6 Makhluk Cryptids Pemangsa Manusia di Indonesia

Tahukah kamu terdapat sebuah studi bernama cryptozoology, dimana mempelajari tentang keberadaan makhluk hidup yang digolongkan sebagai mitos? Studi cryptozoology mengkategorikan organisme tersebut sebagai cryptids, karena makhluk tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya. Makhluk cryptids di Indonesia rupanya beragam, bahkan ada pula yang disebut-sebut dapat memangsa manusia, lho!

  • Nabau

Merupakan sosok ular raksasa, Nabau sekilas terlihat seperti Anaconda karena ukuran tubuhnya sangat besar hingga mencapai 80 meter. Menjadi salah satu mitos paling terkenal di masyarakat Kalimantan, hingga saat ini belum dapat diketahui apakah sosok ular raksasa ini nyata adanya atau hanyalah rekayasa semata.

  • Ebu Gogo

Ebu Gogo adalah makhluk mitologi dari Flores yang memiliki perpaduan wujud seperti manusia dan peri. Seluruh tubuhnya tertutup rambut, dengan kondisi perut besar serta telinga menjulur. Cara berjalannya pun terlihat aneh dan canggung, dengan tinggi kira-kira 1 meter.

Ebu Gogo disebut-sebut berbicara dengan cara berbisik namun dapat menirukan suara manusia. Jika kamu pecinta film The Lord of The Rings, kamu dapat membayangkan wujud makhluk ini seperti karakter Hobbit.

  • Orang Gadang

Seperti namanya, Orang Gadang merupakan makhluk mitologi asal Sumatra. Tak jarang masyarakat menyebut sosok ini sebagai Yeti atau Bigfoot-nya Indonesia, karena ukurannya sangat tinggi mencapai 12 meter.

Sejak ratusan tahun lalu, terdapat banyak laporan dari orang-orang yang mengaku melihat wujud ini. Dapat berdebu sendiri berarti nenek, dan Gogo berarti pemakan segala. iri dan berjalan dengan tegak, Orang Gadang pun diduga pernah menyerang penduduk desa Toddang Pulu.

  • Leak

Identik dengan sosok berwujud kepala menyeramkan dengan gigi bertaring, Leak merupakan makhluk jadi-jadian yang terkenal di Bali. Bahkan Leak juga kerap muncul di kisah masyarakat Bali dan kerap digambarkan sebagai penguasa roh jahat.

Rupanya sosok ini ternyata adalah makhluk jelmaan yang mempelajari ilmu hitam dan senang mencari organ tubuh manusia untuk dibuat ramuan. Pada siang hari, Leak berubah menjadi manusia biasa. Sedangkan di malam hari, mereka menjelma sebagai Leak agar dapat menjalankan ritual. Menyeramkan sekali, ya!

  • Ahool

Memiliki perawakan seperti kelelawar raksasa, namun kepala dari makhluk satu ini terlihat seperti monyet. Bahkan bentangan sayapnya disebut-sebut mencapai 4 meter!

Memiliki cakar besar dan berbulu abu-abu, Ahool pertama kali ditemukan oleh Dr. Ernest Bartels pada tahun 1925 di Gunung Salak. Bartels yang kala itu sedang berjalan-jalan dikejutkan dengan kelelawar raksasa bersuara “ahool-ahool”, itulah mengapa makhluk ini dinamai Ahool.

  • Cigau

Berbentuk menyerupai harimau, Cigau digosipkan memiliki bulu berwarna emas tanpa corak garis atau tutul. Meskipun berukuran lebih kecil dari harimau pada umumnya, namun jangan salah karena harimau emas Sumatra ini jauh lebih agresif ketika bertemu manusia.

Makhluk Cryptids Populer di Dunia

  1. Monster Loch Ness

Monster Loch Ness di Skotlandia, dikategorikan sebagai plesiosaurus atau sejenis reptil laut berukuran sangat besar. Dijuluki sebagai Nessie, Monster Loch Ness juga memiliki sirip gemuk dan pendek menyerupai dayung.

  • Cumi-cumi Raksasa

Cumi-cumi raksasa yang pernah ditemukan oleh peneliti Jepang ini disebut-sebut menjadi inspirasi dari “Kraken”. Dengan tinggi mencapai 43 kaki, panjang satu lengan spesies ini kira-kira 18 kaki atau 5 meter!

  • Okapi

Spesies hewan cryptids satu ini dahulu hanya populer di hutan hujan Kongo. Memiliki perpaduan wujud menyerupai zebra dan jerapah, Okapi memiliki kaki bergaris bak zebra dengan wajah seperti jerapah berleher pendek. Okapi memiliki lidah panjang seperti jerapah yang bisa mencapai 12 inci, lidahnya digunakan ketika ia ingin mencuci kelopak mata dan telinganya

Makhluk Cryptids yang Ternyata Nyata

  • Pelican

Siapa sangka pelican dulunya dianggap sebagai hewan mitos! Burung berparuh panjang ini pernah masuk ke dalam daftar satwa mitos kategori Animalia Paradoxa. Para pelaut yang kerap melihat hewan ini mengatakan jika Pelican sering melukai tubuhnya agar anak-anaknya bisa meminum darahnya.

  • Mikroorganisme

Mikroorganisme juga dulunya sempat diragukan keberadaannya, karena berwujud sangat kecil dan tidak dapat dilihat mata keranjang. Meskipun sempat diragukan, namun akhirnya temuan makhluk ini diakui keberadaannya oleh Royal Society of London.

  • Plesiosaurus

Seorang ahli menemukan kerangka lengkap Plesiosaurus pertama di Dorset, Inggris. Pada awalnya, banyak orang tidak mempercayai temuan tersebut dan menganggap bahwa kerangka itu hanyalah kerangka dari gabungan beberapa hewan. Namun pada akhirnya, ilmuwan percaya jika Plesiosaurus merupakan hewan prasejarah nyata.

Itulah daftar makhluk cryptids pemangsa manusia di Indonesia dan di seluruh dunia. Membayangkannya saja sudah menyeramkan ya, bagaimana jika bertemu di kehidupan nyata?