4 Kota Kuno yang Tenggelam di Dasar Laut

Siapa sih tidak mengenal cerita kota kuno tenggelam bernama Atlantis? Kisahnya begitu populer serta membuat banyak orang berdecak kagum sekaligus kebingungan tentang fakta kebenarannya. Ternyata, selain itu, ada 4 kota kuno lainnya dimana juga tenggelam di dasar laut dengan kisahnya masing-masing.

Daftar Kota Kuno Hilang Ditelan Lautan

Seperti yang kita ketahui, bahwa sebuah kota terdiri dari banyak hal, mulai dari wilayah, pemimpin, sumber daya alam, jumlah penduduknya, hingga bangunan-bangunan di dalamnya. Pada zaman dahulu nih, ada beberapa tempat dengan kriteria tersebut hilang begitu saja tanpa ada yang tahu pasti mengapa bisa terjadi. Berikut daftarnya.

Heracleion di Mesir

Kamu mungkin tidak asing dengan nama satu ini? Yup, kisahnya sering ada pada latar kejadian dongeng anak-anak. Letak kotanya berada di Mesir, tepatnya di Sungai Nil bagian mulut delta. Tahun 2000 silam, terdapat sebuah penelitian dilakukan pada area sekitar Laut Mediterania. Bukti penemuan peradaban tersebut ditemukan.

Nama kota tersebut adalah Thonis-Heracleion. Penemuan tersebut membuat banyak orang terkejut ya pastinya karena selama ini selalu menganggap itu hanya kisah dongeng saja alias fiksi. Alasan menghilangnya sampai sekarang tidak pernah ada yang tahu kenapa. Mungkin para peneliti masih bekerja untuk hal ini, jadi kita tunggu saja hasilnya.

Shicheng di China

Pada kota kuno yang tenggelam selanjutnya berasal dari wilayah Asia, nih. Kamu tidak percaya kalau keadaan tersebut tidak hanya ada di Eropa dan sekitarnya saja lho. Shicheng, China merupakan suatu daerah dimana kini telah hilang keberadaannya sebab ditelan oleh samudera. Dulunya, ini tempat megah dan gemerlap layaknya kota-kota modern sekarang.

Peradaban China menjadi salah satu paling tua di dunia, maka cerita ini dinilai benar karena masih berhubungan. Saat ini, keberadaannya dapat disaksikan dari puing-puingnya dimana masih terlihat bagus. Ciri khasnya tentu adalah Arsitektur Batu gaya Dinasti Ming dan Qing. Eits, tapi katanya ada mitos mistis lho di dalam lautannya.

 Pavlopetri dari Yunani

Kota Kuno di Yunani bernama Pavlopetri berlokasi pada bawah laut pantai lepas Laconia Selatan. Dari hasil penelitian, menyebutkan jika sudah ada sejak 5000 tahun silam. Ukuran daerah kekuasaan ini adalah sekitar 30,000 meter persegi dilihat dari bawah laut. Para peneliti mengungkapkan kalau peradaban di dalamnya adalah dari Mycenaean.

Kalian bisa temukan bukti keberadaannya dengan melihat sisa-sisa peradaban sangat khas, seperti adanya patung. Kehidupan yang berlangsung tampaknya berasal dari zaman Perunggu Yunani dimana lokasinya berada di Barat Daya Athene yakni berjarak sekitar 90 km.

Baiae Italia

Italia juga menyimpan cerita sangat populer dan mengejutkan tentang adanya kota tenggelam tersebut. Lokasinya berada di Napoli bagian barat. Peneliti mengungkapkan jika peradaban yang pernah terjadi adalah kelas para bangsawan zaman itu. Dengan begitu, terdapat bukti-bukti kemewahan serta kemegahannya.

Jika kita lihat arsitektur bangunannya, maka pasti langsung setuju dengan adanya peradaban kelas bangsawan tersebut. Fakta di balik kisah tenggelamnya Baiae adalah penduduknya ternyata pergi meninggalkan kotanya tahun 1500 atau abad ke-8. Jadi, masih berupa misteri juga kenapa kota kaya dan megah justru malah mereka ditinggalkan.

Itulah daftar dari cerita kota kuno tenggelam yang populer di kalangan masyarakat dunia. Kisahnya bak dongeng atau fiksi, namun seketika terbantah sebab ditemukan bukti berupa sisa-sisa peradabannya di bawah lautan.