7 Spesies Laba-Laba Paling Unik dan Mengagumkan

Sebagai salah satu spesies serangga, laba-laba memiliki banyak jenis yang tidak diketahui secara umum. Jenis laba-laba unik tersebut beberapa hidup di Indonesia dan sebagian besar lainnya tersebar di banyak negara. Bentuk hingga warnanya pun bervariasi dan terlihat mengagumkan. Berikut ini daftarnya:

1. Laba-Laba Pelikan

Jenis pertama adalah pelikan, serangga yang bisa dijumpai di dataran Afrika Selatan, Australia hingga Madagaskar. Hewan satu ini dianggap sebagai spesies atau bukti dari kemajuan evolusi dari Arthropoda.

Penamaan tersebut lantaran bentuknya menyerupai burung pelikan bahkan bisa memperpanjang bagian dari leher rahangnya. Kepala bagian atas juga berbentuk susut layaknya seekor pelikan.

2. Laba-Laba Pasir

Sicarius Hahni atau laba-laba pasir adalah satu dari spesies eksotis. Seperti namanya, hewan ini hidup di gurun pasir selatan Benua Afrika. Nama latinnya adalah pemberian naturalis asal Jerman Carl Wilhelm Hahn. Ukuran Sicarius Hahni lebih besar dari spesies sejenis berwarna cokelat seperti butiran pasir.

Metode berburunya bahkan sangat unik dimana Ia akan mengubur diri sendiri sembari menunggu mangsa untuk lewat dan menerkamnya. Pergerakannya cepat dan cukup mengerikan sehingga orang-orang kadang menyebutnya monster padang pasir. Laba-laba pasir memiliki racun nekrotik dan cukup untuk melukai manusia.

Bukan hanya beracun, gigitannya sangat kuat untuk membunuh seekor kelinci dengan sekali terkaman. Belum ada konfirmasi kematian manusia akibat serangan hewan ini, namun fatalnya seseorang bisa kehilangan anggota tubuh mereka akibat serangan.

3. Laba-Laba Ogre

Rupa Genus Deinopis atau lebih sering disebut sebagai laba-laba ogre terbilang menakutkan, hal ini pula yang membuatnya dinamai ogre. Kemampuan berburunya terbilang luar biasa, dengan dua mata besar seperti sepasang teropong ditambah enam mata kecil. Kemampuan penglihatannya cukup sensitif dan bisa melihat saat malam hari dengan sangat jelas.

Pandangannya jernih dan bisa menangkan posisi sekaligus pergerakan musuh dengan mudah. Sebagai hewan tropis ini menangkap mangsa layaknya nelayan, menebar jaring lalu membiarkan sasaran masuk ke dalam perangkap. Bukan hanya mangsa darat, melainkan serangga kecil yang terban di sekitarnya.

4. Laba-Laba Kebun Hitam dan Kuning

Sangat mudah untuk mengenali jenis satu ini dari warna dan coraknya. Jika hewan sejenis memiliki warna gelap, spesies ini berwarna kuning dengan kombinasi hitam. Tampilannya mirip seperti kalajengking hingga pelikan. Saat melihat pertama kali mungkin akan mengingatkan Anda dengan lebah penyengat karena coraknya cukup mirip.

Serupa dengan spesies lainnya, laba-laba ini terlebih dahulu membangun sarang berukuran besar agar menjebak mangsa yang sedang lewat. Jenis kebun hitam dan kuning biasa ditemukan di daratan Amerika Utara dan tidak masuk dalam jenis berbahaya bagi manusia. Makanan sehari-harinya adalah lebah, tawon atau serangga-serangga kecil lainnya.

5. Laba-Laba Sowbug

Sowbug merupakan sejenis kutu kayu dan kerap mengganggu manusia dan memiliki pelindung tubuh cukup keras. Tempat tinggalnya berada di kawasan Eropa, Inggris, Amerika Utara hingga Australia. Secara fisik mudah mengenalinya dengan spesies lain, dengan kaki warna warni, rongga dada kemerahan, perut berwarna cokelat serta cenderung berkilau. Ukurannya tak terlalu besar, namun masuk kategori predator yang cukup menakutkan.

6. Bagheera Kiplingi

Selama ini kita lebih mengenal laba-laba sebagai karnivora yang gemar memakan serangga-serangga kecil dan menjeratnya dengan jaring. Namun Bagheera Kiplingi justru berbeda karena hanya memakan tumbuhan saja. Jenis ini ditemukan pertama kali di kawasan Meksiko serta Costa Rika dan kerap memakan protein dari Beltian atau ekstensi di ujung daun tempatnya biasa hinggap.

Hanya mengandalkan esktensi, hewan satu ini bisa hidup dengan baik tanpa memakan serangga lain sama sekali bahkan tidak mengeluarkan jaringnya untuk itu. Bagheera Kiplingi adalah laba-laba yang unik meski dominan berada di negara empat musim.

7. Laba-Laba Peludah

Ini adalah jenis yang cuku umum, hidup di hutan dan mengejar mangsanya dengan cara mengejar. Ia lebih banyak menggunakan kaki dibanding jaring untuk mendapatkan makanan. Hal tersebut terbukti dari kaki panjang yang dimilikinya. Rupanya serupa dengan jenis laba-laba rumahan, diberi nama peludah karena semakin besar makanan maka semakin banyak juga ludahnya.

Itulah berbagai jenis laba-laba unik yang beberapa mungkin belum Anda kenali. Sebagian besar spesies tersebut sebenarnya tidak berbahaya, pun jika beracun umumnya hidup di alam liar dan jauh dari jangkauan manusia.