6 Misteri Dunia Penerbangan yang Belum Terpecahkan

Pesawat hilang kontak kerap terjadi tak hanya sekali dua kali, beberapa maskapai penerbangan di dunia pernah mengalami kejadian tak menyenangkan ini. Dari beberapa kasus, tak sedikit yang masih menjadi misteri dan belum terpecahkan hingga saat ini. Apa saja misteri dunia penerbangan terpopuler dan paling menggemparkan dunia? Yuk cari tahu dalam ulasan berikut ini!

  • Kecelakaan Pilot Pesawat Amelia Earhart

Nama Amelia Earhart menggemparkan dunia karena dirinya berniat memecahkan rekor dengan memutari dunia menggunakan pesawat. Namun sayang, pada tahun 1937 wanita ini mengalami kecelakaan bersama dengan Lockheed Electra yang ia kendalikan.

Penyebab kecelakaan nahas yang menimpanya masih menjadi teka-teki hingga saat ini. Banyak orang berspekulasi jika Amelia terjun bebas lalu tewas, tak sedikit pula yang beranggapan jika Amelia dieksekusi oleh pemerintahan Jepang.  

  • EgyptAir Flight 990

Peristiwa misterius dan menimbulkan tanda tanya besar di benak masyarakat dunia adalah kecelakaan EgyptAir Flight 990. Bagaimana tidak, pesawat yang bertolak dari Los Angeles ini mengalami kecelakaan di Samudera Atlantik dengan penyebab belum dapat dipastikan.

Meskipun terlihat seperti kecelakaan biasa, namun terdapat hal aneh dari kejadian nahas tersebut. Awak dan penumpang terekam mengatakan “aku mengandalkan Tuhan” sebagai kata terakhir, dan kasus ini pun masih menjadi misteri. Bahkan setelah kejadian tersebut, jalur penerbangan menuju Los Angeles ditutup hingga saat ini.

  • Pan Am Flight 7

Menyediakan trip termewah dan teromantis pada zamannya, Pan Am Flight 7 mengusung ‘romansa di atas langit’ dan sukses menyita perhatian dunia.

Namun sayang dalam penerbangan rute California menuju Hawaii, pesawat mewah ini mengalami kecelakaan serta dilakukan upaya pencarian selama 5 hari. Ketika ditemukan, pesawat mengambang di atas laut dengan serpihan-serpihan di luar dari rute penerbangan. Adanya racun karbon monoksida dari hasil otopsi juga semakin memunculkan beragam spekulasi.

  • Helios Airways Flight 522

Misteri penerbangan yang juga belum terpecahkan berikutnya adalah tragedi Helios Airways Flight 522. Kecelakaan nahas dimana seluruh awak dan penumpangnya tewas ini terjadi pada tahun 2005, tepatnya ketika melewati jalur penerbangan Siprus dan Yunani.

Anehnya, pesawat justru berbelok dari jalur seharusnya. Bahkan ketika pihak dari menara pengawas mencoba menghubungi hingga 19 kali, pesawat nahas ini selalu mengabaikan panggilan. Setelah dilakukan pencarian oleh jet, betapa terkejutnya ketika mereka melihat pilot dan co-pilot sudah terkapar tidak bergerak. Seluruh awak dan penumpang pun dalam kondisi tidak bernyawa.

  • Aer Lingus Flight 712

Pada tahun 1968, Aer Lingus Flight 712 mengalami kecelakaan dan menewaskan 61 penumpangnya. Meskipun hasil investigasi menunjukkan adanya korosi atau serangan burung, namun terdapat saksi mata melihat jika Aer Lingus Flight 712 ditembak oleh proyektil Inggris. Bahkan banyak bukti yang dapat memperkuat pengakuan saksi mata, walaupun pihak Inggris terang-terangan membantah tuduhan tersebut.

  • Pembajakan D.B Cooper

Kasus pembajakan pesawat oleh D.B Cooper bukanlah pembajakan biasa. Banyak hal aneh terjadi ketika pria ini membajak Northwest Airlines Boeing 727, mulai dari penumpang yang dibebaskan hingga ia yang hilang begitu saja.

D.B Cooper melepaskan seluruh penumpang tanpa menyakiti mereka, kemudian meminta pilot untuk membawa dirinya terbang rendah di Meksiko. Setelah tiba di Meksiko, ia terjun menggunakan parasut kemudian hilang tanpa jejak. Bahkan pihak kepolisian setempat melakukan upaya menyebarkan sketsa wajah dari Cooper, namun tidak membuahkan hasil hingga saat ini.

Misteri Segitiga Bermuda, Penyebab Hilangnya Pesawat dan Kapal

Selain misteri dunia penerbangan di atas, masih ada satu misteri penyebab hilangnya pesawat dan kapal yang tak kalah populer yakni Segitiga Bermuda.

Kerap disebut sebagai segitiga setan, sejak tahun 1930 terdapat lebih dari 1.200 kapal serta 325 pesawat jatuh, hilang, atau tenggelam di Segitiga Bermuda yang disebut-sebut berukuran sebesar Alaska. Bahkan tak sedikit orang meyakini jika hilangnya kapal atau pesawat di lokasi ini disebabkan oleh hal mistis hingga monster laut, menyeramkan sekali!

Misteri Penerbangan yang Berhasil Terpecahkan

Salah satu misteri penerbangan yang berhasil terpecahkan adalah hilangnya British Stardust yang menghilang pada tahun 1947 silam. Misteri hilangnya pesawat tersebut berhasil dipecahkan 50 tahun setelahnya, ketika es glasial di pegunungan Andes mencair dan memperlihatkan bangkai pesawat mirip seperti Stardust. Sebelum ditemukan banyak yang berspekulasi kalau pesawat British Stardust diculik alien karna tidak ada jejak keberadaannya.

Titik terang ditemukan pada tahun 2000, bangkai pesawat tersebut bersama tulang belulang 11 awak pesawat. Namun yang sampai sekarang masih misterius belum ada ahli penerbangan yang berhasil memecahkan kode morse yang berbunyi “STENDEC” sebagai pesan terakhir sebelum pesawat itu menghilang.