkembang di dalamnya. Dengan lebih dari 74 ribu pulau seluruh Indonesia, tak heran jika sederet kawasan tersebut menjadi destinasi incaran masyarakat. Berikut ini daftarnya:

Desa Keterbelakangan Mental, Ponorogo

Seperti namanya, empat desa yang terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini memiliki banyak warga dengan keterbelakangan mental. Tercatat setidaknya ada lebih dari 400 warga dengan kondisi mental bermasalah, hingga sempat menjadi sorotan media internasional.

Jika menilik sejarah, kondisi ini terjadi bukan tanpa sebab melainkan karena krisis pangan dan kemiskinan yang terjadi pada era 1960-an. Saat itu, para wanita hamil hanya mengkonsumsi umbi-umbian sebagai satu-satunya sumber makanan. Akibatnya, para bayi lahir dengan kondisi kekurangan gizi dan yodium hingga memicu penyakit gangguan jiwa.

Desa Tengkorak, Bali

Berikutnya ada Desa Trunyan, Bali atau kerap disebut desa tengkorak lantaran potongan tengkorak manusia akan mudah ditemukan di setiap sudut.

Hal ini terjadi lantaran tradisi setempat yang tidak memakamkan mayat di bawah tanah, melainkan dibiarkan begitu saja hingga membusuk dan menjadi tengkorak. Karena itulah, ada banyak tengkorak manusia yang bertumpuk atau terurai namun uniknya tidak mengeluarkan bau busuk.

Kampung Kembar, Jakarta

Kali ini ada kampung unik yang berada tepat di pusat kota yakni Jakarta Timur. Seperti namanya, ada puluhan warga yang terlahir kembar mulai dari rentan usia 3 tahun hingga 49 tahun. Kampung ini berada tepat di Kelurahan Malaka, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kondisi ini sebenarnya terjadi karena faktor genetik, dimana beberapa orang kembar menikah dengan kembar lainnya sehingga jumlahnya terus meningkat.

Kampung Hujan, Papua

Di sudut timur Indonesia juga ada kawasan yang dikenal dengan nama kampung hujan. Bukan tanpa alasan, daerah yang terletak di Teluk Cendrawasih, Nabire Papua ini memang selalu diguyur hujan saat sore hari. Bukan hanya saat musim hujan, melainkan pada musim kemarau hujan akan selalu turun lantaran faktor geografi kawasan.

Desa Baduy, Banten

Membahas desa unik tentu tak akan lengkap jika tak menyebut Baduy. Sejak dulu, kawasan ini terkenal sebagai wilayah adat yang terletak persis di Pegunungan Kendeng, Desa Kenekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Orang-orang Baduy sangat menutup diri dengan kemajuan teknologi layaknya di perkotaan. Mereka bahkan tidak menggunakan listrik dalam keseharian demi menjaga tradisi setempat.

Nyaris tak tersentuh teknologi, orang-orang Baduy nyatanya hidup dengan sangat tenteram dimana setiap sudut kawasan terlihat asri bahkan banyak sungai jernih dan hutan lebat yang indah. Menjaga kelestarian alam merupakan salah hal yang terus mereka lakukan hingga saat ini.

Kampung Kasur Pasir, Madura

Di Madura terdapat sebuah kampung unik bernama kampung kasur pasir dimana penduduk di tiga desa tidur beralaskan pasir.

Kebiasaan ini bukan tanpa alasan, lantaran masyarakat setempat percaya jika tidur di atas pasir akan menghindarkan dan menyembuhkan dari berbagai macam penyakit. Jadi jangan heran jika kamu menyambangi kawasan ini dan tidak menemukan tempat tidur sebagai alas.

Kete Kesu, Toraja

Sejak dulu Toraja, Sulawesi Selatan dikenal sebagai kawasan dengan tradisi yang sangat kental. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan tengkorak manusia yang tersusun rapi di setiap sisi tebing. Tradisi setempat memang terbiasa membiarkan mayat tanpa dikubur langsung melainkan diletakkan di tebing.

Ada berbagai tradisi, terutama upacara kematian di Toraja dengan sebuah pesta besar sehingga menarik wisatawan tak hanya lokal namun juga internasional. Beberapa adat lain seperti pembersihan jenazah juga menjadi turun temurun dalam kepercayaan sebagian besar masyarakat.

Itulah sederet desa paling unik di Indonesia, sisi lain nusantara yang belum kita tahu. Jika tertarik mengunjungi berbagai kawasan tersebut, ingat untuk selalu menghargai ada istiadat setempat yah.