8 Situs Arkeologi Paling Misterius di Dunia

Temuan arkeologi selalu mencuri perhatian publik, karena keberadaannya diselimuti dengan misteri. Situs arkeologi misterius tak hanya ada di Indonesia, tapi tersebar luas di seluruh dunia. Penasaran apa saja situs arkeologi yang asal usulnya masih dipertanyakan hingga saat ini? Yuk simak penemuan kuno paling menggemparkan dunia dalam ulasan berikut ini!

  • Masuda No Iwafune

Salah satu temuan paling terkenal di Desa Asuka, Jepang adalah Masuda No Iwafune atau lebih dikenal di Indonesia sebagai batu kapal Matsuda. Memiliki berat ratusan ton dengan tinggi 4,7 meter, batu kapal Matsuda memiliki dua lubang di bagian atasnya dengan ukiran di dalamnya.

Beragam teori pun bermunculan terkait kemunculan batu misterius tersebut, mulai dari dianggap sebagai bekas makam, titik pengamatan astronomi, hingga batu yang dibuat dalam rangka memperingati pembuatan danau Masuda.

  • Puma Punku

Selanjutnya ada situs bersejarah Puma Punku, terletak di kompleks situs Tiwanaku, Bolivia Barat. Uniknya, situs ini terdiri dari potongan batu berbentuk presisi satu sama lain. Bahkan saking presisinya ketika batu tersebut digabungkan tidak terlihat celah sama sekali, lho!

Memiliki panjang rata-rata 6 meter, blok batu tersebut terlihat seperti produksi mesin yang terlalu sempurna apabila dikerjakan oleh tangan manusia. Padahal, bangsa yang diduga membangun blok batu tersebut tidak memiliki pengetahuan apapun terkait bangunan bahkan tidak bisa menulis. Sangat misterius, ya?

  • Georgia Guidestones

Berbentuk mirip seperti Stonehenge, tugu misterius ini terletak di Georgia, Amerika, dan memiliki ukiran dari delapan bahasa modern. Yang membuat situs ini misterius adalah pesan di batu tersebut, karena pesan tersebut ditujukan untuk seluruh umat manusia.

Tidak diketahui dengan pasti siapa pembuatnya, namun sebelum monumen tersebut dibangun ada seorang pria yang mengutarakan keinginannya untuk membangun tugu berisi pesan penting untuk umat manusia. Beragam teori pun bermunculan, namun hingga saat ini belum dapat dipastikan apa sebenarnya tujuan pembuatan situs misterius ini.

  • Goseck Circle

Goseck Circle atau lingkaran Goseck merupakan landmark misterius di Jerman, terdiri dari bangunan dengan formasi berbentuk lingkaran. Namun bukan seperti bangunan pada umumnya yang memiliki konstruksi tebal dan kokoh, situs satu ini terdiri dari batang kayu yang berdiri sangat rapi.

Berdiameter 75 meter, Goseck Circle terdiri dari parit dengan pintu gerbang sejajar dengan arah terbit dan tenggelamnya matahari. Beberapa pendapat mengatakan jika lingkaran misterius ini digunakan untuk menggelar ritual dimana melibatkan manusia maupun hewan, mengerikan sekali!

  • Gobekli Tepe

Salah satu situs misterius yang penemuannya cukup menggemparkan dunia adalah Gobekli Tepe di Turki Tenggara. Bahkan disebut-sebut, situs ini berusia 6 ribu tahun lebih tua dari Stonehenge!

Ketika pertama kali ditemukan, peneliti beranggapan jika runtuhan ini merupakan kompleks pemakaman kuno. Namun setelah penggalian lebih lanjut, para peneliti berpendapat bahwa penemuan ini adalah kuil kuno.

Pipa Baigong di China

Para ilmuwan menemukan banyak pipa besi beragam ukuran dalam tiga gua yang berada dekat dengan piramida aneh di dekat Gunung Baigong, di Provinsi Qinghai China. Jika dilihat sekilas, tak ada yang aneh dengan pipa tersebut. Namun berdasarkan analisa ilmiah, benda itu telah berusia 150 ribu tahun.

Dikenal dengan nama pipa Baigong, objek misterius itu telah membuat peneliti kebingungan sejak pertama kali ditemukan. Mereka memperkirakan bahwa daerah tersebut terakhir kali dihuni oleh manusia pada 30 ribu tahun lalu.

Tak hanya itu, 8 persen material penyusun pipa tak dapat diidentifikasi. Pada 2007, peneliti China, Zheng Jiandong, mengklaim bahwa pipa besi itu mengandung banyak radioaktif. Hingga saat ini kepastian tentang objek tersebut masih menjadi misteri.

Pilar Melayang Lepakshi di India

Kuil Veerabhadra merupakan salah satu kuil yang terkenal di Lepakshi di distrik Anantapur, India. Tempat peribadatan itu terkenal karena keunikannya yang membuat banyak orang kagum.

Di antara 70 pilar batu, terdapat satu yang seolah menggantung dari langit-langit. Dasar pilar ini hampir menyentuh tanah, namun terdapat celah tipis yang membuatnya melayang.

Dengan menggunakan pengetahuan dan peralatan modern, ilmuwan belum menemukan rahasia di balik pilar yang melawan gravitasi tersebut.

Temuan Arkeologi Misterius di Indonesia yang Menggemparkan Dunia

  1. Manusia Kerdil

Penemuan manusia kerdil (Homo floresiensis) di Flores menjadi pusat perhatian dunia. Diperkirakan hidup antara tahun 190.000 hingga 50.000 tahun lalu, si Hobbit dari Flores ini memiliki tinggi sekitar 1,1 meter dengan perawakan kecil.

  • Artefak Perhiasan Nenek Moyang

Ditemukan di sebuah goa di Sulawesi, artefak berupa kalung dari manik-manik tulang belulang hewan ini diperkirakan berumur 22.000 hingga 30.000 tahun.

  • Ourang Medan

Kapal yang karam di Selat Malaka ini diselimuti oleh misteri dan belum terpecahkan hingga sekarang. Ketika ditemukan, seluruh awak, penumpang, serta hewan dalam kondisi tak bernyawa dengan ekspresi wajah ketakutan. 

Apa Saja Sih, yang Termasuk Dalam Situs Bersejarah?

Situs bersejarah merupakan lokasi resmi yang menjadi bagian dari sejarah, budaya, militer, atau sosial yang dilestarikan karena nilai dari warisan budaya tersebut. Situs bersejarah bisa berupa lanskap, bangunan, atau struktur apapun yang memiliki makna. Tak lupa jika peninggalan bersejarah juga dilindungi oleh hukum, bahkan banyak memiliki status resmi situs bersejarah.

Itulah 7 situs arkeologi misterius di dunia. Baik di Indonesia maupun di belahan dunia manapun, peninggalan purbakala tentu harus diselamatkan dan dirawat dengan baik. Tujuannya selain menghindari kerusakan, juga menghindari pencurian oleh masyarakat. Dari penemuan-penemuan di atas, mana yang paling ingin kamu kunjungi?