5 Hewan yang Paling Setia dengan Pasangannya

Buaya

Nah, kaget tidak kalau buaya ada di pilihan pertama hewan paling setia di muka bumi? Loh kok bisa? Bukannya buaya punya sifat ‘buaya darat’ alias suka gonta-ganti kekasih? Well, ternyata tidak seperti itu faktanya. Hewan melata satu ini justru kesetiaannya tinggi sama pasangan. Mereka akan memilih pasangannya terdahulu/sebelumnya saat musim kawin.

Ibarat ‘udah nyaman ngapain cari yang baru’, sang buaya tidak akan terpikat oleh pesona kawanan lainnya. Mereka mampu mengenali sang belahan jiwa dengan sangat baik. Istilah ‘buaya darat’ yang dibuat oleh manusia sungguh tidak berbanding terbalik dengan sifat asli para buaya. Oleh sebab itu, jangan sembarangan men-judge lagi ya.

Burung Merpati

Burung merpati jadi hewan setia karena hanya mempunyai pasangan sebanyak satu saja selama hidupnya. So sweet banget, ‘kan? Kamu juga pasti sering dengar kalau merpati itu lambangnya cinta dan kesetiaan. Memang tidak salah, karena spesies ini memiliki cara membangun hubungan yang romantis sehingga membuatnya jadi inspirasi terutama manusia.

Keromantisan dari Burung Merpati ini bisa kamu saksikan ketika mereka bekerja bersama-sama dalam membangun sarang. Sarang tersebut kemudian menjadi tempat bagi sang betina untuk menetaskan telur dan menyaksikan keturunan mereka menetas di sana. Jadi, bukan hanya sekedar setia saja nih, dalam hubungan juga selalu terlihat harmonis.

Angsa

Binatang satu ini tidak boleh ketinggalan kalau sedang bicara cinta. Di gambar-gambar romantis, hiasan pernikahan, dan lainnya, angsa jadi simbol kesetiaan. Mereka sering mengaitkan leher satu sama lainnya bersama sang pasangannya sampai maut memisahkan tidak akan pernah lari ke lain hati. Pokoknya, pilihannya sudah sangat mantap dan tidak bisa berpaling.

Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata rasa setia angsa ini ada batasannya oleh. Mereka akan meninggalkan pasangan apabila tidak mampu menghasilkan keturunan lagi. Sedih ya? Tapi itulah kebenarannya yang mana sebagian besar dari kelompok hewan ini tetap menunjukkan rasa sayang sampai kapan pun.

Kupu-Kupu

Binatang terbang ini disukai karena bentuknya yang cantik penuh corak warna-warni. Ternyata buat kamu yang ngefans cuma sekedar fisiknya saja, pasti langsung terpukau ketika mengetahui sifat aslinya. Kupu-kupu ini setia banget sama pasangannya. Tidak lain tidak bukan ini terjadi ya karena umur hidup mereka yang tidak terlalu panjang.

Ketika kesetiaan mereka diuji, maka para betina biasanya akan mengatupkan sayapnya jika ada kupu jantan lalu dan bukan si pasangannya. Ini bentuk penolakannya karena ingin menunjukkan bahwa dirinya bukan single lagi alias sudah taken. Oleh sebab itu, dia jadi salah satu simbol rasa setia yang dapat dijadikan inspirasi manusia.

Burung Hantu

Hewan yang dianggap menyeramkan ini ternyata menyimpan fakta tidak banyak orang ketahui. Burung hantu sangat setia terhadap pasangannya. Ini mereka lakukan tidak hanya saat musim kawin saja, tetapi di hari biasa juga. Sang pendamping hidup akan selalu mengingat sampai jangka waktu lama, bahkan hingga mati.

Spesies tersebut juga tergolong harmonis dan baik dalam mengurus ‘rumah tangganya’. Hal itu dibuktikan dengan kekompakannya ketika mengurus atau membesarkan anak-anaknya. Mereka juga akan selalu melindungi dari berbagai kondisi cuaca hingga serangan musuh.

Itulah kumpulan hewan paling setia pada pasangannya yang ada di dunia ini. Hal tersebut dapat memberikan kita pelajaran supaya bisa mencintai pasangan kita sampai akhir hayat. Dengan begitu, kehidupan juga jadi lebih harmonis.