6 Patung Unik Paling Mengagumkan Dari Seluruh Dunia

Pernahkah kamu melihat patung unik yang membuat takjub? Bukan sekedar patung biasa, namun memiliki nilai filosofi, makna, hingga menjadi sebuah simbol. Di dunia, banyak jenis patung sangat mengagumkan. Bahkan ketika pertama kali melihatnya, seseorang akan dibuat terpana oleh bentuk dan arsitekturnya.

  • London Ink Swimmer

Karya seni yang satu ini berbentuk seorang perenang yang sebagian tubuhnya terbenam di dalam tanah. Pose ini sangat unik namun mampu membuat banyak orang takjub. Bagaimana tidak, detail bentuk tubuh manusia sedang berenang terlihat sangat jelas, apalagi dengan gerakan gaya bebas renangnya.

Patung ini berada di salah satu taman di Jalur Sungai Thames, London, Inggris. Jadi, jika kamu bertandang ke negeri Ratu Elizabeth tersebut, singgahlah sebentar untuk melihatnya di antara City Hall dan Tower Bridge.

Konon katanya, pembuatan patung merupakan sebuah penghormatan pada sebuah acara reality show dengan tajuk “London Ink”. Terlihat sangat besar karena panjangnya saja mencapai 15 meter dan tingginya sekitar 3,3 meter.

  • Spoonbridge and Cherry

Kemudian ada karya seni mengagumkan berbentuk sendok yang sedikit melengkung, dimana pada bagian ujungnya terdapat satu buah cherry merah cerah dan segar.

Letak patung ini ada di taman Kota kawasan Walker ARt Center, Minneapolis Sculpture Garden, Amerika Serikat. Dibangun selama tiga tahun tepatnya dari 1985 sampai 1988 oleh seniman bernama Claes Oldenburg.

  • Monywa Buddha

Ada juga yang berbentuk Buddha yang terdapat di Monywa, Myanmar. Posisi Buddha sedang berbaring tersebut menjadi salah satu ikon wisata religi negara tersebut. Dengan panjang mencapai sekitar 300 kaki dengan rongga di bagian dalam patung.

  • Spider

Buat para pecinta film Spiderman pasti sangat paham karakter laba-laba yang pernah menggigit aktor utama film tersebut. Dengan tinggi hingga 30 kaki, sebuah laba-laba raksasa di Turbine Hall, Tate Modern London, Inggris dibuat sangat identik dengan hewan tersebut.

Bahan pembuatannya dari stainless yang dipadukan dengan marmer, alhasil sebuah mahakarya seniman dari Prancis Louise Bourgeois itupun menjadi ikon Chicago sejak tahun 1999 silam.

Kesan futuristik sangat terlihat saat berada di sekitar patung yang sebelumnya sempat menjadi produk pameran di sejumlah negara di dunia, termasuk Asia.

  • Monster Saw

Lain lagi patung yang berbentuk gergaji besar yang tertancap di tanah ini. Letaknya di pintu utama sebelum kamu masuk ke Tokyo International Exhibition Centre, Jepang.

Tinggi patung ini mencapai 15,4 meter dengan warna gagang gergaji yaitu merah dan warna anak gergajinya yang mirip dengan aslinya yaitu berwarna silver.

Dengan detail yang sempurna, patung buatan Claes Oldenburg dan Coosje Van Bruggeni ini akan menjadi salah satu spot foto menarik kalau berkunjung ke kawasan tersebut.

  • Forever Marilyn Statue

Siapa yang tak kenal sosol Marilyn Monroe, di era 1950an dia menjadi bintang besar yang dikenal dunia, bukan saja karena kecantikan dan kemampuannya bernyanyi dan acting seperti dalam sebuah film berjudul The Seven Year Itch’. Tapi, juga sejumlah kontroversi yang menyeret namanya,

Untuk mengenang sang superstar yang identik dengan rambut blonde tersebut, seniman asal Amerika Serikat Seward Johnson membuat sebuah patung raksasa Marilyn Monroe degan tinggi sekitar 7,9 meter berbaju putih yang identik dengan sosok wanita tersebut.

Posenya juga mengadopsi pose fenomenal sang artis yaitu rok tersingkap sambil dan wajah menyunggingkan senyum. Saat ini, patung tersebut berada di Chicago, Amerika Serikat setelah sebelumnya pernah melanglang buana ke beberapa negara.

Sebenarnya masih banyak patung menakjubkan yang ada di dunia, namun beberapa patung di atas bisa menjadi bukti bahwa karya seni patung bisa membuat mata terkagum-kagum.