7 Manusia Tertua Paling Panjang Umur Sepanjang Masa

Usia tidak ada yang bisa menebak karena merupakan rahasia dari tuhan. Tapi, ketika seseorang diberi umur panjang bahkan melebihi umur standar manusia pada umumnya. Tentu akan menjadi sebuah kondisi spesial, bahkan tak jarang dijadikan objek penelitian untuk mengungkap rahasia dibalik umur panjang tersebut.

Di dunia, tercatat beberapa orang yang memiliki umur melebihi 100 tahun. Bahkan ada yang kondisinya masih sangat sehat tercatat dalam sejarah. Siapa saja mereka? Ini dia informasinya.

  • Jeanne Calment

Adalah manusia tertua di dunia dengan usia 122 tahun dan 164 hari. Dia berasal dari Perancis, sempat bertemu di beberapa era tokoh ternama dunia.

  • Shigechiyo Izumi

Asalnya dari Jepang dan lahir di Isen, tepatnya di Tokunoshima Island. Usianya mencapai 120 tahun dan 237 hari. Bahkan di tahun 1995 dia menjadi manusia paling tua di dunia yang pernah ada.

Selama hidupnya, Izumi dikenal sebagai pekerja keras kemudian suka minum Soju dan merokok sampai usia 70. Tingginya 1,42 meter dengan berat berkisar 42,6 kilogram. Di akhir usianya, Izumi mengalami masalah Pneumonia setelah dirawat di rumah sakit.

  • Sarah Knauss

Wanita asal Amerika Serikat ini memiliki usia terkonfirmasi yaitu 119 tahun dan 97 hari. Dia termasuk aktif di usia senja karena masih bisa berolahraga golf dan berbelanja untuk kebutuhannya.

Dalam silsilah keluarganya, juga terdapat beberapa yang memiliki usia melebihi standar usia manusia pada umumnya. Seperti sepupunya bernama Minnie Kresge yang hidup sampai usia 105 tahun. Bahkan anaknya Kathryn Sullivan juga bertahan sampai usia 101.

  • Lucy Hannah

Di Amerika Serikat, terdapat seorang wanita dengan usia tertua bernama Lucy Hannah. Dia tercatat memiliki usia 117 tahun dan 117 hari. Semasa hidupnya, ada era-era berat yang sempat dilalui seperti era perbudakan hingga akhirnya merdeka.

Dia mengklaim lahir di Alabama pada tanggal 16 Juli 1874, namun berdasarkan identifikasi tercatat dia lahir pada 1875 berdasarkan catatan sensus. Sepanjang hidupnya Lucy termasuk cukup sehat sebelum akhirnya meninggal pada 1993.

  • Marie-Louise Meilleur

Wanita ini berasal dari Kanada dan tercatat sebagai orang Kanada tertua di dunia. Bahkan di dunia, dia berada di peringkat kelima manusia tertua yang divaludasi setiap waktu. Usianya mencapai 117 tahun dan 230 hari, serta merupakan salah satu wanita yang aktif merokok tembakau sampai tahun 1990an.

Dia memiliki motto hidup yaitu bekerja keras, mengingat waktu indah dimasa muda, menyayangi keluarga, perbanyaklah bercanda dan selalu ingat tuhan serta menikah”. Sayang, Marie tutup usia karena masalah kesehatan yaitu pembekuan darah.

  • Maria Esther Heredia de Capovilla

Wanita asal Ekuador ini semasa hidupnya dikenal sebagai kalangan bangsawan, namun dalam kehidupannya sangat jauh dari kebiasaan bangsawan dan memilih hidup sederhana. Jika dihitung-hitung, usianya mencapai 116 tahun, 347 hari. Dimana dia lahir pada 14 September 1889 dan meninggal pada 27 Agustus 2006.

Dia juga tercatat sebagai orang terakhir yang memiliki usia panjang, dari era 1880an. Pada usia 100 tahun dia sempat diprediksi akan meninggal sudah memberi wasiat, namun setelah bebas dari masalah kesehatan ternyata dia berumur panjang hingga 16 tahun berikutnya.

Menjelang kematiannya, Maria yang tak pernah merokok dan minum alkohol ini berhenti membaca surat kabar serta tidak lagi berbicara. Bahkan untuk berjalan harus dibantu oleh dua orang.

  • Tane Ikai

Merupakan seorang wanita asal Jepang yang tercatat sebagai salah satu wanita tertua di dunia. Dia lahir pada 18 Januari tahun 1879 dan wafat di tanggal 12 Juli 1995. Tepatnya, pada usia 116 tahun 175 hari.

Dalam hidupnya, Tane Ikai sempat masuk panti jompo ketika sudah berusia 89 tahun. Disanalah dia menghabiskan hari tuanya dengan beraktivitas bersama penghuni lainnya.

Dia hobi menjahit dan membuat tembikar. Sempat juga mengalami strike sejak usia 109 hingga akhirnya meninggal akibat gagal ginjal.

Itulah deretan manusia tertua di dunia yang dikonfirmasi oleh berbagai pihak dan berhasil menyentak dunia dengan umur panjang mereka.