Lumba-lumba Lovina Bali di Tahun 2022

Bagaimana kondisi terkini wisata lumba-lumba Lovina Bali di tahun 2022? Sejak pandemi covid melanda Pulau Dewata Bali menjadi sepi wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Otomatis hal ini juga berdampak kepada para nelayan lumba lumba Pantai Lovina.

Berikut pengalaman saya menonton lumba lumba lovina pada bulan April 2022 kemarin yang sempat singgah ke Pantai Lovina, Buleleng – Singaraja, Bali. Akibat pandemi harga tiket lumba-lumba lovina pun menjadi sangat murah, saya bersama tim hanya dikenakan biaya 100 ribu rupiah per orang untuk menaiki perahu yang dipakai mengunjungi lumba-lumba liar. Harga tersebut sudah termasuk wisata snokerling untuk kami menyelam melihat ikan-ikan di kedalama laut beserta terumbu karang.

Kami kebetulan menginap di Hotel Sanur, jadi berangkat dari Sanur sekitar jam 3 dan sampai disana jam 5.30, menunggu setengah jam untuk menonton ratusan lumba-lumba liar di Pantai Lovina.

Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba Lovina

Ini adalah jam terbaik untuk mengejar lumba lumba di Lovina. Rentang waktu dari jam 6 sd jam 8 kita harus sudah berada di tengah laut, jika berangkat dari jam 7 kita bisa ketinggalan dan kehilangan kesempatan untuk melihat lumba-lumba liar di pantai Lovina.

Hati ini rasanya bergidik merinding dapat melihat langsung kehidupan lumba-lumba liar di habitatnya Pantai Lovina yang berjumlah ratusan ikan lumba-lumba itu. Ini sungguh luar biasa, karya terbaik dari ciptaan Tuhan dan rasanya Pantai Lovina ini sebagai surganya Lumba-lumba.

Lumba-lumba Pantai Lovina Dilindungi dan Dilestarikan masyarakat Buleleng Singaraja

Sempat kami bertanya kepada bli komang si nelayan apakah lumba-lumba ini pernah diburu untuk dijadikan makanan oleh warga setempat, ternyata sama sekali warga tidak pernah memburu mereka, karena mereka juga tahu kalau lumba-lumba termasuk hewan dilindungi dan ini juga bisa merusak pariwisata serta mata pencaharian mereka kalau sampai lumba-lumba trauma dan tidak lagi balik ke Pantai Lovina.

Gerombolan Lumba-lumba Lovina berwarna abu-abu itu mengelilingi perahu kecil kami, mereka sangat jinak dan seolah mengucapkan say hello kepada kami, tapi sayangnya kami tidak membawa makanan untuk berbagi dengan mereka, entah kami juga tidak tahu apakah membagi makanan untuk lumba-lumba lovina diperbolehkan?

2 jam lebih kami menyusuri laut Lovina dan menyapa beberapa kelompok ikan lumba lumba. Ya mereka hidup berkelompok, dalam satu kelompok terdiri 15 sampai 20 ekor lumba lumba. Satu kelompok lumba-lumba saling susul melewati perahu kami.

Rasanya kalau tubuh kami tak letih masih ingin menikmati lebih lama wisata ikan lumba lumba di pantai lovina ini, akhirnya kami pun makan dan beristirahat di sebuah hotel yang persis letaknya berada di samping bibir pantai. Ah tahu gini kami tidak perlu berangkat subuh-subuh dari hotel sanur 😀

Tak terasa matahari pun mulai menampakkan diri, sebelumnya kami sangat menikmati sunrise di Pantai Lovina sambil memperhatikan kehidupan lumba-lumba di habitat aslinya. Oh iya untuk sekedar info tambahan, sebenarnya waktu wisata untuk melihat lumba lumba Lovina tidak terpatok 2 jam, kita boleh saja lebih kalau masih betah, tapi jangan lupa untuk memberi uang lebih untuk pak nelayan.

Dan sebisa mungkin kita juga membeli barang para pedagang kecil yang menghampiri kita di Pantai Lovina. Sudah jarang wisatawan ditambah lagi tidak ada yang beli, kasihan sekali mereka. Setidaknya kita dapat membantu sedikit. Dan kalau ingin membeli makanan murah juga banyak di sekitar Pantai Lovina seperti nasi jinggo, tempe orek, roti, indomie yang harganya tak lebih dari 10 ribu rupiah.

Video Ikan Lumba lumba Liar Pantai Lovina

Untuk makanan enak seperti ikan bakar, gurita, cumi pun di hotel sekitar Lovina rata-rata hanya mematok harga 35 ribu sampai 50 ribu rupiah. Yuk kalau kamu nanti ada liburan ke Bali, sempatkan untuk datang berwisata ke Bali utara yakni Buleleng, Kota Singaraja.

Pemandangan disini masih asri seolah belum terjamah manusia, pasirnya pun hitam. Dan yang paling menakjubkan adalah kehidupan para lumba lumba liar di pantai lovina, yuk beasti ditunggu kedatangannya untuk menyaksikan langsung Dolphin tour in lovina beach alias wisata lumba-lumba Lovina 😀